Laga Friendly Match PJU Polda Sulsel vs PWI Sulsel Dramatis dan Berakhir Imbang 3-3

 Zulham Effendi, Striker Haus Gol Polda Sulsel Catat Rekor Hattrick 



Dari kiri: Waket Bid Hubungan Antar Lembaga PWI Sulsel, Arsyad Hakim, Sekretaris PWI Faisal Palapa, Ketua PWI Susel
Agus Salim Alwi Hamu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni, Direktur Raksul Daswar M Rewo dan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL)


Skuad Pallawa 88 United (Foto: Bidhumas Polda Sulsel)

NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Pertandingan Sepak Bola antara Tim Pejabat Utama (PJU) Polda Sulawesi Selatan melawan Tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel menyajikan permainan yang menarik ditonton. Tim tamu PWI Sulsel mampu 'memaksa' tim tuan rumah Pallawa 88 United, julukan Tim PJU Polda Sulsel meraih hasil seri 3-3.

Seperti diketahui, friendly match antara 2 institusi ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 Polda Sulsel tahun 2023. Laga berlangsung di Stadion Pallawa Mapolda Sulsel, Kamis sore, (8/6-2023).

Laga dinilai seru dan dramatis lantaran kedua tim masing-masing menurunkan pemain bintang alias pemain utamanya. Sebut saja Pallawa 88 United menurunkan starting eleven tidak tanggung-tanggung. Diantaranya, terlihat ada Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni, Wakapoda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi dan ada bek tangguh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana.

Tak hanya itu, di lapangan tengah ada Dirresnarkoba, Kombes Pol Dodi Rahmawan, ada Dirreskrimsus Kombers Pol, Helmi Kwwarta Kusuma, ada striker handal Kabid Propam, Kombes Pol Zulham Effendi dan PJU Polda Sulsel lainnya yang juga piawai memainkan bola.

Sementara dari kubu PWI juga tak mau kalah dan mengusung pemain pilarnya. Dari PWI menurunkan Ketua PWI Sulsel Agus Salim Alwi Hamu yang juga Dirut Harian FAJAR, ada Sekretaris PWI Faisal Palapa yang juga Dirut Rakyat Sulsel (Raksul), ada Arsyad Hakim Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga PWI yang juga Direktur di PT Media FAJAR, ada Abd Manaf Rachman, Waket Bid Organisasi PWI, ada Daswar M Rewo, Direktur Raksul dan orang penting PWI lainnya.



Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moepoeni dan Wakapolda Sulsel, Brigjen Chuzaini Patoppoi dalam gesture semangat (kiri) dan Kabid Propam Polda Zulham Effendi, bintang lapangan dan pencetak hattrick Pallawa 88 United (kanan). (Foto-foto Bidhumas Polda Sulsel/Disign NuansaBaru.ID).



Kapolda Sulsel, Setyo Boedi Moemponi secara simbolis serahkan bantuan paket sembako ke Ketua PWi Sulsel Agus Salim Alwi Bamu dan pengutusnya ( Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL).


Baca juga:

Tinjauan Selintas Jalannya Laga

Begitu kick off babak pertama, Pallawa 88 United mencoba membangun serangan untuk menembus pertahanan PWI. Tim awak media terlihat di babak pertama sedikit tertekan dan lengah. Tak lama berselang, Kapolda Sulsel dan PJU-nya itu strategi serangannya berhasil. Adalah penyerangnya Zulham Effendi yang juga Kabid Propam Polda Sulsel mampu menciptakan gol pembuka. Skor 1-0 untuk keunggulan Pallawa 88 United.

Meski PWI sesekali melakukan serangan balik, namun belum dapat menembus pertahanan Pallawa yang dikawal Komang Suartana dan tandemnya. Sang Ketua PWI dan kawan-kawan rupanya belum bisa keluar dari tekanan. Bahkan menjelang akhir babak pertama striker Pallawa lagi-lagi Zukham Effendi kembali menunjukkan ketajamannya mampu merobek gawang PWI kedua kalinya.

