Kapolda Sulsel Resmikan Bantuan 24 Sumur Bor untuk Warga Sulsel di Perumahan BTP Blok AF Makassar

Polda Sulsel masih Berupaya Menambah Titik Air agar Masyarakat Terbantu 



Gambar 1.



Gambar 2,


NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M. Hum meresmikan Sumur Bor dan Bantuan Air Bersih bagi masyarakat di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Jumat, (15/9-2023), pagi.

Peresmian pemanfaatan sumur bor tersebut ditandai dengan penendatangan prasasti penguntingan pita oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso yang diiringi dengan gaung suara sirene. Selain itu Setyo Boedi juga melakukan penguntingan pita yang diiringi dengan gaung suara sirene.

Puncaknya, orang nomor satu Polda Sulsel disertai Wakapolda Sulsel, Chuzaini Patoppoi, Wa.ikota Makassar Danny Pomanto dan PJU Polda Sulsel mengalirkan air dengan melakukan pembukaan kran air sumur bor.

Dalam sambutannya Kapolda Sulsel menjelaskan pengadaan sumur bor dan bantuan air bersih ini merupakan program Kapolri tentang Polri Peduli Lingkungan Bantuan Sumur Bor dan Pompa Air di seluruh wilayah Indonesia.

Program ini, urai Kapolda Sulsel, selaras dengan program pemerintah untuk mengurangi dampak El nino dan mempromosikan program hidup sehat di musim kemarau panjang ini sehingga diharapkan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Kapolda Sulsel kenyebutkan secara keseluruhan terdapat 24 sumur bor dibangun oleh jajaran Polda Sulsel yang tersebar diseluruh kabupaten, dimana 16 titik diantaranya dilaksanakan Polres jajaran.

Setyo Boedi mengakui saat ini pihak Polda Sulsel masih berupaya menambah titik air di wilayah lain yang membutuhkan agar masyarakat terbantu.

"Kita berharap fasilitas sumur nor ini dirawat digunakan dalam jangka waktu yang panjang," harap Kapolda .

Di akhir sambutan Kapolda Sulsel menyampaikan terima kasih kepada jajaran Biro SDM Polda Sulsel dan siswa SIP Polri Angkatan ke 52 atas kontribusinya dalam mengurangi beban masyarakat di tengah kemarau panjang ini.



Gambar 3.



Gambar 4.

Tokoh Masyarakat: Polri Lanjutkan Mu'jizat Nabi

Sebelumnya, Karo SDM Polda Sulsel, Kombes Pol Denny Y Putro melaporkan, tentang pelaksanaan pembangunan sumor bor dan pompa air yang akan diresmikan Kapolda Sulsel hari itu.

Pada intinya, Karo SDM Denn Y Putro mengatakan, sumur bor tersebut telah dibangun pada 24 titik yang tersebar pada 16 kabupaten/kota di Sulsel. Dari sejumlah sumur bor tersebut 4 titik diantaranya ditempatkan di Makassar. Diantaranya, di Kelurahan Katimbang, Kelurahan Untia dan yang lainnya.

Denny Y Putro juga menyebutkan, kedalaman sumur bor tersebut bervariasi, ada 40-an meter, 80 meter hingga 120 meter. Dikatakan pembangunan sumur bor ini dilaksanaan atas kerjasama Biro SDM Polda Sulsel dan Siswa SIP Polri Angkatan ke-52, didukung pemerintah dan masyarakat setempat.

Sedangkan yang mewakili tokoh masyarakat Kelurahan Katimbang, Dr Muhaidir menyampaikan, Kelurahan Katimbang ini merupakan wilayah Kompleks Perumahan BTP Blok AF yang rata-rata bangunan perumahannya Type 21. Lokasinya paling di belakang dan berbatasan dengan Kabupaten Maros.

Dikatakan, air merupakan kebutuhan pokok yang terkait dengan mu'jizat nabi. Dicontohkannya riwayat tentang Nabi Nuh yang dapat membelah air dengan tongkatnya, Nabi Muhammad keluar air dari sela-sela jari tangannya dan yang lainnya.

"Wakaf sumur bor dari Polri ini sama dengan melanjutkan mu'jizat nabi, " ujar tokoh masyarakat itu diiringi aplaus hadirin.

Sementara Lurah Katimbang P. Muhammd Haedar Amir, S, STP yang ditemui pasca peresmian sumur bor menyebutkan, Kelurahan Katimbang berpenduduk lebih kurang 9.339 jiwa dan 500-an lebih kepala keluarga (KK). Sumur bor tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga RW 05 RT 06 dan sekitarnya.

Hadir dalam giat tersebut, Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol CH Patoppoi, Irwasda Kombes Pol Ai Afriandi, Karo SDM Kombes Pol Denny Y. Putro, Kabid Humas Kombes Pol Komang Suartana, Dirreskrimum Kombes Pol Jamaluddin Farti, dan PJU Polda Sulsel lainnya.

Selai itu hadir pula Walikota Makassar, Muhammad Ramadhan Pomanto, Kapolrestabes Makassar Kombesol Mokhamad Ngajib, Camat Biringkanaya, Lurah Katimbang, tokoh Agama dan tokoh masyarakat serta warga masyarakat Perumahan BTP Blok AF yang berada di kelurahan tersebut. (*).

Pènulis/Editor: ABDUL



Topik Terkait

Baca Juga :