Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diprediksi 'Banjir' Pengunjung Laga PSM vs Persija, Satlantas Polres Parepare Rekayasa Jalur ke Stadion GBH

Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:33 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T07:28:22Z

Kasatlantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf dan petugas terkait, membedah dena rekayasa jalur antisipasi membludaknya pengunjung Stadion Gelora BJ Habibie saat laga PSM digelar (Foto: MUSAFIR-NB).


NUANSABARU.ID, PAREPARE -- Kota Parepare dipastikan kembali dibanjiri pengunjung. Betapa tidak, untuk kali kedua PSM kembali akan melakukan pertandingan home (laga kandang), di Stadion Gelora Mandiri BJ Habibie, Jum'at, (5/8/2022), pukul 16.00 WIB


Tak kalah menariknya, Laskar Ayam Jantan dari Timur, julukan heroik PSM Makassar, akan menjamu Persija Jakarta. Laga big match PSM lawan Macan Kemayoran, jukukan Persija,  merupakan laga pekan ketiga BRI Liga 1 periode 2022/2023.


Laga diprediksi bakal seru karena kedua tim ini, sebelumnya sering bersaing pada laga-laga krusial atau penentu, baik di Liga 1 maupun Piala Presiden. Praktis, hampir pasti laga sengit ini banyak diminati publik sepak bola, apalagi pendukung PSM.


Menyadari kemungkinan membludaknya pengunjung ke kota kelahiran Presiden ketiga R.I. BJ Habibie itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Parepare mengevaluasi dan siap melakukan rekayasa jalur lalu lintas, utamanya yang mengarah ke Stadion BJ Habibie (GBH). 


Informasi yang dihimpun kru NUANSABARU.ID yang turun langsung merekam persiapan dan kick off laga nantinya,  Satlantas Polres Parepare kembali mengevaluasi sistem rekayasa arus lalu lintas. Khususnya di kawasan Stadion GBH, terkait pertandingan Iiga 1 di home base PSM Makassar, Jum'at, 5 Agustus 2022.


Adapun hasil evaluasi rekayasa lalu lintas ini, Satlantas membagi setiap kawasan ruas jalan menjadi 3 ring. 

Ring 1, adalah ruas jalan di sekitar stadion, dimana yang boleh memarkirkan kendaraan di kawasan ini adalah kendaraan tertentu.


Dalam  hal ini kendaraan escape milik TNI/Polri, kendaraan VVIP (Very Very Importen Person), Forkopimda Kota Parepare serta Pangdam XIV Hasanuddin dan Kapolda Sulsel. Para sosok VVIP itu ditunggu akan ikut menyaksikan langsung pertandingan antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta, 5 Agustus 2022 mendatang. 



Gaya selebrasi Muhammad Rezky Eka Pratama, pilar PSM,  saat menciptakan gol di Piala AFC (Foto: Dok. PSM)


Warga Perlu Tahu Rekayasa Jalur 


Ring 2,  adalah ruas jalan antara luar stadion hingga pertigaan Jln. Stadion GBH dan Jln. Syamsu Alam Bulu kemudian ke arah Barat hingga pertigaan Jln. Syamsu Alam Bulu, hingga pertigaan jalan yang mengarah ke SMPN 11 Kota Parepare. 


Jalur pada ring ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan dinas petugas TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kota Parepare, kendaraan sponsor dan petugas lainnya,  serta tamu VIP (Very Importen Person). Kendaraannya akan  diparkirkan pada kantong parkir yang telah ditentukan.


Ring 3, (pertama), yang mengarah ke Utara dari pertigaan Jln. Syamsu Alam Bulu dan Jln. Stadion GBH  hingga pertigaan Jln. Stadion GBH dan Jln H. Mukaddas,  dimana pada ring ini dapat dilalui masuk dan keluar oleh kendaraan, baik roda 4 maupun roda 2 milik penonton dan suporter hingga kantong parkir yang telah ditentukan.

 

Ring 3 (kedua), yang mengarah ke Barat, dari pertigaan jalan yang mengarah ke SMPN 11 hingga pertigaan Jln Beringin dan Jln Jend. Sudirman. Dimana pada ruas jalan ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 milik penonton dan supporter.


Penyebabnya, dikarenakan jalur tersebut merupakan satu-satunya akses jalur yang dilalui oleh kendaraan VVIP, kendaraan official pertandingan, official tim dan pemain, kendaraan tamu VIP, kendaraan dinas TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, sponsor serta petugas lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk kendaraan roda 4 untuk mengakses jalan tersebut. 


Rekayasa lanjutan yang juga dilakukan oleh Satlantas Polres Parepare setelah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Parepare adalah mengenai akses jalur kendaraan. 



Ini, home base PSM, Stadion Gelora BJ Habibie dan apel kesiapan Satlantas Polres Parepare, didukung Dishub dan Satpol PP Pemkot untuk jaga rekayasa jalur (Foto: MUZAFIR-NB).


Yang membedakan dengan sebelumnya yaitu saat ini kendaraan yang dapat mengakses hingga ke ring 1 adalah kendaraan tamu VVIP, kendaraan official pertandingan, official tim dan pemain, serta kendaraan petugas escape (rantis, raymas, dan barracuda) dimana kendaraan tersebut dapat mengakses jalan tanpa pengalihan hingga ke ring 1 di kawasan stadion GBH.


Selanjutnya untuk kendaraan yang dapat akses hingga ring 2 yaitu kendaraan tamu VIP; kendaraan dinas pengangkut personil TNI, Polri, Didhub, Satpol PP; kendaraan sponsor serta petugas lainnya dengan melalui jalur yang telah ditentukan. Jelasnya, dari arah Jln  Syamsu Alam Bulu kemudian dibelokkan ke arah GOR melalui pertigaan SMPN 11 Parepare. (MUSAFIR/ABDUL-NB).

Hukum

×
Berita Terbaru Update