Hasil Musrenbang RKPD 2024 Diharap Sinergikan Program dengan Prioritas Kebutuhan Masyarakat

Pemkab Sidrap Usung Tema tentang 

Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing 



Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Pemerintahan, Abdul Malik Faisal (kiri). Inzet, Sekda Sidrap, H. Basra pada suasana Musrenbang RKPD  Sidrap 2024 (Foto: Diskominfo Sidrap).

NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDRAP - Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.


Musrenbang dibuka Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah, H. Basra di Aula Kompleks SKPD Sidrap, Rabu (15/03-2023). Dihadiri Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Pemerintahan, Abdul Malik Faisal.

Selain itu hadir pula Fungsional Perencana Ahli Utama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulsel, Hj. Idawati, Dandim 1420, Letkol Andika Ari Prihantoro, Wakil Ketua ll DPRD Sidrap, Kasman serta yang mewakili Kapolres Sidrap dan Kajari Sidrap.

Selanjutnya, sebagai perserta Musrenbang, tampak Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Baznas, Kepala BNK, Ketua KONI, pimpinan BUMN dan BUMD, para Asisten dan Staf Ahli B
upati, para Kepala OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, serta undangan lainnya. 


Sekda Sidrap H. Basra mengatakan, berdasarkan isu strategis dan permasalahan RPD Sidrap tahun 2024-2026, serta memperhatikan rancangan tema pembangunan nasional dan Provinsi Sulsel, maka tema pembangunan 2024 yang diusung Pemkab Sidrap yakni “Pemantapan Pemulihan Ekonomi, Daya Saing Daerah, dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”.


“Prioritas pembangunan diarahkan pada penguatan sistem agrobisnis, peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan akses layanan pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan aktivitas dan kualitas kehidupan sosial masyarakat yang religius, berbudaya, dan aman,” tuturnya.

Prioritas lain, Sekda Sidrap, memperkuat infrastruktur daerah untuk mendukung pelayanan dasar, penataan lingkungan hidup dan peningkatan ketahanan bencana, serta perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Basra berharap, pelaksanaan RKPD itu menjadi pembentukan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

“Olehnya itu, diharapkan masukan serta saran seluruh peserta Musrenbang guna penyempurnaan RKPD tahun 2024. Semoga hasil Musrenbang RKPD 2024 mampu menyinergikan berbagai program, kegiatan, dan sub kegiatan dengan memprioritaskan berbagai program, kegiatan, dan sub kegiatan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat serta suksesnya pembangunan di Kabupaten Sidrap,” tandasnya.

9



8

Foto-foto suasana serangkaian Musrenbang RKPD Sidrap 2024(Foto-foto Diskominfo Sidrap)


Kondisi Ekomomi Sulsel 2022
Tunjukkan Perbaikan Signifikan


Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Pemerintahan, Abdul Malik Faisal menyampaikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan pembangunan atas segala dukungan dan sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Sulawesi Selatan.

Abdul Malik Faisal yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulsel memaparkan bahwa kondisi ekonomi Sulsel tahun 2022 menunjukkan perbaikan siginfikan dibandingkan tahun 2021. Ditandai dengan pertumbuhan ekonomi tahun 2022 bertumbuh sebesar 5,09 persen, meningkat dari tahun 2021 sebesar 0,44 persen.

"Selain itu, indeks pembangunan manusia (IPM) Sulsel pada tahun 2022 berada pada peringkat XI (sebelas) nasional, yakni sebesar 72,82 atau meningkat 0,58 poin dari 72,24 pada tahun 2021," jelasnya,

Staf Ahli Gubernur Sulsel itu lebih jauh menegaskan, prioritas pembangunan Provinsi Sulsel tahun 2024 merupakan agenda tahun pertama pembangunan yang dijabarkan dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Sulsel 2024-2026.

“Sejalan dengan kondisi yang dialami sekarang dan prediksi kondisi tahun 2024, maka perencanaan pembangunan tahun 2024 difokuskan pada pemulihan kehidupan masyarakat dan roda perekonomian, peningkatan sistem kesehatan, memperkuat sistem ketahanan pangan nasional, dan membangun sistem perlindungan sosial terpadu,” papar Abdul Malik.

Adapun dalam Musrenbang ini, tampil menjadi narasumber, Kepala Bappelitbangda Sidrap, Andi Muhammad Arsjad, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sidrap, Naharuddin, dan Fungsional Perencana Ahli Utama Bappelitbangda Sulsel, Hj. Idawati.

Serangkaian Musrenbang ini juga dilakukan penyerahan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Sidrap ke Pemkab Sidrap, serta penandatanganan Berita Acara Musrenbang oleh masing-masing perwakilan OPD, tokoh masyarakat dan ormas. (*)

Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI



Topik Terkait

Baca Juga :