Timnas U-23 Indonesia Bungkam Tim Unggulan Australia 1-0 Piala Asia U-23 2024 di Qatar



Pendukung Timnas U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Kamis 18 April 2024 bersorak rayakan kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Australia. (Foto: Screenshot Nuansabaru.id/ABDUL). 

Nuansabaru.id, DOHA QATAR - Setelah melalui laga sengit yang mendebarkan akhirnya Timnas U-23 Indonesia berhasil membungkam Timnas U-23 Australia dengan skor tipis 1-0. Gol diciptakan Komang teguh 45' alias di penghujung laga babak pertama.


Atas kemenangan ini Timnas U-23 beranjak dari posisi buncit klasemen sementara grup A ke posisi kedua dengan perolehan poin 3, sama dengan Qatar yang berada di puncak klaasemen karena unggul sellisih gol atas Indonesia.

Sedang posisi ketiga dan keempat ditempati Yordania dan Australia yang juga masing-masing merai 1 poin dan Yordania unggul seleisih gol atas Australia.

Imbas lain dari kemenangan Indonesia muda ini, peluangnya untuk lolos ke perempat final lebih terbuka. Dampak lainnya meningkatkan kepercayaan diri menuju matchday ketiga (terakhir) grup A lawan Yordania.

Selebihnya, Garuda Muda menorehkan sejarah mengalahkan Australia sebagai salah satu tim unggulan di turnamen ini.

Kemudian yang tak kurang pentingnya menepis anggapan di laga perdana yang menilai anak-anak Indonesia lambat panas dan kurang efektif memanfaatkan peluang.

Tinjauan Sekilas Jalannya Laga

Laga lanjutan matchday ke-2 grup A Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia vs Australia berlangsung di Abdullah bin Kalifa Stadium, Kamis, (18/4-2024), pukul 20.00 WIB.

Tampil di babak pertama, Autralia langsung agresif berupaya mengendalikan permainan dan menghujankan tendangan-tendangan ke gawang Indonesia.

Namun, rupanya kesan lambat panas itu tak telihat lagi. Anak asuhan pelatih Shin Tae-yong (STy) bisa meredam agresifitas tim dari negeri negeri Kanguru itu.

Petaka nyaris menyertai Garuda Muda. Centre bek Indonesia Komang Teguh handball di kotak terlarang yang dibuktikan oleh program Chectting possible penalty VAR yang jadi acuan wasit dari Arab Saudi yang memimpin laga.

Skuad besutan pelataih Tony Vladmir mendapatkan hadiah penalti. Ternyata penjaga gawang Indonesia Ernando Ari kalini tampil cemerlang. Kiper Persebaya Surabaya itu mampu menepis tendangan penalti yang dieksekusi Muhamad Toreh. Skor tetap imbang tanpa gol.

Secara ball posession dan frekuensi tendangan, ke gawang Australia unggul jauh hingga 12 kali tendangan, Sedangkan Indonesia hanya 7 kali tendangan. Kendati demikian, Indonesia juga punya beberapa peluang lewat skema serangan balik.

Peluangnya antara lain, dari tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On dari sisi kanan area Australia, mampu diterima Komang Teguh namun tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang Australia.

Termasuk umpan Witan Sulaeman ke Jim Kelly, juga belum berhasil menciptakan gol. Dan hingga menit ke-44 babak pertama masih terjadi kebuntuan.

.

Komang Teguh dengan gestur teriakan luapkan kegembiraan membobol gawang Australia. (Foto: PSSI).

Penentu Kemenangan Ernando Ari yang Cemerlang dan Gol Komang Teguh

Secara mengejutkan di penghujung laga babak pertama Indonesia mendapatkan tendangan pojok di sudut kanan area Australia.

Witan Sulaeman melakukan tendangan pojok ke depan gawang yang dapat disundul oleh seorang pemain Indonesia mengarah ke Komang Teguh yang sudah menunggu.

Dengan gaya tendangan polling setengah melingkar, Komang Teguh akhirnya berhasil menjebol gawang Australia menit ke-45. Sorak sorai pendukung Garuda Muda mewarnai stadion. 
Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia yang bertahan hingga turun minum.
 
Di babak kedua, Skuad Australia lebih meningkatkan intensitas serangannya dan terus berupaya mengurung pertahanan Indonesia. Namun, identik dengan babak pertama Australia tak mampu menciptakan gol.

Ringkasnya, hingga 90'+11' Timnas U-23 Indonesia mampu mempertahankan kemenangan dengan skor 1-0.

Kamis, 18 April 2024 di grup A akan berlangsung duel antara Qatar melawan Yordania, pukul 22.30 WIB. Hasil dari laga tersebut berpotensi merubah kalasemen.

Sementara Timnas U-23 Indonesia akan menuntaskan matchday ke-3 fase grup A melawan Yordania, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :