Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu 2024 di Swiss-BelI Hotel Makassar

Kamis, 27 Juli 2023 | 20:17 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-27T15:57:33Z

 Pers Jalankan Peran Edukasi Ajak Masyarakat Berperan Awasi Pemilu



Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu, S.H., M.H. (Foto: Dok, Dewan Pers)

NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Dewan Pers mengadakan Workshop Peliputan Pemilu tahun 2024. Berdasarkan Surat Undangan Dewan Pers workshop dilaksanakan sehari di Swiss-Bell Hotel, Jln Ujung Pandang No. 8, Makassar, Sulawesi Selatan, Jum'at, (28/7-2023).

Surat Undangan Dewan Pers tertanggal 18 Juli 2023, Nomor: 830/DP/K/VII/2023, ditandatangani Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu. Dalam workshop peliputan pemilu ini Dewan Pers mengundang lebih dari 50-an peserta sebagai perwakilan dari media cetak, media elektronik dan media siber (media online) di Sulsel.

Diantaranya, dari TVRI Makassar, LPP RRI Makassar, LKBN Antara, Pimred MNC, kontributor TV Swasta seperti ANTV, SCTV, Indondosiar dan yang lainnya. Selain itu juga diundang sejumlah pimred media seperti Pimred Harian FAJAR, Tribun Timur, Rakyat Sulsel, dan sebagainya. Termasuk Pimred mediaonline seperti Parepos.co,id, Bukamatanews.co.id, Wajoterkini.com, Teraskata.com, dan yang lainnya. 
  

Sedangkan narasumber kompeten yang dihadirkan akan membawakan materi yang terkait dengan pemilu. Jelasnya, Yadi H. Hendriana dari Dewan Pers, Ketua KPU Prov Sulsel Hasbullah, Ketua Bawaslu Prov Sulsel Mardiana Rusli, Ketua KPID Sulsel Irwan Ade Saputra dan Krisna Adhi Pradipta dari Tempo.

Apa makna dan tujuan Dewan Pers
mengadakan Workshop Peliputan Pemilu?

Mengutip argumen Dewan Pers dalam suratnya menyebutkan, penetrasi pemberitaan terkait pemilu, baik media cetak, media elektronik serta media siber lebih terasa di masyarakat karena menghadirkan kemasan yang beragam.

Pers menjalankan peran edukasi melalui informasi yang proporsional tentang pemilu, sehingga masyarakat dapat diajak untuk berperan serta mengawasi tahapan persiapan pelaksanaan pemilu, penyelenggaraan pemilu, termasuk peserta pemilu nantinya.

Interaksi masyarakat dalam pemberitaan pemilu oleh pers juga akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan persiapan jelang pemilu.

Sehubungam dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas peliputan media cetak dan media elektronik serta media siber terhadap pemilu/pilkada 2024, Dewan Pers mengadakan Workshop Peliputan Pemilu Tahun 2024 di Sulsel ini. (*).

Penulis/Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update