Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tradisi Tudang Sipulung 2023 Jelang Turun Sawah di Sidrap Diawali Duapitue dan Pituriase

Selasa, 17 Januari 2023 | 11:31 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-17T13:09:18Z

 


Sekda Sidrap, H Basra (keempat dari kiri) ketika membuka Musyawarah Tudang Sipulung tingkat kecamatan (Foto: Eyang Sabir/Diskominfo Sidrap)


Pengantar Redaksi:

Tradisi Tudang Sipulung merupakan salah satu wujud kearifan lokal yang lestari dan dipertahankan. Di Kabupaten Sidenreng Rappang sebagai salah satu daerah berbasis pertanian pemasok stok pangan nasional telah membudayakan giat itu.

Tudang Sipulung digelar menjelang turun sawah atau musim tanam mendatang. Dimulai dari tingkat kecamatan hingga rumusan hasil musyawarah Tudang Sipulung itu ditetapkan di tingkat kabupaten sebagai finalisasi yang dijadikan pedoman petani mudim tanam berjalan. 


NUANSABARU.ID, TANRUTEDONG SIDRAP - Tudang Sipulung atau duduk bersama merupakan wadah yang memediasi antara kepentingan masyarakat dengan pemerintah. Secara bersama-sama bermusyawarah membicarakan dan mencari solusi atas masalah-masalah pertanian yang dihadapi sekarang sebagai pedoman untuk musim tanam selanjutnya.


"Sehingga (Dengan demikian) semua komponen penyedia sarana produksi usaha tani dan pengelolaan hasil serta pemasaran siap memberi dukungan sebelum kegiatan usaha tani dimulai.

Demikian disampaikan Sekda Sidrap H. Basra ketika membuka pelaksanaan Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Tingkat Kecamatan di Tanrutedong Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap, Senin, (16/1-2023). Giat (baca: kegiatan) MTS hari itu diawali di Kecamatan Pituriase dan Duapitue.

Tudang Sipulung dihadiri anggota DPRD Sidrap, Kasman dan H. Abd Rahman Pabbaja, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Sidrap, H. Arnol Baramuli dan Ketua KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kab, Sidrap, H. Abdul Samad.

Selain itu, hadir pula Kepala Instalasi Pengamatan, Peramalan, dan Pengendalian Organisme Penyakit Tanaman (IP3OPT) Tiroang, Rahman Haruna, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (Kabid Sapra DTPHPKP), Suriyanto, sejumlah tokoh petani dan petani di wilayah itu.

Urung-rembuk seputar 'turun sawah' tersebut juga diikuti oleh pallontara, pengamat hama, unsur BPP, PPK, Ketua Gapoktan, kelompok tani, penyuluh, Kades/Lurah, distributor, petugas irigasi, serta perwakilan Koramil dan Polsek setempat serta unsur dinas terkait lainnya.




Para pejabat terkait (atas) dan peserta Musyawarah Tudang Sipulung tingkat kematan (Foto: Eyang Sabir/Diskominfo Sidrap).


Dirembukkan Pola Tanam, Varietas,
Hama hingga Dosis Pemupukan.


Tudang Sipulung Terpadu tahun 2023 mengambil tema, “Melalui Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu Tingkat Kabupaten Sidrap Tahun 2023, kita Tingkatkan Hasil Pengolahan Hasil Usaha Pertanian Melalui Konsep Petik, Olah, Kemas, dan Jual Menuju Masyarakat Religius, Aman, Adil, dan Sejahtera."

Diperoleh informasi, Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu tingkat kecamatan di daerah 'lumbung beras' ini dijadwalkan berlangsung pada 11 kecamatan, dimulai,16 hingga 24 Januari 2023.

Giat MTS Terpadu tersebut membahas berbagai persoalan pertanian. Diantaranya, jadwal dan pola tanam, perubahan iklim, hama, jaringan irigasi, jenis varietas yang akan digunakan, permasalahan pupuk maupun dosis pemupukan yang tepat serta permasalahan pertanian lainnya.

Di bagian lain, Sekda Sidrap H. Basrs yang membawakan amanat seragam Bupati Sidtap H. Dollah Mando berharap, melalui MTS ini dapat menghasilkan rumusan yang bermanfaat dalam upaya peningkatan produksi, guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani sebagai tujuan dan cita-cita bersama. Hasil rumusan tingkat kecamatan akan dirumuskan dan dibawa ke musyawarah tingkat kabupaten.


"Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu ini diharapkan akan melahirkan kebijakan produktivitas dan kualitas untuk mengangkat produksi dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional," jelasnya. (*)



Urung rembuk pejabat terkait dengan peserta Tudang Sipulung untuk menghasilkan rumusan yang akan menjadi bahan musyawarah Tudang Sipukhng tingkat kabupaten (Foto: Eyang Sabir/Diskominfo Sidrap)


Penulis: MUH. BASIR

Editor: ABDUL



Hukum

×
Berita Terbaru Update