Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina, Indonesia Diuntungkan

Laga Disaksikan Presiden RI Joko Widodo 

dan Ibu Negara Iriana Jokowi 



Desain Timnas Indonesia dan Timnas Argentina. (Foto/Disign: PSSI). 


NuansaBaru.ID, JAKARTA - Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina merupakan laga spektakuler nagi Indonesia. Sementara bagi Argentina banyak analis menilai hanya ssbagai laga eksperimen pemain muda (pelapis) bagi pelatih Lionel Scaloni.

Pertandingan ujicoba internasional itu dijdwalkan berkangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin, (19/6-2023), kick off pukul 19.30 WIB atau 20.30 WITA dam 21.30 WIT. Disiarkannlangsung RCTI dan livestreaming video.

Dinilai spektakuler karena berdasarkan Situs Fooball Ranking yang dirilis 6 April 2023, Timnas Indonesia berada di peringkat 149 dengan raihan 1.046,14 poin. Sedangkan Argentina sementara di posisi teratas, peringkat 1 dunia dengan perolehan 1.843,28 poin.

Bahkan, sehari sebelum laga, Minggu, 18 Juni 2023, Timnas Indonesia disalip oleh Timnas Bostwana yang menang 1-0 atas Lybia dalam Kualifikasi Piala Afrika 2023. Praktis, Indonesia tergeser dan turun ke posisi ranking 150.

Reputasi lain bagai lawan Indonesia ini, Argentina diketahui sebagai Juara Piala Dunia Qatar 2022 dan Juara Piala Amerika Latin (Copa Amerika) 2021. Selain itu, timnas dengan julukan klasik Tim Tango ini dihuni pemain terbaik dunia Lionel Messi dan pemain-pemain kelas dunia lainnya.

Meski Messi dan sejumlah pemain pilar seperti Angel Di Maria, Laotaro Martinez, Nicolas Otomendi, Paulo Dybala dan yang lainnya tak hadir, Argentina tetap menjadi tim yang levelnya jauh di atas Indonesia. Akibatnya ads pihak yang mencibir dan mem-buly Timnas Indonesia, tapi tak akan dibahas dalam artikel ini.

Kharisma Sang Ketum PSSI Erick Thohir mampu menghadirkan Argentina di Indonesia berkat koleganya di tingkat dunia sebagai mantan Manager dan Pemilik saham terbesar klub elit Italia Intermilan. "Menghadirkan Argentina untuk ujicoba dengan Timnas Indonesia itu bukan kacang-kacangan, " ujar Erick Thohir ketika laga ini resmi dijadwalkan FIFA.

Pememerintah dan masyarakat Indonesia amat serius menunggu international friendly match ini. Presiden R.I Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menyaksikan langsung pertandingan ini.

"Sore hari nanti, insya Allah Bapak Presiden akan menonton pertandingan sepak bola di mana Timnas Indonesia melawan Argentina," kata Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya, Senin (19/6-2023).

Laga di SUGBK Diamankan 5.596
Personel TNI-Polri dan Gabungan


Oleh karena itu, SUGBK yang berkapasitas 70-an ribu orang itu dipastikan bakal dipadati penonton. Mengantisipasi pengamanan, Tim Gabungan TNI-Polri dan unsur lainnya turun gunung untuk mengamankan even internasional tersebut.

"Total keterlibatan personel yang akan melakukan pengamanan adalah sebanyak 5.596 personel untuk pengamanan laga Timnas Indonesia melawan Argentina,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Sabtu (17/6-2023). Ribuan personel tersebut, imbuhnya, merupakan gabungan antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan stewart.

Kembali kepada tinjauan laga sensasi ini, lantaran ranking 149 (150) lawan ranking 1, sesuai regulasi FIFA maka perolehan poin hasil laga nantinya Timnas Indonesia diuntungkan,

Jelasnya, Indonesia sebagai ranking 149 kalau menang meraih 9,55 poin, dan walau hanya seri memperoleh poin relatif besar yakni 4,55 poin. Bahkan kalau kalah, poinnya yang berkurang sangat kecil atau hanya 0,45 poin.

Sebaliknya, bagi Argentina kalau pun menang hanya meraih 0,45 poin, kalau seri justru akumulasi poinnya dikurangi 4,55 poin dan kalau kalah, maka poinnya dikurangi 9,55 poin.

Dengan demikian, tim asuhan pelatih Lionel Scaloni ini dipastikan berusaha menang dan isyarat bagi Timnas Indonesia bahwa Argentina tidak akan main-main. Apalagi kalau Argentina seri atau kalah, posisi rankingnya bakal turun dan disalip oleh Prancis dan atau Brazil.

Seperti diketahui peringkat 3 besar dunia per April 2023, Timnas Argentina di posisi ranking 1 yang mengumpulkan 1.843,28 poin. Di posisi ke-2 Prancis yang mengakumulasi 1.839,01 poin dan tempat ke-3 ditempati Brazil dengan perolehan 1.835,35 poin. Relatif beda tipis.

Hitung-hitungannya, kalau Argentina seri awan Indonesia, maka poinnya berkurang 4,55 poin, maka poinnya turun menjadi 1.838,73, kalah tipis dari Prancis yang poinnya 1.839,01 poin, yang berarti Prancis naik ke posisi 1 dan Argentina turun ke posisi ke-2.

Lebih parah lagi kalau Argentina kalah poinnya berkurang drastis sebanyak 9,55 poin atau turun menjadi 1.833,73 poin. Akibatnya, Argentina jeblok ke ranking 3. Artinya, kalau Argentina kalah melawan Indonesia, maka ranking 3 besar FIFA berotasi. Jelasnya, Peringkat 1 Prancis (1.839,01 poin), peringkat 2 Brazil (1.835,35 poin) dan peringkat 3 Argentina (1.833,73 poin).

Indonesia Bisa Anjlokkan
Peringkat FIFA Argentina


Nah, mampuhkah Tim Garuda racikan pelatih Shin Tae-yong (STy) membuat Argentina turun ke posisi ke-2 (seri) atau malah Argentina anjlok ke posisi ke-3 (Indonesia menang), kepastian jawabannya setelah laga tuntas hari ini.

Yang jelas pasar taruhan lebih banyak mengunggulkan Argentina sebagai juara dunia saat ini. Namun, dalam sepak bol kemungkinan seri atau menang bagi Tim Garuda senior ini tetap ada, meski sulit.

Sebagai illustrasi, media ini mengutip 4 prediksi. Dua prediksi yang di hubungi langsung, Muhlis pengusaha Ayam Crispy dan Ayam Lalapan di Makassar memprediksi Indonesia bangkit dan hasilnya seri atau menang tipis.

Maksud Muhlis, hasilnya, bisa 1-1 atau 2-2 dan bisa 2-1 atau 3-2 untuk Indonesia. Sementara Asbar, Staf Bidhumas Polda Sulsel memprediksi Argentina menang dengan skor 4-1.

Dikutip 3 (tiga) prediksi dari CNN Indonesia. Prediksinya, Haryanto Tri Wibowo (Argentina menang 4-0), Nova Afrianto (Argentina menang 5-1) dan M. Rizki (Argentina menang 2-0), (*)

Penulis: MUH. RENALDI
Editor: ABDUL



Topik Terkait

Baca Juga :