Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Stadion GBH "Angker" tak Terbantahkan. Bhayangkara FC Keok dengan Skor 1-3 di Kandang PSM

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-18T23:55:37Z

Publik Sepak Bola PSM Harus 

Sabar Menunggu Laga Sisa



Selebrasi Ananda Rehan, disertai Yakob Sayuri dan Yance Sayuri usai cetak gol pertama PSM ke gawang Bhayangkara FC (Foto: BRI Liga1).


NUANSABARU.ID, PAREPARE - Keangkeran Stadion Gelora BJ Habibie (Stadion GBH) tak terbantahkan. PSM Makassar kembali menekuk Bhayangkara FC dengan skor 3-1 alias Bhayangkara FC keok di kandang PSM dengan skor 1-3. 


Gol dari PSM diciptakan Ananda Rehan menit ke-21 dari assist Yance Sayuri. Gol tercipta melalui skema operan satu-dua barisan depan PSM. Gol kedua dikemas Kenzo Nambu menit ke- 70. Bermula dari bola panjang dari Akbar Tanjung ke Everton yang kemudian memberikan umpan plesing ke Kenzo Nambu. Legium asing asal Jepang itu kemudian berhasil membobol gawang Bhayangkara FC.

Sementara gol ke-3 PSM dibukukan Ramadhan Sananta akhir-akhir laga atau menit ke-89. Gol tersebut bermula dari kejelian seorang Kapten PSM Wiljan Pluim yang melihat anak asuhan pelatih The Guardian fokus dan getol menyerang.

Pluim pun dengan cepat memberikan umpan matang ke Ramadhan Sananta. Striker muda PSM itu kemudian spartan bersolo run melewati bek dan menaklukkan penjaga gawang Bhayangkara, Awan Setho Raharjo.

Sedangkan gol balasan Bhayangkara FC dicetak oleh Anderson Salles yang 'mencuri' gol menit ke-82 Gol tercipta lewat sundulan kepala Anderson dengan memanfaatkan umpan tendangan pojok yang jitu dari kreator Bhayangkara FC, Matias Mier. Skor 3-1 bagi PSM itu menorehkan catatan apik sebagai tim yang garang di kandang.

Laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC digelar di Stadion GBH, Jum'at sore, (17/3-2023), pukul 16.00 Wita. Kemenagan PSM ini seolah mencanangkan bahwa Stadion GBH tetap 'angker" bagi tim yang berlaga di markas alternatif PSM ini.

Identik dengan angkernya Stadion Mattoanging di Makassar (kini terbongkar untuk dibangun ulang yang jadwanya belum jelas). Stadion Mattoanging yang berkapasitas 15.000-an penonton, dahulu seakan menjadi ganjalan setiap tim tamu bahwa Laskar Ayam Jantan itu garang di kandang. Kebanyakan tim yang bertandang, keok di Mattoanging (dahulu juga bernama Stadion Andi Mattalatta).

Di Stadion GBH Kota Parepare sebagai rumah kecil baru PSM terkesan serupa tapi tak sama dengan Stadion Mattoanging. Terbukti, di Stadion tersebut umumnya pertandingan dimenangkan PSM Makassar.


Ini Stadion Gelora BJ Habibe Kota Parepare sebagai home base PSM, 'angker' bagi tim tamu PSM (Foto: Dok. Humas Pemkot Parepare) 

Persija Menang 1-0 Lawan PSIS
Bikin Peta Persaingan Berlanjut

Kembali ke laga PSM vs Bhayangkara yang dimenangkan PSM dengan skor meyakinkan, 3-1, tim asuhan pelatih Bernardo Tavares kian melenggang di depan sebagai pemuncak klasemen. Sementara tim asuhan pelatih Gendut Doni, Bhayangkara FC gagal melanjutkan tren positif, kemenangan beruntun seperti sebelumnya.

Berkat kemenangan itu, saat ini PSM telah mengoleksi 69 poin. Terpaut 15 poin dari peringkat 2 Persija Jakarta yang menyalib Persib Bandung dengan koleksi poin 54. Dengan susah payah, Rabu, 16 Maret 2023, Macan Kemayoran menang tipis, 1-0, atas PSIS Semarang sehingga menikung Persib di klasemen.

Sementara Persib Bandung yang koleksi poinnya baru 53, tercecer 16 poin dari PSM. Maung Bandung harus sabar turun ke posisi ke-3 menunggu laga ke-28 untuk melawan Dewa United, Senin, 20 Maret 2023.

Praktis, PSM di-estimasikan sisa menang 1 (kaIi) lagi baru bisa mengunci gelar juara. Lain halnya seandainya Persija kalah melawan PSIS (ini sudah tidak terjadi lagi kan), maka PSM bisa saja angkat trofi, Senin, 20 Maret 2023, kalau Pesib Bandung juga kalah atau seri saja melawan Dewa United.

Sebagaimana telah dilansir media ini sebelumnya dari hasil wawancara khusus dengan seorang praktisi media online.

Baca juga:

* Jika Menang Lawan Bhayangkara, PSM Bisa Segel Titel Juara Lebih Cepat

Kondisi ini bisa diartikan, peta persaingan PSM, Persija dan Persib, masih berlanjut. Para pendukung setia PSM khususnya dan publik sepak bola Sulawesi Selatan pada umumnya - yang bernafsu ingin menyaksikan tim kebanggaannya meraih titel juara lebih cepat ternyata tertunda.

Artinya, PSM belum bisa mengunci gelar juara sebelum Ramadan 1443 H/tahun 2023 ini. Kubu PSM harus bersabar menunggu laga sisa yang baru digelar akhir bulan Maret hingga April 2023.

Adapun 3 (tiga) laga sisa PSM selengkap nya, PSM menghadapi Madura United, (31 Maret 2023), kemudian kontra dengan PSIS Semarang, (4 April 2023) dan sebagai laga pamungkas PSM akan menantang Borneo FC yang jadwalnya belum kelar. Tim yang bermarkas di Samarinda Kaltim itu, pekan-pekan terakhir Liga 1 juga eksis bersaing di papan atas. (*)

Penulis/Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update