Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pertama Kalinya, Kapolda Sulsel Curhatan dengan Masyarakat Sulsel di Mandai Maros

Rabu, 19 April 2023 | 08:05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-20T04:56:59Z

Mencuat Keluhan Atap Rumah Copot

karena Hembusan Angin Pesawat




Atas: Ketika memberikan arahan di GOR Tamarunang Mandai, Maros, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni didampingi Kapolres Maros AKBP Awaluddin Amin (kanan), Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam (kiri) dan GM Angkasa Pura 1, Wahyudi (paling kanan).

Bawah: Kapolda Sulsel, Irjen Setyo Boedi Moempoeni foto bersama dengan para pejabat yang hadir pada suasana Jum'at Curhat di Gor Tamarunang Maros 

(Foto-foto: Bidhumas Polda Sulsel)  

NUANSABARU.ID, MAROS - Melakukan interaksi langsung (curhatan) dengan masyarakat yang oleh Polri diberi tagline "Jum'at Curhat", kini terus digelorakan. Adalah Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) yang baru, Irjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M. Hum di awal-awal tugasnya di daerah ini untuk pertama kalinya melakukan giat curhatan langsung dengan masyarakat.

Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni yang mulai mengemban amanah sebagai Kapolda Sulsel, 27 Maret 2023, didampingi jajaran PJU Polda Sulsel melakukan giat curhatan di GOR Tamarunang Dusun Tamarunang Desa Bajimangai Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa, (18/04-2023).

Demikian bermaknanya giat ini lantaran dihadiri juga Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, S.I.P, M.H, Ketua DPRD Maros H.A. Patarai Amir, Kapolres Maros AKBP Awaluddin Amin, S.I.K., dan unsur Forkopimda Maros lainnya atau yang mewakili.

Selain itu, juga hadir General Manager (GM) PT Angkasa Pura I, Wahyudi, Camat Mandai, Abdul Razak, SE, unsur lainnya dan masyarakat setempat yang wilayahnya relatif tak jauh dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Kapolda Sulsel Setyo Boedi, nama praktis beliau, menjelaskan bahwa giat Jum'at Curhat ini bertujuan agar dapat mengetahui sejauh mana hubungan Polri dengan masyarakat. Sekaligus sebagai sarana interaktif dengan semua pihak untuk menyampaikan masalah.

"Silahkan, apabila ada hal-hal yang akan disampaikan, sampaikan aspirasi yang berkaitan dengan keamanan, ataupun hal lainnya," ujar Setyo Boedi Moempoeni yang juga juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah.l




Atas:  Kapolda Sulsel, Irjen Setyo Boedi Moempoeni serahkan bansos berupa paket sembako kepada warga di Dusun Tamarunang Desa Bajimanagai Mandai Maros.

Bawah: Kapolda Susel, Irjen Setyo Boedi dan para pejabat foto bersama dengan warga dalam suasana Jum'at Curhat tersebut.

(Foto-foto: Bidhumas Polda Sulsel) 

Pihak Angakasa Pura: Bila Ada Warga Terdampak, kita Sama-sama Survei

Dalam kegiatan tersebut, berbagai aspirasi masyarakat disampaikan ke Kapolda mantan Wadankorbrimob Polri itu. Diantaranya, dari Kades Bajimangai Kecamatan Mandai, Abd, Latif, S. Sos yang mengeluhkan dampak lingkungan terkait kawasan ini yang dipengaruhi hembusan keras angin pesawat (pesawat yang baru lepas landas dari bandara dan atau pesawat yang akan mendarat di bandara).

Kades Bajimangai Abd. Latif cenderung menyoroti soal Amdal (Analisa Dampak Lingkungan) Angkasa Pura. Menurut Kades itu, dampak yang dialami warga, apabila pesawat terbang melintas terjadi hembusan angin kencang dari pesawat tersebut.

"Akibatnya, banyak atap rumah warga yang copot dan dampak tersebut bisa kejadian sampai 3 kalijj per tahun, " keluh Kades itu di hadapan Kapolda Sulsel dan hadirin.

Merespon keluhan itu, Kapolda Sulsel mantan Wadankorbrimob Polri itu terkesan tanggap. Ia langsung mempersilahkan dan mengarahkan ke pihak Angkasa Pura sebagai pihak terkait untuk menanggapi keluhan warga tersebut.

Pihak Angakasa Pura pun menanggapi keluhan warga yang mencuat itu. Menurut pihak Angkasa Pura, di wilayah itu sebelumnya telah diajukan izin lingkungan dan sudah disetujui oleh semua pihak. Apabila ada warga terdampak, katanya, kita sama-sama survei (maksudnya survei ulang) dan masyarakat yang sudah bekerja sudah 100 orang lebih.

Melengkapi jawaban pihak Angakasa Pura, Kapolres Maros AKBP Awaluddin Amin memberikan penjelasan tambahan. Kapolres Maros mengatakan, terkait warga yang terdampak, pihaknya akan melakukan pendataan dan menindaklanjuti. Demikian penjelasan Kapolres Maros rada berjanji.

Giat curhatan sore itu begitu memberikan kenikmatan tersendiri. Betapa tidak, usai curhatan dilanjutkan dengan bukber (buka puasa bersama). Setelah itu, sebagai wujud bakti sosial (baksos), Kapolda Sulsel memberikan bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada 5 (lima) orang warga Desa Bajimangai Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulsel. (*).

Penulis: RENALDI
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update