Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peran Strategis Komunitas Relawan PMI Tingkatkan Peran dan Integritas Berorganisasi

Minggu, 06 Agustus 2023 | 12:20 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-07T13:57:24Z

Wakili Pangdam XIV/Hasanuddin, 

Kapoksahli Pangdam Beri Pembekalan Kawan PMI



Kiri: Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn ketika memberikan pembekalan kepada Kawan PMI, dan kanan: hadirin dan massa Kawan PMI berbaur akrab. (Foto: Pendam/Hsn). 

NuansaBaru.ID, MAKASSAR -- Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Heri Sutrisma, S.H., M.A., mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin menghadiri Pengukuhan dan Pembekalan Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (Kawan PMI), bertempat di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Makassar. Sabtu (5/8-2023). 

Pengukuhan dan Pembekalan Kawan PMI ini merupakan inisiasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sebagai wadah kolaborasi antarmitra perlindungan PMI dan masyarakat serta komitmen pemerintah yang melibatkan publik dalam pembangunan untuk mempermudah akses pelayanan penempatan dan perlindungan.

Dalam paparan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., yang disampaikan oleh Kapoksahli bertemakan "Peran Strategis Komunitas Relawan (Kawan PMI)".



Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Heri Sutrisna (tengah) dan Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi (paling kiri) dan pejabat lainnya dalam sesi foto bersama dalam suasana Pembekalan Kawan PMI (Foto: Pendam/Hsn)  
Purna PMI di Indonesia 
Capai 700 Ribu Orang 

Kapoksahli Pangdam, Brigjen TNI Heri Sutrisna menjelaskan bahwa fungsi BP2MI adalah sebagai pengawasan pelaksanaan pelayanan jaminan sosial serta pengusulan pencabutan dan perpanjangan surat izin perusahaan penempatan PMI kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan terhadap perusahaan penempatan yang dibantu oleh PMI.

Lebih lanjut dikatakan, Kawan PMI ini merupakan organisasi yang membantu BP2MI yang dikukuhkan di Bandung Sabtu lalu, oleh Kepala BP2MI, Benny Rhamdani. Purna PMI di Indonesia mencapai 700.000 orang, Wilayah Sulsel sekitar 20.000 orang (2,8%), Sultra 7000 orang (1%) serta kepengurusan yang akan dilantik dari Prov. Sulsel, Sultra dan Sulut.

Pangdam berharap dengan adanya pengukuhan dan pembekalan ini dapat meningkatkan peran Komunitas Relawan (Kawan) PMI serta menjaga integritas dalam berorganisasi dan memelihara networking dengan stakeholder instansi lain dalam pembinaan purna PMI maupun calon PMI. (*).

Referensi: Pendam XIV/Hsn

Edutor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update