Mapolda Sulsel Terus Benahi Fasilitas, Kapolda Sulsel Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Syuhada

Di Area Mapolda juga Diagendakan Bangun Kolam Renang, Helipad dan Renovasi Aula Mappaoddang



Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Syuhada Mapolda didampingi Wakapolda, PJU Polda Sulsel dan pejabat Pemprov Sulsel. (Foto: Bidhumas Polda Sulsel). 

NuansaBaru.ID, MAKASSAR, Markas Komando Kepolisian Daerah Kepolisian Sulawesi Selatan (Mapolda Sulsel) terus berbenah meningkatkan fasilitasnya (sarana dan prasarana). Mulai dari pembangunan masjid yang lebih layak untuk menampung jamaah yang kian meningkat jumlahnya, termasuk akan dibangun juga kolam renang, helipad dan renovasi Aula Mappaodang.


Peningkatan fasilitas tersebut ditandai dengan pelaksanaan Peletakan Batu Pertama Masjid Syuhada 45 oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum, yang berlokasi di area Mapolda Sulsel, Rabu (09/8-2023).


Dalam giat itu, Kapolda Sulsel didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. CH. Patoppoi, S.St.M.K., S.H., Pejabat Pemprov Sulsel, para PJU (Pejabat Utama) Polda Sulsel dan hadirin lainnya.

Masjid Syuhada Mapolda Sulsel dibangun di atas lahan seluas 24 meter X 47,8 meter persegi. Tak disebutkan berapa biaya yang akan digunakan untuk pembangunan sarana ibadah tersebut. Yang disebutkan dana yang akan digunakan untuk pembangunan Masjid Syuhada merupakan bantuan dana hibah dari Pemprov Sulsel T.A. 2023.

Masih terkait dengan pembangunan masjid Syuhada 45, diinformasikan bahwa selama ini sejatinya Masjid Syuhada 45 telah ada dan difungsikan. Letaknya, di sekitar sisi kanan jalur bagian Timur Mapolda.

Namun kondisinya dianggap sudah tidak mampu menampung peningkatan jumlah jamaah sehingga terkadang sebagian jamaah harus rela berada di area tambahan atau bagian pelataran masjid.


Kiri: Kapolda Sulsel, Wakapolda dan PJU Polda Sulsel dan unsur pejabat Pemprov Sulsel dalam suasana peletakan batu pertama Masjid Syuhada. Kanan: Kapolda Sulsel berikan arahan. (Foto: Bidhumas Polda Sulsel).

Pembangunan Masjid Diharapkan Tingkatkan Ibadah dan Ketaqwaan Personel 

Peletakan batu pertama masjid Syuhada oleh Kapolda Sulsel diharapkan dapat menjawab permasalahan itu. Di samping ukuran dan areanya lebih luas, letaknya juga lebih strategis karena aksesnya relatif lebih dekat dari Jalan Perintis Kemerdekaan, jalan poros depan Mapolda Sulsel.

Jelasnya, Masjid Syuhada yang diletakkan batu pertamanya oleh Irjen Setyo Boedi, terletak di area Taman Lantas, bagian sisi kanan jalur sisi Barat Mapolda Sulsel atau bersebelahan dengan Gedung Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel. Ukurannya, seperti telah disebutkan, dibangun di atas lahan seluas 24 meter X 47,8 meter (persegi).

Dengan dibangunanya sarana ibadah yang lebih layak ini,  Kapolda Sulsel berharap, pembangunannya dapat berjalan lancar dan sesuai rencana. Selain itu Setyo Boedi juga berharap fasilitas ibadah ini dapat meningkatkan ibadah dan ketaqwaan para personel Polda Sulsel kepada Allah SWT dan menjadikan Polda Sulsel yang religius.

"Selain itu, juga agar dapat memenuhi daya tampung jamaah Masjid Polda Sulsel, baik dari personil Polri maupun masyarakat umum yang semakin meningkat, "jelas Kapolda Sulsel.

Selanjutnya, selain pembangunan masjid Polda Sulsel, juga akan dibangun sarana lainnya. Diantaranya, kolam renang, helipad dan renovasi Aula Mappaodang. (*)


Sesi foto bersama Kapolda Sulsel, Wakapolda, Pejabat Pemprov Sulsel dan PJU Polda Sulsel (Foto: Bidhumas Polda Sulsel).

Penulis: M. BASIR

Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Topik Terkait

Baca Juga :