Skor 2-0 untuk keunggulan tim tuan rumah Pallawa. Sorak-sorai para suporter Pallawa pun bergema mewarnai stadion yang relatif baru itu, utamanya yang memadat tribun. Skor 2-0 akhirnya bertahan hingga turun minum.

Sekedar informasi, Pallawa yang main di home base-nya memang didukung oleh lebih banyak suporter, pria maupun wanita. Tim PWI juga didukung sejumlah awak media yang hadir, namun kalah suara dan semangat dari suporter Pallawa.

Bagaimana di babak kedua? Ternyata masing-masing tim melakukan rotasi dan menurunkan amunisi baru. Tim asuhan Agus Salim - putra legenda pers Sulsel Alwi Hamu tersebut - mulai bangkit. Skuadnya mulai menemukan ritme permainan yang solid.

Pada satu momen caunter attack, mereka mampu mengecoh pertahanan dan membobol gawang Pallawa untuk memperkecil ketinggalannya. Skor berubah menjadi 1-2 untuk PWI. Skuad besutan Setyo Boedi Mompoeni rupanya mulai menurun staminanya.

Hanya beberapa saat kemudian, PWI kembali menjebol gawang Pallawa hingga skor jadi imbang 2-2. Bahkan secara dramatis PWI sukses membalikkan keunggulan setelah pemainnya mencetak gol ketiga. Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan PWI.



Skuad PWI Sulsel (Foto: Dok. Raksul)

 Starting Eleven Pallawa 88 United dan PWI Sulsel (Foto-foto Dok. Bidhumas Polda Sulsel dan Raksul) 


Ini suporter fanatis Pallawa 88 Untited di Tribun Utara Stadion (Foto: NuansaBaru,ID/ABDUL)
 
Zuham Effendi Patut Raih Man of The Match

Lebih dramatis lagi, PWI yang merasa sudah di atas angin memenangkan pertandingan dan meraih poin penuh - karena sisa waktu kian menipis - ternyata hasil akhir sebuah laga sepak bola itu misteri sebelum waktu berakhir.

Pallawa 88 United tak patah semangat dan mampu membuat kejutan pula. Pada menit-menit akhir laga striker Pallawa, Zulham kembali menunjukkan kelasnya dan bisa mengemas gol ketiga kalinya alias hattrick. Skor berubah menjadi imbang 3-3. Kedua tim akhirnya berbagi poin satu-satu. Skor 3-3 pun bertahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Informasi dari panitia alias seorang Staf Bidhumas Polda Sulsel mengungkapkan, Pak Zulham memang berlatarbelakang pesepakbola handal dan merupakan pemain Tim Bhayangkara Muda ketika masih bertugas di Jawa sana.

Olehnya itu, meski tak ada informasi dari inspektur pertandingan - PJU Polda yang bernama lengkap Kombes Pol Zulham Effendi, S.H., M.H., Kabid Propam Polda Sulsel - media ini 'berani' memililihnya sebagai pemain terbaik alias sebagai man of the match versi NuansaBaru.ID dalam laga exhibisi ini. Amazing! !

Nah, akhir dari laga persahabatan ini Ketua PWI Agus Salim Alwi Hamu dan pengurusnya dijamu dengan menu spesial yang telah disiapkan Panitia Pertandingan dari jajaran Bidhumas Polda Sulsel. Jelasnya, bakso enak dan burasa (buras).

Bukan hanya itu, orang nomor satunya kepolisian di Sulsel, Irjen Pol Boedi Moempoeni Harso secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako yang diterima langsung oleh Ketua PWI dan pengurusnya. Rival dalam pertandingan sepak bola akhirnya berkesudahan dengan suasana akrab dan damai. (*).

Penulis/Editor:
ABDUL, Redpel NuansaBaru.ID


Topik Terkait

Baca Juga :