Tampil Semarakkan Peringatan Hari Ibu ke-95 di Tanjung Bira, Hikmah Kdi Diaulat Pakai Gaun Khas Bira Dipadukan Sarung Kajang


Hikmah Kdi tampil dipanggung pentas dengan berlatarbelakang Spanduk Peringatan Hari Ibu ke-95 di Hakuna Matata Tanjung Bira, yang dilengkapi dengan foto Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf dan wakiknya HA Edy Manaf dalam kostum adat (kiri) dan Ketua TP PKK Bulukumba, Hj A. HerfIda Muchtar (kanan). (Foto: SUCI SRI WAHYUNI). 

NuansaBaru.ID, TANJUNG BIRA BULUKUMBA - Peringatan Hari Ibu di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan bernuansa khas dan spesial. Selain acara inti berupa Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023, juga diwarnai berbagai acara tambahan yang semarak dan bernuansa kearifan lokal khas Bulukumba. 

Menariknya, Peringatan Hari Ibu di daerah pesisir Selatan Sulsel ini dipusatkan di Hakuna Matata Tanjung Bira, Sabtu pagi, (23/12-2023). Sebagaimana diketahui, Tanjung Bira merupakan salàh satu lokasi ikon destinasi wisata Sulawesi Selatan yang dikenal dengan khas pantai pasir putih yang asri dan menawan. Tema sentral kegiatan, "Perempuan Berdaya Indonesia Maju".

Seperti diketahui, Kabupaten Bukukumba kini dipimpin oleh seorang Bupati bernama H Andi Muchtar Ali Yusuf didampingi Wakil Bupati H Andi Edy Manaf. Untuk memeriahkan peringatan hari ibu ini, Pemkab Bukumba memberdayakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba yang diketuai Ir Hj Andi Herfida Muchtar dibantu Wakilnya beserta jajaran.  

Untuk menyemarakkan giat ini, panitia menghadirkan Ustadz Maulana, mubaliq bergaya kocak yang terus berkibar. Pendakwah bernama lengkap Ustadz Nur Maulana - sosok dai asal Pangkep yang telah menasional itu - juga hadir di daerah itu dalam rangkaian shooting kru televisi swasta yang menaunginya dan memilih lokasi panorama alam Bulukumba.

Lebih serunya lagi, panitia juga menghadirkan penyanyi dangdut multi talent Hikmah Kdi untuk menyemarakkan peringatan hari ibu di daerah tersebut. Di hadapan para pejabat, Ibu-ibu TP PKK, Ibu-ibu Bhayangkari, ibu-ibu Persit KCK, Derkanasda dan masyarakat Bulukumba, Hikmah melantunkan sederetan lagu. 



Hikmah Kdi dalam balutan kostum khas Bira dipadukan sarung Kajang berpose sejenak dengan latarbelakang panorama pantai Tanjung Bira Bulukumba. (Foto: SUCI SRI WAHYUNI).  

Hikmah Suka Gaun Khas Bira Dipadukan Sarung Kajang 

Nuansa khasnya, Hikmah didaulat mengenakan kostum spesial berupa gaun dari kain khas Bira berwarna hitam dengan permata kecil putih model bunga, desain Defrico Audy, koleksi Derkansda Bulukumba. Gaun yang anggun itu dipadukan dengan sarung Kajang juga warna hitam bergaris-garis hingga tampak modern tapi tetap berkonotasi tradisional dan bernuansa kearifan lokal. 

"Hikmah suka banget, gaun itu, " ujarnya singkat. Hikmah juga mengakui bersama adeknya Suci Sri Wahyuni yang mendampinginya Sabtu pagi harinya sebelum tampil, sempat berenang sesaat menikmati kenyamanan pantai Tanjung Bira. 

Di panggung pentas yang disiapkan, Hikmah saat itu tampil dengan tembang-tembang hits, seperti, Muara Kasih Bunda, Ikan Dalam Kolam dan Rungkat. Bahkan di lagu kedua dan ketiga sejumlah ibu-ibu tampil bareng dengan Hikmah bergoyang ria menyemarakkan suasana pagi di Tanjung Bira ketika itu.

Selintas rangkaian acara Peringatan Hari Ibu di obyek wisata pantai pasir putih Tanjung Bira tersebut diawali dengan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 tingkat Kabupaten Bulukumba. Upacara dipimpin Wakil Bupati H.A. Edy Manaf.

Resume caranya antara lain, Lagu Indonesia Raya, Hening Cipta, Laporan Panitia, Pembacaan Naskah Pancasila, UUD 1945, Sejarah Singkat Hari Ibu, Hymne Hari Ibu dan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang dibacakan Wabup Bulukumba H.A. Edy Manaf.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, Fashion Show Desain Derkanasda Bukukumba, Ceramah Ustadz Nur Maulana, Jingke Three Ends Organisasi Perempuan dan penampilan Hikmah Kdi.

Menteri PPPA dalam sambutannya yang dibacakan Wabup H.A. Edy Manaf pada intinya menegaskan, semua masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya. Serta terus memperkuat sinegi dan kolaborasi untuk pemberdayaan perempuan di berbagai bidang. (*).


Sesi foto bersama dalam suasana Peringatan Hari Ibu ke-95 di Tanjung Bira Bulukumba (Foto: SUCI SRI WAHYUNI). 

Penulis/Editor: MUSAFIR MUCHTAR 


Topik Terkait

Baca Juga :