Atasi Laju Inflasi dan Dampak El Nino, Pangdam Hasanuddin Sampaikan telah Bantu Pemda Kerja Integratif Nyata

Rakor Secara Virtual dengan Mendagri dan Mentan RI tentang Penanganan Inflasi dan Dampak El Nino



Gambar 1. Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso dan Forkopimda Sulsel lainnya di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel terlihat memberikan aplaus dan serius ikuti Rakor secara virtual tengang Pengendalian Laju Inflasi. (Foto: Pendam XIV/Hsn). 

NuansaBaru.ID, MaAKASSAR - Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., bersama sejumlah Forkopimda Sulsel mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Laju Inflasi.

Rakor yang diikuti secara virtual itu bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Kota Makassar. Senin, (18/9-2023). Selain Pangdam, rakor di Gubernuran tersebut juga diikuti oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M. Hum dan unsur Forkopimda Sulsel lainnya.

Seperti diketahui Rapat Koordinasi penanganan inflasi secara virtual digelar di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Drs. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D.

Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemerintah daerah dalam hal pengendalian inflasi di daerah. Sekaligus memberikan penghargaan pada daerah yang telah berkinerja baik dalam pengendalian inflasi, serta untuk memacu daerah-daerah lain agar semakin meningkatkan kinerjanya.

Selain Rakor yang dipimpin oleh Mendagri secara virtual, di tempat yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) RI Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., memberikan pengarahan mengenai dampak dan penanganan El Nino.

Pengarahan Mentan RI ini merupakan implementasi arahan dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, yang meminta untuk mengarahkan 6 (enam) provinsi utama untuk ketersediaan pangan, lebih khusus menghadapi El Nino.

Terkait dengan Rakor secara virtual yang dihadiri 2 menteri ini, orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok menyambut baik dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini. 



Gambar 2.



Gambar 3.

Keterangan: Gambar 2 dan 3, suasana lain dengan gairah dalam Rakor secara virtual tentang Penaganan Iflasi di Gubernuran Sulsel, yang diikuti para Forkopimda Sulsel dan unsur lainnya. (Foto-foto: Pendam XIV/Hsn).
.
Kodam Tunjukkan Aksi Nyata 
Manfaatkan Lahan Tidur

Kodam XIV/Hsn V/Hasanuddin telah membantu Pemda (Pemprov Sulsel) dengan kerja integratif nyata di lapangan atasi laju Inflasi dan dampak El Nino. Mengingat, saat ini terjadinya perubahan iklim dan kekeringan yang ekstrem. Sehingga diperdiksi akan menyebabkan menurunnya produksi pertaninan dan ketersediaan pangan secara global maupun nasional.

Menindaklanjuti hal tersebut, jajaran Kodam XIV/Hasanuddin di bawah kepemimpinan Mayjen Totok, mantan Danpusenarmed ini, telah melakukan langkah dan bekerja keras dalam menghadapi ancaman yang ada. Salah satunya dengan pemanfaatan lahan tidur yang digunakan sebagai lahan pertanian dan pemanfaatan tanaman polybag sebagai strategi dalam pengendalian inflasi daerah.

Hal ini tidak lain sebagai wujud dukungan Pangdam Hasanuddin untuk bersama-sama menyukseskan program pemerintah daerah dan pemerintah pusat, sehingga diharapkan dapat menekan laju inflasi dan menghidari terjadinya kelangkaan pangan. (*).

Pènulis: M. BASIR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Topik Terkait

Baca Juga :