Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menang 2-1 Lawan Dewa United, Persib Bandung Mentahkan Persaingan Juara Liga 1

Selasa, 21 Maret 2023 | 08:12 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-21T01:44:37Z

Robi Darwis dengan aksi bintangnya cetak gol penentu kemenangan 2-1 Persib atas Dewa United (Foto: Dok.KOMPAS com/Adil Nursalam)

NUANSABARU.ID, BOGOR - Kemenangan 2-1 Persib Bandung atas Dewa United membuat lersaingann3 (tig) tiga untuk merebut gelar juara Liga 1  kembali mentah alias masih berlanjut. Ketiga tim yang dimaksudkan, PSM Makassar, Persib Bandung dan Persija Jakarta. 

Kemenangan Persib tersebut di samping memangkas jarak poin dari PSM di posisi 1, Persib Bandung juga menggeser posisi Persija. Persib Bandung kini mengoleksi 56 poin dan giliran Maung Bandung naik ke posisi ke-2, menyalib Macam Kemayoran yang harus turun lagi ke posisi ke-3.

Persija Jakarta harus rela turun kembali ke-peringkat 3 dengan raihan poin 54. Padahal dari hasil laga, Kamis, (16/3-2023) juga menang 2-1 lawan PSIS Semarang sebelumnya naik ke posisi ke-2 menikung Persib Bandung,

Lantas PSM Makassar sebagai pemuncak klasemen, menuai kemenangan 3-1 atas Bhayangkara FC, Jum'at, (17/3-2023). Ayam Jantan dari Timur telah menghimpun 69 poin dari 31 laga.

Jadi, hingga 20 Maret 2023, dalam laga ke-31 (tersisa 3 laga) poin PSM (69), laga ke-29 (tersisa 5 laga) poin Persib (56) dan laga ke-29 (tersisa 5 laga) poin Persija (54). Artinya selisih poin ketiga pesaing itu, PSM mengungguli Persib 13 poin dan meninggalkan Persija 15 poin dan Persib - Persija terpaut hanya 2 poin.

Tinjauan jalannya laga

Lanjutan BRI Liga 1, pekan ke-29 antara Persib Bandung vs Dewa United, berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, 


Senin, (20/3-2023). Melalui laga yang ketat, Persib meraih poin penuh dengan menang tipis 2-1 atas Dewa United.


Gol pertama Persib diciptakan Marc Klok menit ke-12 melalui kerjasama segitiga David Silva dan Ciro Alves. Top Scorer Liga 1 saat ini David Silva terkesan tidak egois, bahkan tanggap memberikan umpan matang ke Marc Klok yang terlihat bergerak dalam posisi menguntungkan.

Marc Klok, pemain naturalisasi asal Belanda yang mulai berkarier di PSM Makassar itu menjebol gawang Dewa United yang dikawal penjga gawang Muhammad Natsir menit ke-12. Skor 1-0 untuk keunggulan Persib.

Anak asuhan pelatih Jan Olde Riekerink tak meyerah da bangkit dan terus berupaya mencari celah untuk membuat gol balasan. Namun, hingga pertandingan berjalan 20-an menit pasca gol pertama Persib, kedudukan belum juga berubah.

Seterusnya pada satu momen yang pelik, Majed Osman mencoba memberikan umpan terobosan ke depan untuk menusuk gawang Persib. Adalah Risto Mitrevski yang memanfaatkan umpan tersebut berhasil menaklukkan penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam menit ke-35. Skor berubah menjadi imbang, 1-1.

Anak asuhan pelatih Luis Milla terkejut dengan gol balasan tersebut. Marc Klok dan kawan-kawan kembali berupaya mencari peluang gol lagi. Namun hingga break babak pertama skor bertahan 1-1.

Baca juga:

Reka-reka Peluang Juara PSM dan Pesaingnya


Skuad Persib Bandung Liga 1 2022/2023 (Foto: Dok Persib)

Dewa United Tuai Petaka

Begitu start babak kedua, duel langsung sengit. Persib Bandung berupaya menekan. Di awal babak kedua petaka bagi Dewa United, Frendi Saputra diganjar kartu kuning kedua, lalu dikartu merah sekira menit ke-47, sehingga Dewa United tampil dengan 10 pemain.

Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Persib kian gencar membangun serangan menekan gawang Dewa United. Meski pelatih Dewa United merotasi sejumlah pemainnya, termasuk menurunkan Egy Maulana Vikri, pilar timnas yang direkrut, namun tetap saja kesulitan membendung gempuran Persib.

Hingga menit ke-70 sedikitnya 3 hingga 4 peluang mampu diciptakan, meski belum juga berbuah gol. Misalnya, tendangan dari luar kotak penalti Ciro Alves, tendangan geledek Marc Klok dan yang lainnya.

Kesempatan untuk menggandakan gol baru terwujud ketika Robi Darwis menguasai bola dan menusuk ke depan gawang Dewa United. Robi Darwis yang juga alumni timnas itu berhasil mengecoh pertahanan Dewa United dan mencetak gol kedua bagi Persib menit ke-75. Persib unggul dengan skor 2-1 yang bertahan hingga laga berakhir.

Persib di laga ke -29 mengoleksi 56 poin dan mengambil alih kembali posisi ke-2 klasemen dari tangan Persija. Sementara Dewa United, di laga ke-31ini nimbrung di posisi ke-15 dengan poin 33.

Susunan pemain

Persib Bandung:

Teja Paku Alam, Nick Kuipers (Rezaldi Hehanusa, diturunkan menit ke-68=68'), Rachmat Irianto, Daisuke Sato, Marc Klok, Robi Darwis (Ricky Kambuaya 84'), Dedi Kusnandar (Dedi Kusnandar 58'), Frets Butuan, Ezra Walian (Febri Hariyadi 68'), David Da Silva, Ciro Alves.

Dewa United:

Muhammad Natshir, Bhudiar Muhammad, Risto Mitrevski, Achmad Faris, Frendi Saputra, Theo Numberi (Egy Maulana 69'), Asep Berlian, Ramai Rumakiek (Miftah Anwar Sani 56'), Ichsan Kurniawan, Majed Osman, Rangga Muslim (Feby Eka Putra 83').

Penulis: RENALDI
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update