Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketika Kroasi Ukir Sejarah 'Memaksa' Brasil Terhenti di Perempatfinal. Neymar Menangis!

Sabtu, 10 Desember 2022 | 10:29 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-12T01:30:04Z

 


Neymar tak bisa menahan tangisnya Brasil ditumbangkan Kroasia, Dani Alves, seniornya, menenangkan dan menyemangati. (Foto: REUTERS/MATTHEW W CHILDS).


NUANSABARU.ID, QATAR - Ketika Timnas Kroasia mengukir sejarah. Tim dari Eropa Tengah - Tenggara ini "memaksa" Brasil terhenti di babak perempatfinal. Padahal Brasil peraih juara 5 kali dan lebih banyak diunggulkan kembali mengangkat tropy Piala Dunia Qatar 2022 ini. 


Kroasia menundukkan Tim Samba lewat drama adupenalti setelah imbang, 0-0 di babak pertama, imbang lagi, 1-1 di babak kedua dan bertahan imbang hingga usai extratime. Akhirnya Luka Modric Cs. menang adupenalti dengan skor 4-3 (1-1).

Kemenangan Kroasia ini, mengunci tiket sebagai tim pertama yang lolos ke babak semifinal. Sedangkan Neymar dengan kawan-kawan harus mengubur mimpi untuk merebut juara piala dunia ke 6 kalinya.

Seperti diketahui, laga perdana perempatfinal itu berlangsung di Education City Stadium, Jumat (9/12/2022), pukul 22.00 WIB. Brasil yang dikenal dengan type permainan berupa operan-peran pendek yang apik disertai passing-passing terukur, ternyata tak berhasil menjinakkan Kroasia.

Memang, tim dari negara Amerika Selatan paling Timur ini, bukan tampil jelek. Brasil yang dlabel dengan julukan Tim Samba justru tampil dominan dan banyak mengendalikan permainan.

Menegangkannya, selama 2 kali 45 menit, Kroasia mampu membendung gempuran Neymar dengan kawan-kawan. Dengan benteng pertahanan Kroasia yang begitu kuat plus kipernya yang tampil cemerlang, terjadi kebuntuan. Skor bertahan 0-0 hingga akhir babak kedua. Laga pun dilanjutkan ke babak extra time 2 kali 15 menit.


Timnas Kroasia euforia Bungkam 
Raja Amerika Latin, Brasil.  


Brasil Lebih Awal Unggul

Di paruh pertama extra time, Brasil terus mengurung pertahanan Kroasia untuk berusaha mencipatakan gol.
Pada satu momen menjelang akhir paruh pertama extra time, Neymar yang menerima sontekan bola di depan gawang Kroasia, kali ini ia menunjukkan aksi bintangnya.

Dengan gerakan khasnya yang gesit, Neymar mampu menerobos melewati celah sempit pertahananan rapat Kroasia. Tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Neymar mengecoh kiper yang saat itu tampil apik.

Neymar berusaha membelokkan bola sedikit, menghindar dari jangkauan kiper kemudian melesatkan tembakan dengan kaki kanannya menjebol gawang Kroasia menit (105 +1"). Kubu Brasil pun bersukaria.
Gol pemecah kebuntuan itu membuat Brasil lebih awal unggul 1-0, hingga jedah paruh pertama extratime.

Di paruh kedua ternyata drama belum berakhir. Kroasia yang kali ini terkesan bermain cukup sabar dan tak kenal menyerah, terus berupaya dengan sisa waktu yang kian sempit. Sementara Brasil tak mampu menggandakan keunggulan.

Merasa barisan depannya tak mampu menembus pertahanan Brasil yang dikawal Thiago Silva dengan tandemnya, Kroasia mencoba dengan jalan lain. Dalam sebuah skema serangan balik adalah Bruno Petkovic yang menerima suplay bola memberikan tendangan keras dari luar kotak penalti. Akhirnya membuahkan gol balasan menit (116').

Skor kembali imbang, 1-1, kubu Brasil kaget dan bahkan banyak penikmat bola ikut terkaget dengan kejutan yang dibuat Kroasia itu. Suasana pun jadi tegang. Brasil lagi-lagi mencoba mengurung pertahanan Kroasia.

Masa-masa kritis ujung laga pun keduanya saling mencari celah untuk menciptakan gol penentu, Namun hingga usai paruh kedua extra time, skor stagnan 1-1 sehingga penentu kemenangan dilanjutkan dengan adupenalti,

Hasilnya, Kroasia menang adupenalti atas Brasil dengan skor 4-2. Dalam artian, 4 eksekutor Kroasia berhasil membuat gol dan Brasil hanya 2 eksekutornya berhasil dan 2 gagal. Bila diakumulasi dengan gol open play, 1-1, total kedudukannya, 5-3. Akumulasi gol dan Susunan Pemain kedua tim, lihat di bagian akhir uraian ini.

Yang jelas, dari hasil laga tersebut, Kroasia jadi tim pertama yang mengunci tiket ke babak semifinal. Sementara Brasil harus terhenti sampai babak perempatfinal Piala Dunia Qatar 2022. Imbasnya, Neymar tak bisa menahan tangisnya diikuti teman-temannya yang lain,

Yang mengundang perhatian, pada suasana kecewa 
, Neymar tetap menunjukkan rasa persaudaraannya. Meski sedih, kecewa dan menangis, tapi ia tetap menyapa putra dari Ivan Parisic dengan akrab. Kebetulan, anak pemain Kroasia ada di tempat itu. 


Akumulasi gol Kroasia vs Portugal:


Gol Timnas Kroasia

Open play: Bruno Petkovic (116'). 

Adupenalti: Nikola Vlasic (gol), Lovro Majer (gol), Luka Modric (gol), Mislav Orsic (gol)


Gol Timnas Brasil: 

Opennplay: Neymar (105+1').

Adupenalti: Rodrygo (gagal), Casemiro (gol), Pedro (gol), Marquinhos (gagal).


Susunan Pemain

Timnas Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa (Ante Budimir 110'); Luka Modric, Marcelo Brozovic (Mislav Orsic 114'), Mateo Kovacic (Lovro Majer 106'); Mario Pasalic (Nikola Vlasic 72'), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic 72'), Ivan Perisic.

Timnas Brasil: Alisson Becker; Eder Militao (Alex Sandro 106'), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta (Fred 106'); Vinicius Junior (Rodrygo 64'), Neymar, Raphinha (Antony 56'); Richarlison (Pedro 84'). (*).


Penulis: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL



Hukum

×
Berita Terbaru Update