Kalah 1-2 dari Persik yang Cetak 2 Gol Selang 2 Menit, PSM Dapat Peringatan Dini 2 Kali Tumbang di Kandang

Mulai Menggejala Stadion GBH 

tidak Angker lagi Bagi Tim Tamu 


Kenzo Nambu, pemain PSM berebut bola demgan pemain Persik Kediri. (Foto: Ist./Tempo.co)

NuansaBaru.ID, PAREPARE - Perjalanan memang masih panjang, namun kekalahan PSM Makassar vs Persik Kediri 1-2 di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Kota Parepare dinilai sebagai peringatan dini di awal-awal kompetisi bagi Pasukan Ramang untuk berbenah dan berbenah.

Catatan ironisnya, 2 kali keok di kandang -:kalah 1-2 dari Dewa United pekan ke-3 dan kalah lagi dari Persik Kediri pekan ke-6 - juga dinilai pertanda buruk yang menggejalakan bahwa Sadion GBH mulai tidak angker bagi tim tamu dan skuad PSM juga tak menunjukkan taring yang jantan (garang) di kandang seperti kompetisi silam.

Di mana letak celahnya, sehingga isyarat kewaspadaan ini menyelimuti kubu juara bertahan di awal musim? Tentu ini menjadi PR pelatih Bernardo Tavares dan managemen untuk bergerak cepat untuk mengevaluasi tim sebelum terlambat.

Harapan suporter dan pendukung setia PSM, Laskar Ayam Jantan dari Timur, julukan kesatria tim ini, segera bangkit untuk menunjukkan tajinya menjadi tim yang sulit ditaklukkan dan mampu mengungguli siapa pun lawannya, baik di laga kandang maupun tandang.

Sebagai juara bertahan BRI Liga 1 Musim 2022/2023, tanpa target pun dari managemen, idealnya harus mampu kembali bersaing memperebutkan tropy, paling tidak tetap bersaing di papan atas kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia Liga 1 ini.

Sekilas dari laga pekan ke-6 BRI Liga 1 periode 2023/2024, di Stadion GBH, Kamis, (3/8/-2023), kick off pukul 15.30 WIB, cukup membuat suporter PSM di stadion dan pendukung yang menyaksikan lewat layar kaca, labil adrenalinnya.

Skornya 1-2, gol diciptakan Yuran Fernandes (bek PSM) menit ke-27 membuat PSM lebih duluan unggul 1-0 sehingga pendukung awalnya lega hingga turun minum. Bahkan memasuki babak kedua hingga menit ke-50, skor tetap bertahan PSM unggul 1-0.


Grafis 2 Pilar PSM Makassar dan 2 Pilar Persik Kediri (Foto: Screen Shoot Video.com). 

PSM Kesulitan Buat Gol Tambahan

Begitu memasuki menit ke-52 di babak kedua, tim asuhan pelatih Marcelo Rospide, membuat kejutan memafaatkan celah dan kesalahan pemain PSM, Krisna Bayu Otto membobol gawang PSM menit ke-52. Lebih mengejutkan lagi, hanya sekira 2 menit kemudian, gawang PSM yang kali ini dikawal Muh Ardiansyah kembali jebol.

Kali in, gol dikemas oleh pemain Persik, Jefinho menit ke-54. Praktis, Persik Kediri yang dimotori Yohanes Pahabol dan kawan-kawan berbalik unggul 2-1. Serta-merta pendukung PSM mulai tegang dan terpacu adrenalinnya. Kendati demikian suporter tuan rumah tak henti-hentinya meneriakkan yel-eyel Ewako PSM, menyemangati tim kesayangannya.

Apalagi, waktu masih relatif panjang lebih dari 30-an menit lagi dan PSM masih berpeluang untuk membuat gol tambahan. Sementara skuad Persik yang tengah
unggul terlihat berupaya memperketat pertahanan untuk memblokir gempuran PSM.

Bahkan di akhir-akhir laga, serangan PSM yang masif dan sering mengurung pertahanan Persik, sehingga banyak terjadi pelanggaran yang berbuah kartu kuning. Meski demikian, hingga waktu normal 90 menit plus additional time 5 menit, skor tetap bertahan. PSM takluk 1-2 alias Persik Kediri membungkam PSM di kandangnya dengan skor kemenangan tipis 2-1.

Dari hasil laga pekan ke-6 Liga 1 ini, beruntung PSM yang berada di posisi ke-8 pekan ke-5 justru bisa naik ke posisi ke-6 klasemen karena unggul gol pemasukan dari 3 tim yang sama-sama mengoleksi 8 poin.

Dalam hal ini pemasukan gol PSM 8, sedangkan Borneo FC posisi ke-7 dan Persis posisi ke-8 dengan gol pemasukan masizng-masing 7 dan Ranz Nusantara di posisi ke-9 yang baru memasukkan 6 gol.

Sementara Persik Kediri yang berhasil meraih 3 poin, dari posisi ke-18 dengan poin 4, kini mengoleksi 7 poin dan merangsek ke posisi 12 klasemen sementara.

Nah, apakah kondisi PSM ini karena kiper utama PSM Reza Arya Pratama tidak turun dan juga striker utama Everton Nascimento juga tidak turun? Mungkin saja, itu salah satu biangnya. Namun, kalau berkaca di musim lalu, walaunpun 2 hingga 3 pilar utama tidak turun, PSM tetap superior karena Juku Eja musim lalu dinilai punya skuad pelapis yang kualitasnya nyaris merata di semua lini. (*)

Susunan Pemain PSM Makassar Vs Persik Kediri

PSM Makassar:

Muh Ardiansyah; Erwin Gutawa (Donald Bissa 83'), Yuran Fernandes, Safrudin Tahar (Victor Dethan 46'); Yance Sayuri, Akbar Tanjung, M Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama 77'); Wiljan Pluim, Ricky Pratama (Adilson Silva 54').

Pelatih: Bernardo Tavares
Formasi: (3-5-2)


Persik Kediri:

Dikri Yusron; Hamra Hehanusa, Anderson Nascimento, Yusuf Meilana; Bayu Otto (Adi Eko Jayanto 73'), Rohit Chand, Agil Munawar (Vava Mario 46'), Supriadi (Faris Aditama 46'); Yohanes Pahabol (46'), Jefinho (Mohammad Khanafi 65'), Flavio Silva

Pelatih: Marcelo Rospide
Formasi: (3-4-3)


Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :