Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Orangtua Bahagia Anaknya Ikuti Pendidikan Bintara. Siswa Bintara Nasional 10.502, SPN Polda Sulsel 498 Orang

Kamis, 28 Juli 2022 | 22:42 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T11:01:38Z

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana menyematkan tanda pangkat siswa kepada perwakilan siswa Bintara (Foto: Humas Polda Sulsel)

NUANSABARU.ID, MAKASSAR - Kalau ada orang yang senang dan bahagia karena kerabatnya lolos seleksi dan siap mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri, maka yang paling bahagia adalah orangtua.  

Di tingkat Polda Sulsel, gambaran perasaan senang dan gembira para orangtua tersebut terwakili oleh pengakuan sejumlah orangtua peserta didik kepada Nuansabaru.id di sela-sela suasana Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri  Gelombang II tahun 2022. 

Sebagaimana diketahui, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Nana Sudjana, AS, MM., telah membuka secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gel II tahun 2022. Upacara pembukaan berlangsung di Lapangan Upacara SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Sulsel, Batua Jln Urip Sumoharjo, Makassar, Senin, (25/7/2022).

Tentang gambaran berapa banyak peserta didik secara nasional, lebih khusus Polda Sulsel dan termasuk dari Polda Sulselbar, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengungkapkannya.  Kapolda Sulsel memaparkan, Pendidikan Pembentukan Bintara Polri pada tahun anggaran 2022 diselenggarakan dalam 2 gelombang dengan lama pendidikan setiap gelombang 5 bulan. 

Adapun gelombang II ini, urainya, diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di 31 Sekolah Polisi Negara Polda. Jumlah peserta didik seluruh Indonesia sebanyak 10.502 orang yang terdiri dari Siswa Bintara Pria sebanyak 10.002 orang dan Diktuk Bintara Wanita sebanyak 500 orang. 

Khusus SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Sulsel sebanyak 498 orang yang terdiri atas 296 orang dari Polda Sulsel dan 202 orang dari Polda Sulbar. Pada kesempatan itu, secara simbolis Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana juga menyematkan tanda pangkat siswa  kepada perwakilan siswa Bintara. 

Baca juga: Kapolda Sulsel Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri 2022. Bintara Polri Garda Terdepan Institusi 

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana selaku Irup didampingi Dan Up, AKBP H. Marikar, dengani Jeep spesial dalam pemeriksaan pasukan (Foto: ABDUL/NB). 

Sementara itu, sejumlah orangtua siswa Bintara yang dimintai responnya di sela-sela pembukaan terkesan gembira dan ceria. Meski tak sempat disebut semua nama orangtua yang dimintai komentarnya, namun rata-rata orangtua merasa senang dan bahagia menyaksikan putra terbaiknya kini siap mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri.  

Dua sosok orangtua siswa yang mewakili bertutur seperti ini. Adalah H. Mansur, asal Bone mengaku cukup senang dan bahagia karena anaknya lolos dalam seleksi penerimaan bintara dan kini siap mengikuti pendidikan. 

Hasmar, nama anaknya kini jadi siswa Bintara Polda Sulsel Gel II tahun 2022 ini. Hasmar merupakan anak ke-2 dari 2 bersaudara anak dari pasangan H. Mansur dan Hj. Aminah. "Kita ini orang kampung, Pak. Berasàl dari Kelurahan Tana Batua Kecamatan Libureng Kabupaten Bone," ujar H Mansur merendah.  

Diungkapkannya, sebelum ikuti seleksi telah diarahkan oleh kakaknya untuk mengikuti bimbel (bimbingan belajar) selama 3 hingga 4 bulan. "Segala sesuatu yang kita rencanakan lalu berhasil kita ucapkan, alhamdulillah, alhamdulillah," kilahnya rada puas.  

Hasmar asal Libureng Bone, Alfikrul dari Mattirobulu Pinrang 

Respon senada disampaikan, Andi Arifuddin, S. Ag, ayah dari siswa Bintara atas nama, Andi Alfikrul Faiq. Ia mengaku senang sekali atas keberhasilan anaknya. "Sebagai orangtua saya merasa bahagia sekali, karena tak semua orangtua sempat menyaksikan anaknya berhasil," tandasnya.  

Apalagi, lanjutnya, anaknya baru saja tamat SMA dan langsung lolos seleksi penerimaan bintara. Disebutkannya, Andi Alfikrul Faiq merupakan anak ke-2 dari 4 bersaudara, buah hati pasangan Andi Arifuddin, S. Ag dengan Dra. Hj. Besse . Dimana keduanya merupakan tenaga pendidik pada  SMAN 7 Pinrang, Kecamatan Mattirobulu. 

Pak Arifuddin juga menggambarkan bahwa anaknya, Alfikrul (nama singkatnya), telah mengikuti bimbel di 2 tempat, di Bimbel Bibit Kota Parepare dan Pioner Kota Makassar.   

Baca juga: Makna di Balik Tradisi Lembaga SPN Polda Sulsel. Diwarnai Cukur Rambut dan Siraman Air Kembang.  

Ada semacam kebanggaan tersendiri yang dirasakan orangtua ini menyikapi sederetan catatan positif yang dicapai anaknya yang masih terbilang belia itu, sehingga secara spontan dibeberkan. 

Antaralain, anaknya langsung diterima jadi siswa bintara padahal baru tamat SMA.  Catatan positif lainnya, Alfikrul juga lolos SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jurusan Teknik Perkapalan, tapi dia dan keluarganya sepakat memilih Alfikrul jadi Siswa Bintara. Tak hanya itu, Alfikrul juga merupakan mahasiswa undangan (lolos jalur undangan) di Poltekes (Politeknik Kesehatan).  

Nah, di sekolahan atau di SMAN 7 Pinrang, Akhirul dipercaya sebagai Wakil Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka). 

Tentu ini semua menjadi nilai plus yang bisa jadi potensi perkembangan kariernya di kepolisian kelak. "Kita berharap ke depan Alfikrul bisa lolos ke jenjang lebih tinggi, ya lanjut ke perwira," ujar Arifuddin berharap realistis. (ABDUL/NB).  

 
 
Para wartawan yang diundang Humas Polda Sulsel meliput Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri usai acara, represing sejenak (Foto: Oge).

Hukum

×
Berita Terbaru Update