Resmikan Makodim Bombana Sultra, Pangdam Hasanuddin Katakan Kodim ini Rumah Sendiri untuk Hal Positif, Kontributif demi Negara dan Bangsa



Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso lakukan penandatanganan prasasti peresmian Makodim 1431/Bombana Sultra (Foto: Pendam XIV/Hsn). 

"Saya minta Kodim ini dijadikan rumah sendiri, jangan takut sama Pak Dandim. Silahkan ngopi-ngopi di sini, mungkin diskusi , Silahkan! Tapi, bukan untuk aneh-aneh, untuk hal positif, kontributif untuk negara dan bangsa yang kita cintai bersama”. 

Demikian cuplikan statemen bijak Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso ketika meresmikan Makodim 1431/Bombana Sultra. Kesannya, TNI dekat dan menyatu dengan rakyat, namun tak memberi ruang untuk ide yang aneh-aneh. Tapi, yang positif, kontributif untuk negara dan bangsa. (Redaksi)


NuansaBaru.ID, BOMBANA - Optimalkan pelaksanaan tugas pokok TNI di bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., meresmikan Markas Kodim (Makodim) 1431/Bombana Korem 143/Halu Oleo dan Alih Kodal 3 Koramil dari Kodim 1413/Buton kepada Kodim 1431/Bombana, di Bombana Sultra, Senin, (30/10-2023).

Komando Distrik Milliter 1431/Bombana ini mewilayahi Kabupaten Bombana, kabupaten/kota yang terletak di pesisir Timur dan Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Bombana dikenal, sebagai daerah berpotensi tambang emas, perekebunan, peternakan dan perikanan laut.

Peta politiknya, Kabupaten Bombana termasuk salah satu kabupaten/kota di Sultra yang bakal melakukan pilkada/pemiihan Bupati/Wakil Bupati 2024. Karena masa bhakti Bupati/Wakil Bupati H. Tafdil berakhir dalam 2 periode.

Pembentukan Kodim baru ini, merupakan bentuk antisipasi dengan perkembangan lingkungan strategis serta ancaman aktual maupun potensial khususnya di wilayah Provinsi Sultra, berkembang kian semakin komplek dan dinamis.

Seperti yang disampaikan oleh Mayjen Totok dalam sambutannya, Ia menjelaskan bahwa di usia Kabupaten Bombana ke-20 tahun hingga saat ini belum memiliki pangkalan militer dan hanya memiliki satu satuan tingkat Komando Rayon Militer (Koramil).

Dalam peresmian ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan terhadap Komandan Kodim (Dandim) 1431/Bombana kepada Letkol Inf Andi Irfandi, S.I.P, yang sebelumnya menjabat Dansecaba Rindam XIV/Hasanuddin.

Setetusnya, juga dilakukan pengangkatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 64 Kodim 1431 Koorcabrem 143 PD XIV/Hasanuddin kepada Ny. Andi Irfandi.

“Alhamdulillah suara kami di dengar, karena Kabupaten Bombana salah satu Kabupaten strategis baik ditinjau dari letaknya, maupun dari potensi Sumber Daya Alam (SDA). Tentunya perlu situasi keamanan yang harus kondusif, nyaman dan tentram, khususnya menjelang Pemilu 2024, sehingga apa yang ada di Bombana ini mampu dikerjakan dengan maksimal, disamping untuk negara juga membantu perekonomian Kabulaten Bombana dan juga masyarakat,, jelas MYjsn Totok.




Atas: Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Totok Imam Santoso pimpin upacara peresmian Makodim  1431/Bombana. Bawah: Lantik Dandim 1431/Bombana Letkol Inf Andi Irfandi, S.I.P, (Foto: Pendam XIV/Hsn)

Pangdam Harap Kodim 1431/Bombana Dimanfaatkan dengan Baik

Pangdam Hasanuddin pun berharap, warga sekitar dapat menerima keberadaan Kodim baru ini dan mampu bersama-sama memanfaatkan dengan baik, serta menjalin koordinasi, komunikasi guna menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan tentram bagi masyarakat Bombana, terlebih ke depan dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat 2024.

“Harapan kita Pemilu di Bombana berjalan dengan luber, jurdil, aman dan lancar serta paling diwaspadai kehadiran Kodim baru menambah kekuatan sinergitas Forkopimda Kabupaten dan meningkatkan kualitas kinerja, bukan keberadaan Kodim menambah beban, malah tidak dimanfaatkan dengan optimal dan menambah sesuatu menghambat berjalannya kegiatan Pemilu.,” tandasnya.

“Saya minta Kodim ini dijadikan rumah sendiri, jangan takut sama pak Dandim silahkan ngopi-ngopi di sini, mungkin diskusi silahkan tapi bukan untuk aneh-aneh, untuk hal positif, kontributif untuk negara dan bangsa yang kita cintai bersama,” imbuhnya menuntaskan arahannya.

Usai pelaksanaan peresmian, dilanjutkan penyerahan 10 unit sepeda motor dan 1 unit kendaraan Dinas Dandim, penyerahan bantuan Dana ATK dan operasional Kodim 1431/Bombana oleh Pangdam, serta bantuan perlengkapan Persit dari Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam.

Selain itu, Jenderal bintang dua lulusan terbaik Seskoad tahun 2002, yang dikenal memiliki jiwa sosial ini, juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada kaum Dhuafa, Stunting, masyarakat sekitar satuan serta bantuan Dana Lansia Tangguh. 


Sesi foto bersama dalam suasana peresmian Makodim 1431/Bombana Sultra (Foto: Pendam XIV/Hsn).

Illustrasi Pelengkap

Sebagai pelengkap, sumber media ini menyebutkan, Komando Distrik Milliter 1431/Bombana ini mewilayahi Kabupaten Bombana, kabupaten/kota yang terletak di pesisir Timur dan Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Perkara sumberdaya alam, Bombana dikenal, sebagai daerah berpotensi tambang emas, perekebunan, peternakan dan perikanan laut dan sebagainya.

Menghadapi Pemilu 2024 ini, peta politik daerahnya, Kabupaten Bombana termasuk salah satu kabupaten/kota di Sultra yang bakal melaksanakan pilkada/pemiihan Bupati/Wakil Bupati 2024. Karena masa bhakti Bupati/Wakil Bupati H. Tafdil/Johan Salim periode 2017-2022 berakhir. (*).

Referensi: Pendam XIV/Hsn dan sumber lain
Penulis/Editor:ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :