Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ikutkan 27 Pemain Terbaik, Argentina Hadirkan Lionel Messi di FIFA Matchday Lawan Timnas Indonesia

Minggu, 28 Mei 2023 | 17:07 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-29T02:36:03Z

Tim Garuda Genjot 4 Naturalisasi Baru 

Hadapi Tim Juara Piala Dunia Qatar


Kapten Timnas Argentina Lionel Messi mengangkat Trofi Piala Dunia Qatar 2022 diikuti dengan luapan euforia juara oleh teman-temannya. (Foto: Dok. ANTARA/NuansaBaru.ID).

NuansaBaru.ID, JAKARTA INDONESIA - Keraguan publik sepak bola Indonesia tentang kehadiran mega bintang Argentina Lionel Messi ke Indonesia terjawab. Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) secara resmi mengumumkan 27 pemain untuk melakukan tur ke Asia.

Dalam akun instagram AFA, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, membawa pemain-pemain terbaiknya ke Asia. Mayoritas pemain yang dibawa Argentina untuk melawan Australia dan timnas Indonesia bermain di Piala Dunia Qatar 2022.

Salah satu pemain yang dipastikan ikut tampil dalam pertandingan nanti adalah Lionel Messi. Pemain berusia 35 tahun itu masuk dalam rombongan skuad Tim Tango untuk menghadapi Timnas Australia dan Timnas Indonesia. Demikian dilansir Bolasport.com, 28 Mei 2023 pukul 13.43 WIB.

Keraguan kalangan mania bola Indonesia tentang kehadiran peraih 7 Trofi Pemain Terbaik Dunia (Ballon D'Or)m Lionel Messi, dipicu pernyataan Ketum PSSI, Erick Thohir sebelumnya yang masih mengambang. 

Ketika itu Erick Thohir belum bisa menjamin apakah Leonel Messi akan dibawa Timnas Argentina untuk FIFA Marcday melawan Timnas Indonesia. Namun, Erick hanya menjamin pelatih Argentina Lionel Scaloni tentu akan membawa pemain terbaiknya.

"Kita serahkan kepada pelatih Argentina Lionel Scaloni untuk menentukan siapa-siapa pemain yang dibawa. Saya yakin mereka datang ke Indonesia dengan membawa tim terbaik. Seperti juga kita menyiapkan tim terbaik untuk melawan Argentina, " kilahnya. Pernyataan Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN disampaikan dalam Konferensi Pers di SUGBK, 24 Mei 2023 lalu.

Publikasi dari AFA yang memastikan Lionel Messi ikut memperkuat Timnas Argentina membuat lega fans Argentina di Indonesia, lebih khusus fans fanatik La Pulga alias Si Kutu, pemain legendaris penerus Maradonna itu. 


Ini Skuad Timnas Indonesia yang bakal menjamu Timnas P.alestina dan Timnas Argentina dalam Laga FIFA Matchday, minus     (paling kiri jongkok) dan Nadeo Argowinata (paling kanan berdiri) karena tak diagendakan ikut. (Foto: Dok. NuansaBaru.ID).  

 Iklan: 

Bagi yang berminat miliki Media Online atau Portal 
Media Online dan atau Website sendiri, hubungi 
Nomor HP/WA: 0857 5660 0158/0813 5563 2792 
HARGA NEGO, EDISI PROMO DAN TERJANGKAU

Messi Diharap Turun di SUGBK, Tak seperti di Malaysia dan Singapura

Hanya saja, masih ada lagi keraguan berikutnya, apakah Messi akan turun (dimainkan) atau tidak? Berkaca dari sejarah kedatangan Messi dalam tour Asia sebelumnya. Tercatat, kini sudah ketiga kalinya Lionel Messi ke Asia Tenggara.

Sebelumnya Lionel Messi sudah pernah ke Malaysia bersama Barcelona FC pada tahun 2013. Namun, saat itu Lionel Messi tidak bermain dikarenakan kondisi rumput di Stadion Shah Alam, Selangor, kurang bagus.

Selanjutnya, Lionel Messi kembali lagi ke Asia Tenggara dan kali ini ke Singapura bersama skuad Timnas Argentina pada tahun 2017. Ternyata, dalam laga itu lagi-lagi Lionel Messi tidak ikut bermain karena keburu pulang ke Argentina untuk mengurus persiapan pernikahannya dengan Antonella Roccuzzo.

