Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tumbangkan Madura United 3-1 di Kandangnya, PSM Pesta Juara di Madura

Sabtu, 01 April 2023 | 08:09 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-03T19:49:46Z

Dua Laga Sisa lagi, Akhirnya 

Juku Eja Kunci Gelar Juara Liga 1 


Wiljan Pluim dan kawan-kawan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Madura United. (Foto : Bola.com/Wahyu Pratama)


NUANSABARU. ID, MADURA - Setelah menunggu 23 tahun lamanya, akhirnya PSM Makassar meraih Juara Liga 1 musim 2022-2023. Keberhasilan Laskar Ayam Jantan dari Timur mengangkat trofi dari kasta tertinggi sepak bola Indonesia setelah membungkam tuan rumah Madura United dengan skor 3-1

Kemenangan PSM diciptakan melalui gol cepat Kapten PSM Wiljan Pluim menit ke-4 dan menit ke-10. Seterusnya, gol ketiga PSM dibukukan Kenzo Nambu menit ke-48. Sedangkan gol balasan Madura United dicetak Hugo Gomes dos Santos Silva menit ke-51. 

Seperti diketahui laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022/2023 mempertemukan Madura United versus PSM Makassar. Laga berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jum'at, (31/3-2923), pukul 20.30 WIB.


Pertemuan 2 tim papan atas ini merupakan laga krusial dan menentukan. Krusialnya, Laskar Sapeh Kerrab ini punya catatan apik ketika menjamu PSM. Madura United merupakan salah satu dari 2 tim yang telah mengalahkan PSM musim ini. Tim lain yang juga telah mengalahkan PSM yakni Persija Jakarta.

Dengan jadwal yang bersamaan, di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, berlangsung duel yang disebut sebagai laga el clasico, Persija Jakarta vs Persib Bandung. Persija berhasil meredam dan menaklukkan Pesib dengan skor 2-0.

Dari kemenangan itu, ikut meneguhkan dan menguatkan bahwa malam itu PSM dipastikan menyegel titel juara sebelum kompetisi berakhir.

Sejenak kalau bisa berandai-andai begini. Seandainya Persib imbang atau menang sekalipun atas Persija, karena PSM menang, koleksi poin 72 PSM tak bisa terkejar lagi oleh Persib meski menang terus di laga sisa.

Lantaran Persib Bandung kalah dari Persija, dapat juga dikatakan seandainya PSM pun kalah dari Madura United, PSM tetap mengunci gelar juara malam itu karena poinnya sudah 69, sedangkan poin maksimal Persib yang bisa diraih hanya 68 setelah kalah dari Persija.

Oleh karena itu, wajarlah setelah laga Madura United vs PSM berakhir, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan diwarnai pesta gelar juara oleh Tim Juku Eja. Terlihat pelatih Bernardo Tavares saling berpelukan satu sama lain dengan pemain dan para official PSM sembari meneriakkan yel-yel juara dan berteriak Ewako PSM.

Tinjauan Jalannya Laga 

Begitu kick off babak pertama, PSM langsung menekan gawang Madura United. Adalah Yance Sayuri yang berada di sisi kiri area pertahanan Madura United menerima sodoran bola dari Everto Nascimento. Yance menggiring bola melewati bek hingga ke pinggir.

Dengan kaki kirinya Yance Sayuri berhasil memberikan umpan tarik ke depan gawang. Wiljan Pluim yang bergerak tanpa bola ke depan, dengan sekali sontekan dapat menaklukkan penjaga gawang Madura United, Rendy Oscario menit ke-4. Skor 1-0 untuk PSM.

Belum selesai, hanya beselang sesaat kemudian, ketika Everton beraksi individu menggiring bola di rusuk kanan pertahanan Madura, dapat ditahan dan ditepis oleh bek kiri Madura sehingga PSM mendapatkan tendangan pojok di sudut kiri pertahanan Laskar Sapeh Perrah.

Tendangan pojok dieksekusi lagi oleh Yance Sayuri yang sering secara otomatis bertukar posisi dengan kembarnya Yakob Sayuri. Tendangan pojok Yance Sayuri cukup tepat mengarah ke Pluim.

Wiljan Pluim, jenderal lapangan PSM yang tidak terkawal dengan baik, dari sudut sempit menanduk bola dan membobol gawang Madura United menit ke-10. Praktis, hanya 10 menit pertandingam berjalan, PSM unggul 2-0.

Skuad asuhan pelatih Rakhmat Basuki pun kaget dan berusaha bangkit menyusun serangan. Sejumlah peluang pun berhasil diciptakan. Diantaranya, menit peluamg dari Yunior menit ke 12, Hugo Gomes menit ke-15 yang memberikan tendangan on target tapi masih lemah dan bisa diamankan penjaga gawang PSM, Reza Arya Pratama.

Termasuk, tandukan Beto Gonsalves yang juga dapat di-save kiper PSM Reza Arya. Lalu, PSM mengambil alih lagi serangan dan Eveton juga berhasil memberikan sontekan on target menit ke-20, tapi juga masih lemah dan tak maksimal. Akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor 2-0.



Euforia dan pesta juara Skuad PSM Makassar usai laga Madura United vs PSM di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan (Foto: Tangkapan Layar Video) 

Baca juga:

Pemandangan Kontras Warnai Walikota Parepare 
dan Walikota Makassar Pasca PSM Juara Liga 1

Kiper Madura United Blunder

Memasuki babak kedua, Beto Gonsalves dan kawan-kawan terus membangun serangan, bahkan terlihat lebih banyak menguasai bola ketimbang PSM. Ironisnya, sementara terfokus menyerang, lapangan tengah melonggar.

Kenzo Nambu dari PSM yang menerima bola melakukan aksi individu menusuk ke area 16 Madura United. Penjaga gawang Madura United, Rendy Oscario blunder.

Penjaga gawang tersebut maju pada momen yang kurang tepat sehingga gawangnya kosong di belakang. Peka menyaksikan kelengahan itu, Kenzo Nambu menendang bola jauh melayang dan bersarang ke gawang.

Meski tak begitu keras, namun penjaga gawang itu tak mampu lagi berbalik mengamankan gawangnya karena telanjur maju ke depan. Kenzo Nambu mencatatkan namanya di papan skor dan mencetak gol ketiga bagi PSM menit ke-48.

Gol cepat Kenzo Nambu, pesepakbola asal negeri Sakura itu memperlebar keunggulan PSM menjadi 3-0. Lagi-lagi Madura United balik menyerang dan berupaya menusuk ke gawang PSM.

Sekira 3 meter di depan sudut kanan kotak terlarang, Yakob Sayuri memblok laju serangan seorang pemain Madura United. Yakob Sayuri dinyatakan melanggar dan wasit memberikan hadiah tendangan bebas untuk Madura United.

Servis bola mati seorang pemain Madura United kali ini cukup apik. Tepat mengarah ke Hugo Gomes. Legium asing Madura United berambut pirang itu dengan sundulan kepalanya menjebol gawang PSM menit ke-51. Madura United memperkecil kekalahannya dan merubah skor menjadi 1-3.

Penulis: RENALDI

Editor: ABDUL


Hukum

×
Berita Terbaru Update