Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Buka Sosialisasi dan Bimtek SIPD, Pj Sekdaprov Sulsel Tegaskan Kegiatan itu Amat Penting dan Strategis

Selasa, 30 Januari 2024 | 16:54 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-30T19:42:24Z

Hadiri Sosialisasi dan Bimtek SIPD, Pj Sekda Sidrap Merespon, Pemahaman Tujuan dan Teknis Perlu Dikuasai OPD Terkait 



Kanan: Kolase foto Pj Sekdaprov Sulsel Andi Muhammad Arsyad. Kanan: Peserta sosialisasi dan bimtek SIPD di Aula Kantor Gubernur Sulsel, 30 Januari 2024. (Foto-foto: Dok. Bidhumas Diskominfo Sidrap). 


NuanaaBaru.ID, MAKASSAR - Memperkuat komitmen penggunaan aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah), Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi ( Tim Stranas PK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek SIPD R.I.


Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) SIPD yersebut berlangsunb di Aula Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Selasa, (30/1/2024). Kegiatan ini dibuka Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Pj Sekdaprov) Sulsel, Andi Muhammad Arsjad.

Dihadiri Fridolin Berek dari Tim Stranas PK, Boyke M. Siagian dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, dan Aditya Cahyaningrat dari Pusdatin Kemendagri.

Sedanbkan peserta sosialisasi, para pejabat dan pegawai pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemprov Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel.

Misalnya saja dari Pemkab Sidrap, informasi tertulis dari Bidhumas Diskominfo Sidrap menyebutkan, untuk mengikuti kegiatan ini hadir Pj Sekda Sidrap Mibammad Yusuf yamgbjugaboejabat deginitif sfalam , daari Pemkab ebagai

Pj. Sekretaris Daerah Sidrap yang merupakan pejabat definitif Kepala Badan Pendapatan Daerah Sidrap. Selain itu, hadir pula Inspektur Kabupaten Sidrap, Mustari Kadir, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Sahabuddin.

Unsur lain yang hadir, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sidrap, Andi Faisal Ranggong, Kepala BKPSDM, Herfan Mappajeppu, dan Sekretaris Bappelitbangda, Herwin.


Terlihat Pj Sekda Sidrap Muhammad Yusuf dan pejabat lainnya hadiri sosialisasi dan bimtek SIPD di Kantor Gubernur Sulsel. (Foto: Bidhumas Diskominfo Sidrap). 


Aplikasi SIPD Mudahkan
Penatausahaan Keuangan 


Pj. Sekdaprov Sulsel Andi Muhammad Arsyad dalam arahannya ketika membuka kegiatan ini mengatakan, sosialisasi dan bimtek itu sangat strategis dan penting mengingat banyak perubahan regulasi yang menuntut akselerasi dan penyesuaian.

“Termasuk SIPD di mana saat ini telah ditetapkan sebagai aplikasi umum pemerintah daerah sejak 11 Desember 2023, dan wajib digunakan semua pemda mulai Januari ini,” terang Arsjad.

Sekdaprov menuturkan, keberadaan aplikasi tersebut untuk memudahkan penatausahaan keuangan yang cepat, terintegrasi, terpadu, dan akuntabel. Namun, lanjutnya, pengguna dihadapkan sejumlah tantangan dan hambatan sehingga perlu pencermatan.

Diantaranya, urai Arjad, sulitnya mengakses aplikasi ketika ada keluhan, koreksi kesalahan penginputan butuh waktu lama, kesulitan ketika pergeseran anggaran, belum optimalnya transfer data perencanaan ke penganggaran, dan lain-lain.

“Patut diingat proses implementasi SIPD ini tidak menunggu kita siap, apalagi kita harus puas. Untuk itu, diharapkan teman-teman menggunakan momen ini dengan baik. Silakan tanyakan apa pun yang menjadi keluhan,” pesan Sekdaprov, mantan Kepala Bappelitbangda Sidrap itu.

Merespon giat ini, Pj. Sekda Sidrap, Muhammad Yusuf DM menyambut baik dan mengapresiasi sosialisasi dan bimtek yang digelar tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK R.I. ini. Dikatakannya, pemahaman tujuan dan teknis SIPD perlu dikuasai OPD terkait, agar pemanfaatannya tepat dan efektif.

“Pemerintah Kabupaten Sidrap siap mendukung implementasi SIPD sebagai aplikasi umum pemerintah daerah, untuk penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel,” tandasnya. (*).

Penulis: M, BASIR
Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update