Pangdam Hasanuddin Serahkan Ribuan Paket Bansos di Bantaran Sungai Jeneberang Tamalate Makassar

Kodam XIV/Hasanuddin Salurkan 8.970

 Paket Bansos dan Bankes di 5 Titik, 

Makassar, Gowa, Bone, Mamuju dan Kendari



Atas: Pangdam Hasanuddin melambaikan tangan menyapa akrab luapan warga. Bawah: Antusias masyarakat termasuk Punrnawirawan TNI-Polri memadati tempat yang disedikan. (Foto: Pendam XIV/Hsn) 

NuansaBaru.ID, MAKASSAR -- Institusi TNI dan Polri terus menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat kurang mampu. Terbukti, kali ini, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) menyerahkan ribuan paket bantuan dalam kegiatan Bhakti Sosial dan Bhakti Kesehatan.

Pemberian bantuan sosial (bansos) dan batuan kesehatan (bankes) itu dipusatkan di lokasi yang natural dan memasyarakat. Jelasnya di Jalan Malengkeri 3, tepat di bantaran Sungai Jeneberang Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, (26/8-2023).

Untuk diketahui, Sungai Jeneberang merupakan salah satu sungai terkenal di Sulsel. Sungai yang berhulu di Gunung Bawakaraeng dan juga Gunung Lombobattang ini aliran airnya bermuara di Selat Makassar. Panjang aliran sungai ini tercatat 75 hingga 80-an kilometer.

Dipilihnya lokasi tersebut Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok punya alasan tersendiri untuk menunjukkan bahwa pejabat selayaknya tidak perlu sombong. 

"Lokasinya sengaja saya pilih di sini, biar kita tidak sombong, biar kita sadar, jangan di gedung-gedung mewah ber-AC, bapak-bapak panas keringat, saya juga keringatan, " kata Pangdam XIV/Hsn ketika itu. 

Bantuan yang diserahkan Pangdam di Bantaran Sungai Jeneberang hari itu merupakan bentuk kepedulian petinggi alumni AKABRI Angkatan 1989 (sekarang namanya AKMIL) yang berkolaborasi dengan alumni AKPOL. Dalam hal ini, kolaborasi antara 4 matra, TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri (AKPOL). 

Di bantaran Sungai Jeneberang, tak jauh dari Kampus UNM Parangtambung, terlihat ribuan masyarakat antusias merespons giat baksos Kodam XIV/Hsn tersebut. Di lokasi, selain Pangdam terlihat hadir para PJU Kodam XIV/Hsn dan juga PJU Polda yang mewakili Kapolda Sulsel serta pejabat lainnya. 


I

Pangdam XIV/Hsn didampingi pejabat TNI dan juga Pejabat Polri duduk di meja utama. (Foto: Pendam XIV/Hsn). 

,
Baca juga: Dalam Vicon Baksos dan Bakkes, Panglima TNI Didampingi Kapolri Sampaikan Terima Kasih ke Pangdam XIV/Hasanuddin  

Mayjen Totok Mohon Doa Restu
Semoga Sisa Pengabdiannya Berguna

Sejatinya, hari itu kegiatan pemberian bansos dan bankes dilakukan serentak seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut dipusatkan di Tasjkmalaya Jawa Barat yang dipimpin langsung Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Taglinenya, "Tali Kasih Pengabdian TNI-Polri Tiada Henti untuk Indonesia Maju". Termasuk di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin (Sulsel, Sul0bar dan Sultra). Sedangkan Video Confrence Panglima TNI dan Kapolri tersebut disiarkan secara virtual ke seluruh wilayah Kodam se-Indonesia.

Di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin baksos dilakukan pada 5 (lima) titik (tempat). Jelasnya, Malengkeri Makassar, Pakkatto Gowa, Watangpone Bone, Mamuju Sulbar dan Kendari Sultra.

DIperoleh informasi Pangdam Hasanuddin Mayjen Totok hari itu menyerahkan bansos sebanyak 2.770 paket dan totalnya seluruh wilayah Kodam XIV/Hsn sebanyak 8.970 paket bansos.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di lokasi baksos menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan bakti dari alumni AKABRI dan Polri (AKPOL) Angkatan Tahun 1989. Mayjen Totok menyebutkan, kegiatan ini dipusatkan di Jawa Barat.

Diungkapkan penerima bansos itu meliputi, warga miskin (kurang mampu), anak-anak Panti Asuhan, penderita stunting, tukang becak, pemulung, veteran dan istri purnawirawan TNI-Polri.

"Alhamdullilah, untuk Kodam Hasanuddin kita gelar di lima titik, yakni di Pakatto Gowa, Makassar, Mamuju Sulbar, Bone dan Kendari," sebut Mayjen Totok.

"Dengan sedikit bantuan ini, sangat berharap akan mampu dan membuat senang dan membangkitkan rasa bahagia di kalangan masyarakat, rasa percaya diri masyarakat terhadap lingkungan dan TNI semakin dicintai rakyat,” kilahnya menambahkan.

Mayjen Totok berbarap semoga bantuan ini meringankan beban masyarakat dan sebagai alumni Angkatan 89, ia juga mohon doa restu mudah-mudahan sisa pengabdiannya bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tak bisa dipungkiri, dari raut wajah masyarakat penerima bansos hari itu terpancar rasa haru dan ceria. Mereka bisa bertemu langsung dan berbaur dengan orang nomor satunya Kodam XIV/Hasanuddin, para pejabat Kodam dan juga ada pejabat Polri dengan damai, sambil mereka menerima bantuan. (*).



Gambar ini menunjukkan betapa mereka (masyarakat) secara spontan bersujud sebagai tanda haru di hadapan Pangdam (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL).  

Penulis: SUCI SRI WAHYUNI

Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :