Ini, di Kota Parepare. Panik tak Pakai Helm, Terobos Polantas. Anehya, tidak Ditilang, Malah Kapolres Berikan Helm Gratis

Momen Kampanye Keselamatan Berlalulintas Rangkaian Operasi Zebra Pallawa 2023 di Wilayah Hukum Polres Parepare 



Kapolres Parepare Arman Muis, pasangkan helm gratis standard SNI kepada pengendara yang tak pakai helm (Foto: Humas Polres Parepare)
  


NuansaBaru.ID, PAREPAREPARE -- Operasi Zebra Pallawa 2023 kini tengah dilaksanakan serentàk seluruh Indonesia. Termasuk Polda Sulsel dan Polres Jajàran. Ada satu momen aneh yang terjadi dalam rangkaian operasi tersebut dI lingkup Polres Parepare sebagai Polres jajaran Polda Sulsel. 

Momen apakah itu? Jawabannya, hari itu, seorang lelaki pengendara sepeda motor mengendarai motornya menyusuri jalan di Kota Parepare. Entah sengaja atau karena terpaksa, orangnya hanya pakai songkok alias tidak pakai helm pengaman.

Tak disangka, tiba-tiba saja jalur di depannya terlihat ramai dan banyak petugas polisi lalu lintas (polantas). Repotnya, kondisi tersebut sudah begitu dekat dan tak ada lagi jalan alternatif untuk menghindar. Serta-merta pengendara motor tersebut jadi panik.

Dalam keadaan panik, ia memberanikan diri untuk menerobos jalur itu. Di benaknya boleh jadi terbayangkan bahwa, "Kalau ditangkap atau ditilang, apa boleh buat". Demikian lebih-kurang yang dialami pengendara motor itu dan juga sejumlah pengendara lainnya.

Kenyataannya, memang pengendara itu dihentikan petugas. Informasi dari Seksi Humas Polres Parepare menyebutkan, terlihat tak sedikit pengendara sepeda motor ragu, bahkan panik saat melintas di jalan tersebut melihat petugas lalulintas melakukan sosialisasi.

Namun demikian, terlihat panik para pengendara yang melintas di jalan itu tetap menerobos petugas yang sedang membagikan brosur. Salah seorang pengendara sepeda motor dihentikan kendaraannya oleh petugas saat melintas di jalan tersebut karena tidak menggunakan helm. Namun, hanya menggunakan songkok atau peci di kepalanya.

"Bukannya ditilang karena tidak menggunakan helm, malahan polisi memberikan helm ber-SNI kepada si pengendara sepeda motor tersebut, secara gratis," tulis Sihumas Polres Parepare.

Rupanya, hari itu, Rabu, (6/9-2023), dilaksanakan Sosialisasi dan Kampanye Keselamatan Berlalulintas di Jalan Raya. Kegiatan tersebut digelar di Jalan Bau Masse. Tepatnya, di pelataran Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun, Kelurahan Mallusetasi Kecamatan Ujung Kota Parepare.

Dalam kegiatan itu, polisi melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas dengan cara membagikan brosur dan stiker yang berisi imbauan dan 7 (tujuh) prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra 2023.




Kapolres Parepare AKBP Arman Muis didampingi Kasatlantas AKP Adnan Leppang dan unsur terkait dalam suasana Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas rangkaian Operasi Zebra Pallawa 2023. (Foto: Humas Polres Parepare).

Kapolres Parepare: Ciptakan Kamseltibcarlantas Menuju Pemilu Damai 2024

Operasi Zebra Pallawa 2023 di wilayah hukum Polres Parepare saat memasuki hari ketiga pasca dimulainya operasi tersebut, telah membuat kejutan tersendiri dengan melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas di jalan raya.


Dengan kampanye keselamatan ini telah dilaksanakan bagi-bagi brosur keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan memasangkan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara yang tidak menggunakan helm.

Giat tersebut dihadiri langsung Kapolres Parepare AKBP Arman Muis dan Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Adnan Leppang, Selan itu, turut hadir, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Parepare, Kepala Samsat Parepare, Dandenpom XIV/2 Parepare, Pimcab Bank Sulselbar dan unsur lainnya.

Serangkaian dengan itu Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis mengatakan, tujuan dari Operasi Zebra Pallawa 2023 ini dilakukan, guna menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024.

“Tujuan Operasi Zebra Pallawa 2023, adalah untuk menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas, kemudian mencegah fatalitas angka kecelakaan, khususnya korban MD (meninggal dunia) setiap ada kejadian,” kata Arman Muis kepada awak media usai kegiatan.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Adnan Leppang, mengemukakan, kegiatan kampanye keselamatan dengan menggandeng pihak terkait. Seperti Jasa Raharja sebagai salah satu mitra Polri dalam hal pemberian santunan kepada korban kecelakaan lalulintas.

Kasatlantas yang relatif baru ditugasi memimpin Satuan Lalu Lintas Polres di Kota Cinta Habibie-Ainun
ini mengimbau kepada masyarakat, semoga dengan melalui kegiatan ini agar senantiasa tertib berlalulintas di jalan raya atau pun jalan umum.

“Jadi kegiatan kampanye keselamatan berlalulintas, adalah program kami di Satlantas Polres Parepare, dalam rangka Operasi Zebra Pallawa 2023. Dengan tujuan untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas, kemudian mencegah meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, khususnya pengendara sepeda motor. Dalam operasi zebra tahun ini tetap kita mengedepankan pelayanan yang preventif dan humanis,”jelas Adnan.

Selain memberikan helm gratis, kepada pengendara sepeda motor, petugas juga men-sosialisasikan 7 (tujuh.) prioritas pelanggaran lalulintas selama Operasi Zebra Pallawa 2023. Kegiatan ini akan terus dilanjutkan selama operasi berlangsung hingga 17 September mendatang. (*)


Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Topik Terkait

Baca Juga :