Jaring Siswa Berbakat Sepak Bola, Askab PSSI kembali Gulirkan Liga Pelajar SMP


Atas: Sekda Sidrap H Basra mewakili Bupati Sidrap membuka Liga Sepak Bola Antarpelajar perebutan Piala Askab Sidrap 2023. Bawah: Tim sebagai peserta upacara pembukaan Liga Antarpelajar SMP. (Foto: Diskominfo Sidrap/ ).


NuansaBaru.ID, PANGKAJENE SIDRAP -- Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah H. Basra mengapresiasi pelaksanaan Liga Pelajar yang digelar Askab PSSI (Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Sidrap setiap tahun. Liga pelajar ini sebagai wadah menyalurkan minat dan bakat siswa khususnya di cabang sepak bola.


Demikian disampaikan Sekda Sidrap H Basra ketika membuka Liga Pelajar SMP dan sederajat tingkat Kabupaten Sidrap, di Stadion Ganggawa Pangkajene Sidrap, Sabtu, (23/9-2023).

Pembukaan liga dihadiri Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf. Andika Ari Prihantoro, Wakapolres Sidrap, Kompol M. Akib, Kasubid Penyidikan Kejari Sidrap, Adi, Camat Maritengngae, Andi Surya Praja Hadiningrat dan Kapolsek Maritengngae, Iptu H Alwi. Giat ini juga dihadiri para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan SMP (Kepala SMP) dan unsur lainnya.

Sekda Sidrap menambahkan, kegiatan ini sekaligus mempererat tali silaturahmi antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya. "Kami sangat berharap peserta dapat bermain dengan sportif dan jujur karena dengan sikap jujur dan sportif tentu akan membawa efek positif, " cetus Sekda Sidrap.

Seperti diketahui liga pelajar ini merupakan kalender tetap Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Sidrap untuk memantau siswa-siswa yang memiliki bakat di cabang sepak bola.



Ini, Piala Bergilir Askab Sidrap diserahkan Ketua Askab Sidrap Soetarmi DM kepada panitia untuk diperebutkan kembali. Tak sekedar perebutan piala, namun ajang pencarian pesepakbola muda berbakat untuk PS Nene' Mallomo dan persiapan Suratin Cup. (Foto: Diskominfo Sidrap/ ).

Rekruitmen 18 Pesepakbola Remaja
untuk PS Nene' Mallomo dan Suratin Cup


Kali ini, liga terbagi 4 (empat) wilayah atau bisa disebut zona. Wilayah I atau Zona I (Klub SMP atau sederajat di Kecamatan Maritengngae dan Watang Sidenreng), Wilayah ll (Kecamatan Pancalautang, Tellulimpoe dan Watangpulu), Wilayah IIl (Kecamatan Pancarijang, Baranti, Kulo), dan Wilayah IV (Kecamatan Duapitue, Pituriawa dan Pituriase)

Liga antarpelajar SMP ini akan berlangsung, mulai tanggal 3 s.d. 18 Oktober 2023, yang dimainkan di lapangan wilayah (zona) masing-masing dan finalnya di Stadion Ganggawa Pangkajene Sidrap. Dari Liga Pelajar Tingkat SMP ini, 18 siswa akan dipilih oleh tim pemantau bakat untuk direkrut masuk tim kelompok umur 12 dan 13 tahun yang akan dibina oleh Askab PSSI Sidrap.

Terkait dengan pelaksanaan Liga Pelajar SMP ini, Ketua Askab PSSI Sidrap, Soetarmi DM menyatakan liga itu merupakan ajang menjaring bibit-bibit pemain sepak bola yang dapat memperkuat tim sepak bola PS Nene' Mallomo (nama/julukan Klub PERSIDRAP) ke depan.

"Ini untuk mencari bibit muda untuk direkrut masuk PS Nene' Mallomo. Sekaligus untuk persiapan Piala Soeratin," ungkap Soetarmi.

Setelah pembukaan, piala bergilir Askab Sidrap Perwakilan Tim UPT SMP 1 Pangsid sebagai juara bertahan menyerahkan piala bergilir Askab Sidrap kepada Ketua Askab Sidrap.

Selanjutnya, Ketua Askab Sidrap Soetarmi DM menyerahkan piala bergilir tersebut kepada panitia untuk diperebutkan kembali. Hari itu, sebagai acara tambahan ada juga penyerahan piagam penghargaan kepada Tim GSI Sidrap yang keluar sebagai Juara 3 se-Sulsel. (*).


Suasana kemeriahan dan foto bersama Pembukaan Liga Palajar SMP di Stadion Ganggawa Pangkajene Sidrap. (Foto: Diskominfo Sidrap/)

Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :