Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Makassar-Parepare hingga Panen Raya di Baji Pamai Maros

Kamis, 30 Maret 2023 | 10:39 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-30T22:07:39Z

Dua Hari Kepala Negara di Sulsel 

Agenda Kunjungannya 9 Lokasi 


Suasana tumpukan masyarakat yang ingin bersalaman dengan Presiden Jokowi.  

NUANSABARU.ID, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu, 29 Maret 2023. Presiden dan rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, sekira pukul 10.50 Wita dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Sebelumnya, Presiden R.I. dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.50 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sultan Hasanuddin, Kepala Negara disambut oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Maros Chaidir Syam.

Selain itu, presiden juga disambut Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kapolda Susel, Irjen Pol. Nana Sudjana, Pangkoopsud II Marsma TNI Andi Kustoro, dan Danlantamal VI/Makassar Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman masing-masing beserta istri.

Dalam kunkernya ke Sulsel, R.I. 1 didampingi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Turut mendampingi Presiden R.I, tampak Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi.

Dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Sultan Hasanuddin, Presiden dan Ibu Iriana selanjutnya menuju Pasar Tramo, Kabupaten Maros melakukan peninjauan. Sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Setelah itu, presiden dan rombongan beranjak menuju Depo Kereta Api Maros dan meresmikan stasiun tersebut sekaligus meresmikan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru. Presiden kemudian menaiki kereta api menuju Stasiun Rammang-Rammang.

Setibanya di Stasiun Rammang-Rammang, presiden melakukan peninjauan fasilitas stasiun dan stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selepas itu, presiden menuju Kampung Nelayan Desa Pajukukang untuk meninjau dan berdialog dengan sejumlah nelayan.

Selanjutnya, presiden menuju Pasar Terong di Kota Makassar untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Usai menuntaskan agenda hari pertama kumjungannya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana direncanakan untuk bermalam di Kota Makassar. Untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja hari kedua esok harinya, Kamis, 30 Maret 2023.


Presiden Jokowi berinterakasi dengan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman.

 Pangdam selaku Pangkogasgabpad
Melekat Dampingi Presiden Jokowi

Hari kedua kunjungan Presiden R.I. Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Provinsi Sulsel, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, selaku Panglima Komando Satgas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpa) Pam VVIP, selalu melekat mendampingi Presiden Jokowi setiap aktifitasnya. Guna meyakinkan keamanan Kepala Negara dalam kunjungan kerja di wilayahnya.

Usai melaksanakan kunjungan kerja di hari pertamanya, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bermalam di Kota Makassar dan melanjutkan agenda kunjungan kerjanya, Kamis (30/03 -2023).

Bertolak dari Kota Makassar Presiden Jokowi menuju Desa Baji Pamai, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros untuk melakukan panen raya bersama sejumlah petani di Kabupaten Maros. Pada kegiatan ini kebahagiaan masyarakat terlihat saat Presiden Jokowi ikut panen raya bersama petani.

Setelah itu, Kepala Negara beranjak menuju Gudang Bulog Batangase, guna mengecek ketersediaan bahan pangan beras yang berada di Kabupaten Maros. Selepas itu, selanjutnya Presiden Joko Widodo menuju Lanud Sultan Hasanuddin dan lepas landas menuju Kabupaten Luwu Timur untuk melanjutkan kunjungan kerjanya.

Setibanya di Kabupaten Luwu Timur Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Malindungi. Di passr tersebut presiden melakukan peninjauan sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Sebagai agenda terakhirnya, Presiden Jokowi berkunjung di Kawasan PT. Vale Indonesia Tbk. Sorowako, sekaligus mengakhiri kunjungan kerjanya. Selanjutnya Kepala Negara kembali ke Lanud Sultan Hasanuddin dan melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta. (*).


Ikhtisar Agenda Kunjungan
Presiden Joko Widodo di Sulsel:


Hari Pertama, Rabu, 29 Maret 2023

1. Mengunjungi Pasar Tramo Maros dan menyerahkan bansos

2.  Meresmikan Depo Kereta Api Maros dan Pengoperasian Jalur Kereta Api Lintas Makassar-Parepare

3. Meninjau fasilitas Stasiun Rammang-Rammang, dan stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


4.  Mengungjungi Kampung Nelayan Desa Pajukukang untuk meninjau dan berdialog dengan nelayan.

5. Mengunjungi Pasar Terong di Kota Makassar dan menyerahkan bansos bagi para pedagang.

Hari kedua, Kamis, 30 Maret 2023:

6. Mengunjungi Desa Baji Pamai, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros untuk melakukan panen raya bersama petani.

7. Mengunjungi Gudang Bulog Batangase Kabupaten Maros guna mengecek ketersediaan bahan pangan beras.


8. Mengunjungi dan meninjau Pasar Malindungi Kabupaten Luwu Timur dan menyerahkan bansos bagi para pedagang

9. Berkunjung ke Kawasan PT. Vale Indonesia Tbk. Sorowako. (*)


PenulIs: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL

Informasi: 

Hukum

×
Berita Terbaru Update