Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jika Persib dan Persija Konsisten Raih Poin, PSM Butuh 17 Poin dari 7 Laga Sisa untuk Kunci Titel Juara

Sabtu, 04 Maret 2023 | 09:13 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-04T02:40:54Z

 

Utak-atik Peluang Juara PSM 
Tuntaskan Laga Sisa


Aksi dan euforia pilar PSM ketika PSM mencetak gol dalam satu laga dan mengesankan 'aura juara'. Dari kiri, Muhammad Arfan, Yance Sayuri, Agung Mannan, Yakob Sayuri, Everton Nascimento dan Yuran Fernandez. (Foto: Dok. goal.com)


NUANSANARU.ID, MAKASSAR - Saat ini PSM Makassar terdepan di jalur juara BRI Liga 1 musim 2022/2023. Menyisakan 7 laga, Juku Eja, senutan lazim PSM, kini di posisi puncak dengan mengoleksi 59 poin. Selisih 7 poin dari peringkat kedua Persib Bandung, dan 8 poin dengan Persija Jakarta di posisi ketiga.

Bicara matematis, pasukan Bernardo Tavares bisa mengunci titel juara lewat asupan 17 poin dari potensi 21 poin maksimal. Tambah 17 poin berarti PSM mencapai 76 poin. Praktis tak terkejar Persib dan Persija meski masing-masing masih menyimpan 8 laga.

Persib Bandung jika menang terus di 8 pertandingannya, sejatinya mentok di 76 poin. Itu karena poin mereka sekarang (52) di-skenario-kan bertambah 24 poin. Namun, patut diingat aturan head to head tetap menguntungkan PSM, kalau poin sama di akhir musim. Dua kali bersua PSM musim ini, Persib keok 1-5 dan 1-2.

Sementara Persija paling tinggi cuma bisa merengkuh 75 poin. Hanya saja yang menjadi catatan, Persija menang head to head atas PSM. Putaran pertama imbang 1-1, sementara putaran kedua Persija unggul 4-2.

Dengan kondisi itu, berarti PSM Makassar butuh menang 6 kali dari 7 pertandingan. Paling tidak, 5 kali menang plus 2 kali seri. Artinya, jika Persib atau Persija konsisten raih poin.

Namun, itu tentunya tidak eksak dan bukan perkara mudah. Apa pun bisa terjadi di lapangan. Erwin Gutawa dan kolega bisa saja tersandung di penghujung kompetisi ini.


Siapa Berpotensi Jadi
Batu Sandungan PSM?


Kendati, pekan-pekan terakhir di kompetisi kasta teratas ini PSM di atas angin, namun tak tertutup kemungkinan tim kebanggaan masyarakat Sulsel ini terganjal dengan batu sandungan.

Nah, siapa yang berpotensi menjadi batu sandungan PSM di 7 laga pamungkas? Berikut prediksinya, versi Nuansabaru.id.

1. Persis Solo (kandang/5 Maret 2023)

Lawan terdekat PSM adalah tim peringkat 11 klasemen, Persis Solo. Di putaran pertama, kedua tim bermain imbang 1-1, yang menandakan kualitas Persis tak bisa dipandang remeh. Namun status tuan rumah, ditambah konsistensi penampilan PSM, menjadi modal membungkus laga ini dengan kemenangan.

2. Persikabo 1973 (tandang/9 Maret 2023)

Pasukan Ramang, julukan legenda PSM, akan bertandang ke Stadion Pakansari Cibinong Bogor untuk menantang Persikabo yang tengah bercokol di posisi 13. Awal Desember tahun lalu, Pluim cs. menekuk Laskar Padjajaran 2 gol tanpa balas di Stadion Gelora BJ Habibie. PSM berpotensi kuat mengulang kemenangan itu meski berstatus tamu.

3. Persita Tangerang (tandang/13 Maret 2023)

PSM menundukkan Persita di putaran pertama dengan cukup meyakinkan, 3-1. Walau berstatus tuan rumah, nyatanya kala itu pertandingan dihelat di Stadion Sultan Agung Bantul. Singkatnya, PSM teruji bisa mengatasi Persita yang kini bertengger di posisi 9 klasemen.

4. Bhayangkara FC (kandang/17 Maret 2023)

Kembali bermain di kandang tentunya tak akan disia-siakan PSM saat menghadapi penghuni peringkat 8 saat ini. Kalau di putaran pertama lalu kedua tim bermain kaca mata, kali ini PSM diprediksi bakal mendulang poin penuh.

5. Madura United (tandang/31 Maret 2023)

Madura United merupakan satu dari dua tim yang sukses mengandaskan PSM musim ini. Meski kekinian Laskar Sapeh Kerap kerap inkonsisten, tapi tetap saja PSM harus ekstra waspada. Mengingat Madura United bermain di kandang sendiri. Dalam laga ini hasil imbang sudah cukup bagi PSM.

6. PSIS Semarang (tandang/6 April 2023)

PSM akan melanjutkan perjuangan menghadapi PSIS Semarang yang tengah berkutat di papan tengah klasemen. Kemenangan 2-0 di putaran pertama menjadi modal kuat bagi PSM. Namun hasil imbang diprediksi cukup adil.

7. Borneo FC (kandang/waktu belum ditentukan)

Dari 7 tim yang bakal dihadapi PSM dalam laga sisa, Borneo FC-lah yang punya peringkat paling tinggi saat ini, yakni posisi ke -5 klasemen. Itu saja sudah menggambarkan kualitas Pesut Etam, sebutan tim dari Samarinda Kaltim itu. Namun, dukungan suporter sendiri plus motivasi mengangkat piala, akan membawa PSM menutup liga dengan kemenangan.

Menggunakan skenario di atas ataukah terjadi seperti itu, maka PSM akan menunggu hingga pertandingan terakhir untuk menyegel juara. Akan tetapi, PSM dan pendukung setianya diyakini lebih suka menantikan kalau Persib atau Persija yang tersandung. Dengan begitu, kepastian juara PSM bisa muncul lebih dini.

Bagaimana dengan prediksi Anda? .

Penulis: MUSAFIR, YD
Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update