Sambut Komisi I DPR RI Pangdam XIV/Hasanuddin Tampilkan Hikmah Kdi di Bantimurung

Pangdam juga Lakukan Giat Naik Sepeda 

Bersama dan Penanaman Ebony



Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dalam suasana penyambutan Pimpinan Komisi I DPR RI H Abdul Kharis Almashari dan rombongan, hari pertama di Makodam XIV/Hasanuddin. (Foto: Dok. Pengdam/Istimewa). 

NuansaBaru.ID, BANTIMURUNG MAROS - Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P, S.Sos, M.Tr (Han), dengan serangkaian kegiatan, menyambut Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dr. H. Abdul Kharis Almashari dan rombongan. Sambutan (acara) puncaknya, di Taman Wisata Alam Bantimurung Kabupaten Maros, Sulsel.

Seperti diketahui, Komisi I DPR RI, lingkup tugasnya membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Kunjungan kerja Komisi I DPR RI yang dipimpin Abdul Kharis Almasyhari, bertujuan untuk memantau dan melihat dari dekat tentang kesiapan Pengamanan Kodam XIV/Hasanuddin menghadapi Pemilu 2024.

Komisi I DPR RI diterima oleh Pangdam XIV/Hasanuddin dan para PJU Kodam XIV Hasanuddin di Makodam, Senin, (17/7-2023). Pada kesempatan itu, Komisi I DPR RI meninjau kesiapan personel dan alutsista Kodam XIV/Hasanuddin, terkait dengan kesiapan mendukung pengamanan Pemilu 2024.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga meninjau program ketahanan pangan, tanaman hidroponik, bioflok, peresmian 30 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahap IV dan penyerahan kunci rumah serta launching slogan Pemilu Damai "Rukun Guyub" untuk NKRI, yang merupakan inovasi Mayjen Totok dalam mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai. 

Selanjutnya, Selasa, (18/7-2023), pagi hari, Pangdam Mayjen Totok bersama PJU Kodam XIV/ Hasanuddin dan rombongan beserta Pimpinan Komisi I DPRI memulai kegiatan dengan melakukan olahraga bersepeda.

Start di Makassar sekira pukul 06.30 Wita menuju Maros dan tiba di Taman Wisata Bantimurung Maros sekira pukul 09.00 Wita. Setelah sebelumnya juga melakukan penanaman Ebony.

Sebagai rangkaian penyambutan terakhir Komisi I DPR RI digelar di Bantimurung, taman wisata yang menjadi salah satu ikon Sulsel itu. Di lokasi tersebut ditampilkan hiburan musik yang didukung Hasanuddin Band (Grup Band Kodam XIV/Hasanuddin), Masugi Project dengan Bintang Tamu Hikmah Kdi.

Dalam kegiatan ini, Pangdam XIV/Hasanuddin didampingi Kasdam, Brigjen TNI Muh Syeh Ismet, Irdam, Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, Kapoks Ahli, Brigjen TNI Heri Sutrisma dan jajaran PJU Kodam XIV/ Hasanuddin.

Selain itu, sebagai tuan rumah nampak juga Dandim 1422 Maros Lelkol Inf Muhammad Hujairin, M.Si (Han) serta jajaran personel dari Kodam XIV/Hasanuddin berbaur dengan personil Kodim 1422 Maros.


Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso didampingi PJU Kodam XIV/Hasanuddin dan juga Dandim 1422 Maros foto bersama dengan bintang tamu pendukung acara Hikmah Kdi dan tim, hari kedua penyambutan Komisi I DPR RI di Taman Wisata Bantimurung Maros, Sulsel. (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL)

Komisi I DPR RI Akui Kodam XIV/Hasanuddin, Kodam Paling Siap Menuju Pemilu 2024

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dr Abdul Kharis Almashari dalam arahannya menyatakan sangat senang dan bangga dengan sambutan dari Pangdam XIV/Hasanuddin dan jajarannya. Unsur pimpinan Komisi I DPR RI itu mengungkapkan, bahwa ia telah tiga kali bertemu dengan sosok yang sekarang Pangdam XIV/Hasanuddin.

Maksudnya, ketika beliau (Totok Imam Santoso) menjadi Gubernur AKMIL (Akademi Militer) di Magelang dan ketika menjadi Dosen Armed di Bandung dan sekarang Pangdam XIV/Hasanuddin.

Unsur Pimpinan Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS itu mengatakan, kehadirannya kali ini dalam rangka memantau kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 Kodam XIV/Hasanuddin.

Diakuinya, diantara 7 Kodam yang telah dipantau kesiapan pengamanannya, maka yang paling siap adalah Kodam XIV/Hasanuddin. Indikasi kesiapan itu, menurut Pimpinan Komisi I DPR R I dilihat dari pendataan yang sangat mendetail.

"Dari 7 Kodam yang telah dipantau kesiapan pengamanannya, maka yang paling siap Kodam XIV/Hasanuddin," ujarnya diiringi aplaus hadirin.

"Pangdam itu suka mengadakan kegiatan yang menyenangkan. Beruntung punya Pangdam seperti beliau," imbuh Kharis Almashari memuji. 

Sehari sebelumnya, Pimpinan Komisi I DPR I ketika ditanya awak media tentang kepemimpinan Pangdam, mengatakan Kodam XIV/Hasanuddin termasuk salah satu Kodam paling bagus saat ini.

"Kodam XIV/Hasanuddin cukup banyak memiliki kegiatan yang penuh inovasi, terobosan baru dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat maupun prajuritnya sendiri, " jelasnya.

Oleh karena itu, dengan sambutan yang sangat meriah bagi Komisi I DPR RI dan rombongan, pimpinan Komisi I DPR RI itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pangdam XIV/Hasanuddin dan jajarannya.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dalam testimoni singkatnya di Bantimurung menyatakan terima kasih dan menyambut baik atas kunjungan Pimpinan Komisi I DPR RI dan rombongan ke Kodam XIV/Hasanuddin. Pangdam mengakui ketika ada usul yang akan diajukan ke DPR RI, jalurnya tentu melalui Komisi I.

"Semoga sehat-sehat, sukses dan terpilih kembali, " ujar Pangdam. 


Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Iman Santoso tampil bawakan lagu Ikan Dalam Kolam, didampingi Hikmah Kdi dan pendukung pentas lainnya sembari bagikan saweran. (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL).  

Pangdam Tampil Bawakan
Lagu dan Bagikan Saweran


Begitu tiba di Taman Wisata Bantimurung, di hadapan Pangdam dan Pimpinan Komisi I DPR RI beserta para PJU Kodam XIV/Hasanuddin, Hikmah Kdi tampil membawakan beberapa buah lagu.

Selain mengusung lagu berirama dangdut, penyanyi multi telent itu juga membawakan lagu ber-genre pop yang tren saat ini. Diantaranya, lagu berjudul Komang, Tak Segampang itu, Kopi Dangdut dan yang lainnya.

Puncak kemeriahan ketika Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok sendiri tampil menyumbangkan suaranya. Diantaranya membawakan lagu, Ikan Dalam Kolam. Dalam membawakan lagunya, diiringi Hasanuddin Band, Mayjen Totok didampingi Hikmah Kdi, penyanyi Masugi Project, dan ibu-ibu dari Kowad di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin.

Yang membuat suasana semakin meriah, sementara serunya lantunan musik, Pangdam membagi-bagikan saweran kepada para pendukung acara yang mendampinginya saat itu. Kegembiraan, keceriaan serta rasa aman dan damai mengakhiri rangkaian kegiatan hari itu. (*)

Penulis: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :