Gelar Konferensi Pers Kapolda Sulsel Himbau Masyarakat Tertib Berkendara dan Taat Aturan


Operasi Patuh 2023: 10.909 Diberi Sanksi Teguran, 1448 Tilang Manual dan 408 Tilang Elektronik


Kapolda Sulsel Irjen Pol Setya Boedi Moeopoeni Harso beri keterangan pers kepada awak media tentang hasil Operasi Patuh Pallawa 2023. (Foto: Bidhumas Polda Sulsel).

NuansaBaru.ID, MAKASSAR – Selama pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa 2023 di wilayah hukum Polda Sulsel, sebanyak 10.909 pengendara diberikan sanksi teguran, 1.448 ditilang manual dan 408 ditilang elektronik. Ironisnya, selama operasi terjadi 213 lakalantas yang menelan korban meninggal dunia 22 orang, luka berat 23 orang dan luka ringan 264 orang.

Data riil tersebut mengemuka dari Pemaparan Press Release Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M. Hum. Konferensi Pers tentang hasil Operasi Patuh Pallawa 2023 itu berlangsung di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel, Senin, (24/7-2023).

Dalam giat (baca: kegiatan) ini Kapolda Sulsel didampingi Dirlantas yang baru, Kombes Pol I Made Agus Prasatya, S.I.K., M. Hum, Kabidhumas Kombes Pol Komang Suartana, S.H., S.I.K., M.H dan Kabidpropam Kombes Pol Zulham Effendi, S.I.K., M.H. Difasilitasi personel Ditlantas, Bidpropam dan Bidhumas, yang dihadiri insan pers dari berbagai media.

Kapolda Sulsel menjelaskan, tercatat puluhan ribu kendaraan melakukan pelanggaran aturan lalu lintas, yang terdiri dari, 9.910 motor, 1.782 mobil penumpang, 950 mobil barang dan 157 bus.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut, lanjut Kapolda, mayoritas terjadi pada motor (pengendara sepeda motor). Jenis pelanggrannya, umumnya karena tidak memakai helm, melawan arus, berkendara masih di bawah umur dan berboncengan lebih dari 1 orang.

Sedangkan jenis pelanggaran pada kendaraan mobil, didominasi dengan tidak menggunakan Safety Belt, menggunakan handphone saat berkendara, kelebihan muatan dan melawan arus.



Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso pimpin Konferensi Pers, didampingi Dirlantas yang baru, Kombes Pol I Made Agus Prasatya, Kabidhumas Kombes Pol Komang Suartana dan Kabidpropam, Kombes Pol Zulham Effendi. (Foto: Bidhumas Polda Sulsel).  

Selama Operasi Terjadi: 213 Lakalantas,
Korban MD: 22, LB: 23 dan LR: 264 Orang


Kapolda Sulsel menegaskan, semua jenis pelanggaran telah ditindak oleh petugas selama Operasi Patuh Pallawa 2023 yang berlangsung di wilayah hukum Polda Sulsel.

Secara terperinci, diuraikannya, sebanyak 10.909 pengendara ditindak dengan sanksi teguran oleh petugas di lapangan dan untuk tilang manual sebanyak 1.448 pengendara.

Sementara 408 pengendara lain yang melanggar ditilang secara elektronik dengan menggunakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik statis maupun mobile (baca: mobail).

Kemudian, lanjut Kapolda Sulsel, data lakalantas selama Operasi Patuh Pallawa 2023 terdapat 213 kejadian (lakalantas) dengan korban meninggal dunia (MD) sebanyak 22 orang, luka berat (LB) 23 orang dan luka ringan (LR) 264 orang.

“Saya himbau kepada masyarakat dalam berkendaraan agar tertib, taat aturan, dan jadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” harap Kapolda Sulsel mengakhiri Konferensi Persnya. (*).


Suasana Konferensi Pers Kapolda Sulsel tentang Operasi Patuh Pallawa 2023 di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel, dari sudut pandang lain, didampingi Dirlantas, Kabidhumas dan Kabidpropam (Foto: Bidhumas Polda Sulsel)

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :