Hasil Musyarah Tudang Sipulung Kecamatan di Sidrap Diharap Lahirkan Rumusan Terbaik


Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidrap Nasruddin Waris buka Rapat Evaluasi MTS Kecamatan (kiri) dan peserta rapat, Rabu 31 Januari 2024. (Foto: Bidhumas Diskominfo Sidrap). 

NuansaBaru.ID, SIDRAP - Evaluasi dan tindak lanjut Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) tingkat kecamatan diharapkan dapat melahirkan rumusan terbaik untuk dibawa ke MTS kabupaten.


Demikian harapan Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidrap, Nasruddin Waris saat membuka rapat pembahasan hasil MTS tingkat kecamatan. Rapat berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III Kantor Bupati Sidrap, Rabu, (31/1/2024).

Rapat evaluasi ini dihadiri Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Tanaman Pangan, Ibrahim, Kabag Ekonomi, Rimba Najamuddin, Ketua KTNA, Abdul Samad dan unsur terkait lainnya.

Rapat diikuti perwakilan instansi terkait, diantaranya Dinas PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) atau (nomenklatur lama disebut Dinas Pengairan), Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan dan Perikanan, para penyuluh pertanian serta undangan lainnya.



Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidrap Nasruddin Waris (tengah) didampingi pejabat terkait  dalam rapat evaluasi dan tindaklanjut MTS. (Flto: Bidhumas Diskominfo Sidrap)

Jadwal MTS Tingkat Kabupaten Dikondisikan

Asisten Bidang Administratraai Umum Pemkab Sidrap, Nasruddin Waris yakin, melalui rapat ini aka menetapkan rumusan-rumusan terbaik.

'Insya Allah melalui pertemuan ini dapat melahirkan rumusan-rumusan terbaik yang akan kita serahkan dan tentunya akan menjadi pedoman untuk musim tanam yang akan datang," kata Nasruddin.

Oleh karenanya, Nasruddin meminta kepada para peserta rapat dapat saling memberi masukan guna melahirkan kesepakatan bersama mencari solusi masalah pertanian dengan harapan produktivitas pertanian lebih meningkat.

Terkait jadwal MTS tingkat kabupaten yang direncanakan pada (15/2-2024), ternyata belum dipatenkan waktunya. Nasruddin Waris
menyampaikan, hal itu (jadwal MTS tingkat kabupaten) akan dikondisikan mengingat agenda pemilihan umum 2024.

"MTS ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Sidrap, dan jadwalnya hampir bersamaan dengan pemilu, jadi untuk kepastiannya kita akan koordinasikan terlebih dahulu," ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, sebagaimana lazimnya MTS pada intinya berbagai hal dibahas terkait dengan persiapan turun sawah musim tanam mendatang. Diantaranya pola tanam, jadwal tanam, kewaspadaan hama, varietas padi, masalah pupuk, pengairan irigasi dan yang lainnya.

Saat itu mengmuka, yang paling utama dibahas dalam diskusi yakni ketersediaan pupuk. Terpantau pada kegiatan tersebut peserta rapat yang hadir sangat antusias memberikan saran maupun masukan guna menentukan kesepakatan bersama. (*).

Penulis/Editor: M. BASIR


Topik Terkait

Baca Juga :