Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siraman Rohani Sekretaris MUI Sidrap Sambut Hari Otoda ke-27 Tahun 2023

Kamis, 06 April 2023 | 16:57 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-06T16:40:48Z

 


Ustadz H. Bachtiar berikan siraman rohani jajaran OPD Lingkup Pemkab Sidrap dan masyarakat (Foto: Diskominfo Sidrap).  

NUANSABARU.ID SIDRAP - Sebagai rangkaian peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-27 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sidrap mengadakan siraman rohani, Kamis, (6/4-2023) di Masjid Darul Ridho Kompleks SKPD Sidrap.


Giat (baca: kegiatan) ini diikuti jajaran OPD lingkup Pemkab Sidrap serta warga yang tengah berada di kompleks perkantoran yang terletak di Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watangpulu, Sidrap.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar tampil membawakan ceramah dengan topik yang sejalan dengan tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 yakni “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

H. Bachtiar yang juga dikenal sebagai seorang ustadz (mubaliq) di daerah ini menuturkan, otonomi daerah hakikatnya telah ada sejak Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi.

“Nabi Adam ditunjuk oleh Allah SWT sebagai khalifah, diberi wewenang untuk mengatur dan mengelola. Ini bentuk otonomi, namun tentu konteksnya berbeda dengan saat ini,” ujar Bachtiar.


Jajaran OPD dan masyarakat yang hadir 1 (Foto: Diskominfo Sidrap).

Puncak Peringatan Hari Otoda
Dipusatkan di Makassar 

Selanjutnya, Ustadz Bachtiar memaparkan 4 (empat) teladan dari Nabi Muhammad SAW agar otonomi daerah dan pemerintahan maju dan unggul.

Pertama, sifat siddiq yang artinya jujur atau benar. “Kejujuran harus ada dalam penyelenggaraan pemerintahan. Atasan harus jujur ke bawahannya, kalau ada haknya diberikan. Begitu pun sebaliknya, bawahan pun harus jujur sama atasannya,” terang Bachtiar.

Keteladanan lainnya, urainya lagi sifat adil dan menjaga ukhuwah. Yang terakhir, kata Kadis Kominfo ini, harus ada sifat istiqamah dari penyelenggara pemerintahan.

“Harus istiqamah dalam menjalankan tugas. Jangan karena belum terima tunjangan jadi malas ke kantor, atau nanti rajin kalau mau ada THR,” pesan H. Bachtiar yang juga Kadis Kominfo Pemkab Sidrap.

Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Sidrap, Fandy Anshary menjelaskan, selain siraman rohani, momen Hari Otonomi Daerah ke-27 juga diisi penyerahan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

“Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial juga telah melaksanakan pembagian paket bantuan bagi warga miskin dan penyandang disabilitas,” ungkap Fandy.

Ditambahkannya, Hari Otoda diperingati setiap tanggal 25 April. Tapi tahun ini puncak peringatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 29 April 2023, bertempat di Kota Makassar dihadiri seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

.


Jajaran OPD dan masyarakat 2 yang hadir 2 (Foto: Diskominfo Sidrap)

Empat Teladan Rasulullah agar
Pemerintahan Maju dan Unggul

1. Siddiq (jujur)
2. Adil
3. Menjaga ukhuwah
4. Istiqamah
                  (Ustadz H. Bachtiar

Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Hukum

×
Berita Terbaru Update