Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

'Perang Dingin' Bergulir, Persaingan Bakal Cabup-Cawabup Sidrap Diprediksi Ramai

Rabu, 17 April 2024 | 12:19 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-17T08:58:11Z



Ini sebagian nama yang mencuat di kalangan masyarakat Sidrap. Dari kiri, atas:  H, Syaruddin Alrif, Muhammd Yusuf DM, H, Mashur dan H Mahmud Yusuf . Bawah: H. Bahar Yahya, Maryono, Mahmud Lakaiya dan H. Zulkifky Zain. (Kolase foto: ABDUL/NB). 

NuansaBaru.ID, SIDRAP - Suara-suara seputar Bakal Calon Bupati- Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Sidrap menuju pilkada 2024 kini menggeliat. Sejumlah nama bakal capub-cawabup telah menunjukkan aksinya.


Aksi-aksi yang dilakukan bisa disebut semacam 'perang dingin' untuk bersaing mendapatkan 'tiket resmi' sebagai Cabup-Cawabup Sidrap dalam pilbup-wabup 27 November 2024 mendatang dan menarik simpati masyarakat.

Kecuali, Bakal Cabup Partai Nasdem Syahruddin Alrif, ia melenggang sebagai pemenang telak pileg di Sidrap alias tak memikirkan lagi partai pendukung untuk mendapatkan 'tiket calon'.

Berdasarkan hasil pileg 20254, DPC Partai Dasdem Sidrap meraih 12 kursi, melebihi jumlah kursi yang disyaratkan untuk mengusung cabup.

Tim bakal cabup Partai Nasdem di Sidrap tinggal mengagendakan aksi lainnya untuk mendapat dukungan riil masyarakat. Seperti memasang baliho di berbagai tempat dan bersosialisasi dengan konstituen dan elemen masyarakat.

Sementara itu, sesuai pantauan media ini, bakal cabup yang paling awal gencar dan proaktif bersoalisasi, Tim Sukses bacabup H. Syahruddin Alrif. Sebagai pemenang Pemilu, tim ini yakin dan optimis bakal memenangkan persaingan.

Belakangan sejumlah nama bakal cabup-cawabup kini ramai bermunculan. Menyusul terpasangnya sejumlah wajah di baliho di sudut-sudut kota dan berbagai tempat di Sidrap.

Aksi lainnya timses juga mulai menebar jargon-jargon dan keunggulan calonnya untuk mendapatkan simpati masyarakat. Termasuk publikasi di berbagai media. Meski sebagian bakal cabup-cawabup juga masih terkesan adem.

Puluhan Nama Bakal Cabup-
Cawabup Bermunculan


Kita mulai dari kubu pelanjut incumbent, muncul nama Muhammad Yusuf DM, putra H. Dollah Mando (Bupati Sidrap periode 2018-2023). Semula, diprediksi H. Dollah Mando akan tampil kembali sebagai calon patahana.

Namun belakangan, ternyata mendorong putranya Muhammad Yusuf DM, kini Pj Sekda Sidrap, untuk melanjutkan dinasti politiknya. Indikasinya, sejumlah baliho Muh. Yusuf telah ramai terpasang di berbagai tempat.

Diperoleh wacana yang berkembang M. Yusuf DM digadang-gadang berpasangan dengan H. Ruslan, mantan Ketua DPRD dan juga Sekda Sidrap, dan kemungkinan cawabup lainnya.

Pengusungnya, Partai Gerindra plus partai lainnya yang belum jelas. Berdasarkan hasil pileg 2024 lalu, Partai Gerindra yang diketuai H. Dollah Mando berhasil meraih 5 kursi sehingga masih membutuhkan minimal 2 kursi lagi guna mendapatkan 1 kuota lolos sebagai calon resmi.

Belum sempat menghubungi pihak Bacabup M. Yusuf DM. Namun, sebuah sumber menyebutkan, bacabup ini mengandalkan basis pendukung yang telah ada sebagai pelanjut patahana untuk bersaing dengan calon lainnya.

Seterusnya, bakal calon lainnya muncul nama H. Mashur, Ketum Pengurus Besar Kerukunan Masyarakat Bugis (KEBUGIS) Sidrap di Jakarta dan juga Ketum Asosiasi Gaharu Indonesia (ASGARIN). H. Mashur, dideteksi telah menyatakan komitmennya mempersiapkan diri untuk maju bertarung di pilkada Sidrap 2024.

Komitmen untuk maju sebagai Cabup Sidrap, asal Kulo Sidrap tersebut, dibenarkan, Kordinator Tim Hijrah Dr. Ir. Baharuddin Andang yang ditemui kru media ini, di Kota Pangkajene Sidrap, Kamis, (11/4-2024), lalu.

Baharuddin Andang mengakui pihaknya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik pengusung. Namun, belum dipastikan partai apa saja yang bakal mengusungnya.

Kordinator tim, Baharuddin Andang juga akademisi dari Institut Teknologi Kesehatan Muhammadiyah Sidrap itu menyebutkan, tagline yang diusung adalah "Hijrah" .

Yang intinya bermakna, berpindah dari kondisi sekarang ke kondisi yang lebih baik. Sedangkan visinya, "Menyelesaikan Masalah Masyarakat Kabupaten Sidrap".

Baharuddin Andang juga menuturkan misi H. Mashur seperti ini. Pertama, menjadikan Sidrap lebih bermartabat. Kedua, mensejahterahkan masyarakat Sidrap. Ketiga, menghadirkann pemerintahan yang bersih dan berkualitas.

Bahar Yahya Siap Bersaing

Bakal cabup-cawabup lainnya muncul sederet nama lagi. Diantaranya, muncul H. Mahmud Yusuf, mantan Wakil Bupati Sidrap, lalu muncul juga Baharuddin Yahya atau Bahar Yahya, pengusaha Parfum di Jakarta dan Makassar.

Selain itu ada nama, Jenderal Purn TNI Sutomo, Ketua IKM Sidrap Maryono, Ketua ISA Sidrap Mahmud La Kaiya dan H. Zulkifly Zain, anggota DPRD Sulsel yang juga mantan Ketua DPRD Sidrap.

Nama lainnya disebut-sebut Andi Faisal Ranggong, putra mendiang Bupati Sidrap H. Andi Ranggong dan sejumlah nama lain yang tak disebutkan semuanya.

Satu lagi nama di atas yakni Bahar Yahya yang sempat ditemui di Warkop Hadide Pangkajene Sidrap, (13/4-2024) lalu juga menyatakan tekadnya untuk maju sebagai 01 (Cabup).

Bahar Yahhya mengaku tak takut bersaing dengan bakal cabup yang lain. Keinginannya untuk maju termotivasi oleh kegelisahannya untuk memajukan dan merubah wajah Sidrap ke depan.

"Siapa takut (bersaing). Saya sedih melihat beberapa kemunduran prestasi di Sidrap seperti bidang olahraga dan bidang lainnya. Kalau terpilih, saya akan membenahi berbagai bidang untuk memajukan dan merubah wajah Sidrap ke depan, " kiatnya yakin. (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL

Informasi: Berita ini juga tayang di Okesulsep.com (media terverifikasi Dewan Pers), media partner Nuansabaru.id.

Hukum

×
Berita Terbaru Update