Nah, bagaimana Timnas Argentina melawan Timnas Indonesia? Apakah kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bisa menjadi alasan Messi tak dimainkan, atau ada alasan lain?

Pertanyaan ini tentu akan terjawab pada laga matchday nantinya. Yang pasti, Lionel Messi dirindukan fans Indonesia untuk tampil di SUGBK nantinya.

Seperti diketahui laga FIFA Machday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina  dijadwalkan berlangsung, 19 Juni 2023 di SUGBK. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga melakoni International Friendly Match dengan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, 14 Juni 2023.

Sementara Timnas Argentina pertengahan bulan Juni itu masih berada di China. Timnas Argentina juga dijadwakan menjalani laga FIFA Matchday dengan Timnas Australia di China, 15 Juni 2023. Setelah laga itu tuntas baru Timnas Argentina terbang ke Indonesia. 



Aksi Lionel Messi di Piala Dunia Qatar 2022 ketika melawan Belanda, melewati 4 pemain. Fans Indonesia antusias melihat di SUGBK Senayan aksi-aksi khas Messi seperti ini, meliuk-liuk mengecoh dan melewati 3-4 pemain. (Foto: Dok. NuansaBaru.ID)

Iklan: 

LOMBA FOTO, LOMBA DOMINO DAN FRIENDLY MATCH

PJU POLDA SULSEL vs AWAK MEDIA.


Timnas Argentina Bawa Tim 
Terbaiknya Tour Asia 2023

Berdasarkan pengumuman pihak Federasi Sepak Bola Argentina AFA menunjukkan bukan hanya Lionel Messi yang akan hadir di tour Asia kali ini. Pesepakbola bintang internasional Argentina lainnya yang begitu akrab di mata pencinta bola Indonesia juga hadir.

Diantaranya, Angel Di Maria, Julian Alvarez, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul, Emeliano Martinez, Walter Benifez, Gozalo Monfield, Thiago Almada dan yang lainnya juga ikutserta. (Selengkapnya lihat Daftar Skuad Timnas Argentina Tour Asia 2023).

Sayangnya, ada sejumlah nama pemain Argentina yang juga banyak fansnya di Indonesia seperti Lautaro Martinez dan Paulo Dybala tak dibawa karena alasan cedera dan alasan lainnya.

Disebutkan ada 6 (enam) pemain Argentina yang turun di Piala Dunia Qatar 2022, tak diikutkan. Yakni, Lautaro Martinez, Paulo Dybala, Lisandro Martinez dan yang lainnya.

Untuk diketahui, berdasarkan rilis terbaru Peringkat FIFA per 6 Mei 2023, Timnas Argentina yang merupakan Juara Piala Dunia Qatar 2022, posisinya kini menempati peringkat 1 dunia.

Skuad Timnas Argentina para pemainnya bertebaran di klub-klub elit Eropa. Ada di Liga Spanyol, Inggeris, Prancis, Italia, Belanda, Jerman, Portugal dan yang lainnya. Gambaran ini menyiratkan makna bahwa timnas kelas dunia itu pemain-pemainnya berkontestasi di negara-negara sepak bola yang kompetisinya ketat dan berkualitas.

Pemain Argentina tak Ada yang
Merumput di Kompetisi dalam Negeri


Adapun, Daftar Skuad Timnas Argentina Tour Asia 2023, lengkap dengan negara tempat pemainnya berkiprah, berikut ini.

