Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kuliner Lawa Bale Warnai Lomba Menu Gizi Seimbang HKN ke-58 di Sidrap

Rabu, 09 November 2022 | 12:25 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-09T12:39:20Z

 

 



Gambar 1. Kuliner peserta lomba dinilai
 

NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDRAP- Sejumlah makanan khas yang mengundang selera muncul di Sidrap. Diantaranya, ada lawa bale, bajabu atau abon ikan, kambu paria, nasi beras merah, tunu bale (ikan bakar) dan yang lainnya.

 

Aneka kuliner khas daerah ini terlihat dalam suasana Lomba Menu Gizi Seimbang yang digelar daerah ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022.  

 

Lomba diadakan di panggung utama Lapangan Kompleks SKPD Pemkab Sidrap, Selasa, (8/11-2022). Peserta lomba seluruh Unit Pelaksana Tehnis Dinas Kesehatan atau UPT Puskesmas se-Kabupaten Sidrap. Turut hadir memantau jalannya lomba para asisten, staf ahli bupati, serta beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Sidrap.

 

Terlihat memang, para peserta menyajikan makanan-makanan khas dari kecamatan masing-masing. Seperti lawa bale, berupa ikan mentah dari danau atau ikan air tawar yang dilumatkan dan dibuang tulangnya kemudian dicampur dengan kelapa parut sehingga rasanya khas sekali, tidak anyir dan bernilai gizi tinggi karena mentah. Masyarakat di daerah ini juga menamakan lawa mamata (racikan ikan mentah).  


Selain itu, muncul juga abon ikan. Abon ikan ala Sidrap itu masyarakat biasa menamakan bajabu, yakni campuran ikan dengan kelapa parut dengan bumbu spesial yang digoreng lama hingga matang dan memerah hingga rasanya gurih dan juga sangat khas.  

Masakan khas lainnya, yang juga muncul, ada kambu paria, nasi beras merah, tunu bale (ikan bakar) dan yang lainnya.    

 



Gambar 2. Masakan yang siap dinilai

Ketua TP PKK Sidrap: Bukan Enaknya saja,

tapi Gizi Seimbang dan Kreatifitasnya


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap, Ny. Suhara Dollah Mando yang dipercaya sebagai Penilai memberi kejelasan seperti berikut.  Suhara Dollah Mando mengatakan, para peserta menyajikan makanan yang enak serta memiliki kandungan gizi yang seimbang.

 

"Kita tahu jika Kabupaten Sidrap terkenal dengan makanannya yang enak. Olehnya itu dengan lomba ini, kita mau makanan di Kabupaten sidrap, selain enak, gizinya juga dapat, " katanya.

 

Ketua TP PKK Sidrap juga mengungkapkan bahwa yang dinilai bukan dari segi enak saja.  Akan tetapi gizi pada makanan diperhatikan, seimbang atau tidak serta kreatifitasnya dalam mengolah bahan-bahan makanan tersebut.  

 

Gambar 3. Para pejabat pria ikut menikmati kuliner.

Keterangan gambar:  Foto/gambar 1, 2 dan 3 foto-foto Diskominfo Sidrap


Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI

×
Berita Terbaru Update