1. Emiliano Martinez (Aston Villa/Inggeris)
2. Geronimo Rulli (Ajax Amsterdam/Belanda)
3. Walter Benitez (PSV Eindhoven/Belanda)
4. Nahuel Molina (Atletico Madrid/Spanyol)
5. Gonzalo Montiel (Sevilla/Spanyol)
6. German Pezzella (Real Betis/Spanyol)
7. Cristian Romero (Tottenham Hotspurs/Inggeris)
8. Leonardo Balerdi (Marseille/Prancis)
9. Nicolas Otamendi (Benfica/Portugal)
10. Facundo Medina (Lens/Prancis)
11. Nicolas Tagliafico (Lyon/Prancis)
12. Marcos Acuna (Sevilla/Spanyol)
13. Leandro Paredes (Juventus/Italia)
14. Enzo Fernandez (Chelsea/Inggeris)
15. Guido Rodriguez (Real Betis/Spanyol)
16. Rodrigo De Paul (Atletico Madrid/Spanyol)
17 . Exequiel Palacios (Bayern Leverkusen/Jerman)
 18. Alexis Mac Allister (Brighton/Inggeris)
19. Thiago Almada (Atlanta United/Amerika Serikat)
20. Giovani Lo Celso (Villareal/Inggeris)
21. Lucas Ocampos (Sevilla/Spanyol)
22. Angel Di Maria (Juventus/Italia)
23. Lionel Messi (PSG/Prancis)
24, Julian Alvarez (Manchester City/Inggeris)
25. Giovanni Simeone (Napoli/Italia)
26. Alejandro Garnacho (Manchester United/Inggeris)
27. Nicolas Gonzalez (Fiorentina/Italia)

Pelatih: Lionel Scaloni

Secara riil, sebaran 30 pemain Timnas Argentina (plus 3 pemain pilar yang tidak ikut) yakni Lautaro Martinez (Inrer Milan/Italia), Paolo Dybala (AS Roma/Italia) dan Lisandro Martinez (Manchester United/Inggeris), dapat dilihat seperti ini.

Pemain yang merumput di kompetisi negara lain, rinciannya: di Liga Inggeris (8 pemain), Liga Spanyol (7 pemain), Liga Italia (6 pemain), Liga Prancis (4 pemain), Liga Belanda (2 pemain), LIga Jerman, Portugal dan AS masing-masing (1 pemain). Ingat data ini hanya untuk 30 orang pemain atau belum selengkapnya sebaran Skuad Timnas Argentina. Yang pasti, tak ada satu pun pemainnya yang merumput di kompetisi dalam negeri Argentina.


Dua amunisi baru pemain muda naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struck (kedua dari kanan dan paling kanan) memeragakan jersey Garuda didampingi Ketum PSSI Erick Thohir (pakai stelan jas hitam) dan Wakil Ketua PSSI Zainuddin Amali (paling kiri). Kedua pemain tersebut rencananya langsung diturunkan membela Timnas Indonesia di Laga FIFA Matchday. (Foto: PSSI).

Timnas Indonesia Extra Serius,
Laga ini bukan "Kaleng-kaleng"


Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Federasi Sepak Bola Indonesia PSSI tentu melakukan persiapan extra serius mengingat tim yang dilawan itu, menurut istilah Ketum PSSI, Erick Thohir, "Bukan Kaleng-Kaleng". Maksudnya, Tim Garuda akan melawan Tim Juara Dunia dan kini Peringkat 1 dunia, Timnas Argentina. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain untuk melakukan pemusatan latihan di Surabaya, mulai 5 Juni 2023. Pihak PSSI juga telah mengumumkan Skuad Timnas untuk melakoni 2 pertandingan internasional tersebut.

Skuad Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Lawan Timnas Palestina dan Argentina

1, Edo Febriansyah
2 Marc Klok
3. Ricky Kambuaya
4. Rachmat Irianto
5. Reza Arya Pratama
6. Yacob Sayuri
7. Yance Sayuri
8. Syahrul Trisna
9. Andy Setyo
10. Dimas Drajad
11. Witan Sulaeman
12. Rizky Ridho
13. Dendy Sulistyawan
14. Ernando Ari
15. Fachruddin Aryanto
16. Stefano Lilipaly
17. Jordi Amat
18. Saddil Ramdani
19. Pratama Arhan
20. Asnawi Mangkualam
21. Sandy Walsh
22. Shayne Pattynama
23. Marselino Ferdinan
24. Ivar Jenner
25. Rafael Struick
26. Elkan Baggott

Pelatih: Shin Tae-yong

Sumber: PSSI

Dari 26 pemain tersebut, pelatih STy telah merekrut 7 pemain naturalisasi yakni, Stefano Lilipaly, Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Dari ketujuh pemain naturalisasi itu, 4 diantaranya, Sandy Walsh, Shayne Pattynawa dan terakhir Ivar Jenner dan Rafael Struick
merupakan amunisi baru di tim merah-putih. (*)

Refetensi: * Bola Sport.com
                   * PSSI dan sumber lainnya


Penulis: MUH. RENALDI
Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update