Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringkat 10 Besar BWF Pekan Ketiga Januari 2023, Tak Ada Kento Momota dan Kevin-Marcus

Selasa, 17 Januari 2023 | 22:34 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-20T01:31:06Z

China 10, Indonesia, Jepang, Malaysia 6 Wakilnya



Aura juara pebulutangkis Indonesia ini kian keluar. Pose ini setelah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Ardianto juara Malaysia Open 2023 Super 1000 setelah mengalahkan ganda putra China di Axiata Arena, Kuala Lumpur Malaysia, Ahad, (15/1-2023), dan kini kokoh sebagai peringkat 1 dunia versi BWF (Foto: Dok. PP PBSI). 


NUANSABARU.ID, KUALA LUMPUR - Pasca Kejuaraan Malaysia Open 2023 digelar, Federasi Bulutangkis Dunia BWF merilis ranking up date para pebulutangkis dari 5 (lima) sektor (kategori). Jelasnya, sektor Mans Single (Tunggal Putra), Womans Single (Tunggal Putri), Mans Double (Ganda Putra), Womans Double (Ganda Putri) dan Mixed Double (Ganda Campuran). 

Dalam daftar peringkat 10 besar dunia, tercatat China masih menempatkan terbanyak pebulutangkisnya yakni, 10 wakil. Disusul posisi kedua terbanyak ada 3 negara yakni, Indonesia, Jepang dan Malaysia yang masing-masing menempatkan 6 wakilnya.

Sementara di posisi ketiga ditempati Korea Selatan dan Thailand masing- masing 5 wakilnya. Selebihnya, Denmark, China Taipe dan India masing-masing 2 wakilnya, lalu sisanya India Singapura, Spanyol, Jerman dan Francis masing-masing 1 wakilnya


Dari kelima sektor atau kategori, China memposisikan 2 wakilnya sebagai peringkat 1 dunia yakni sektor ganda putri (Chen Qing Chen/Jia Yi Fan) dan ganda campuran (Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong). Sedangkan peraih posisi peringkat 1 lainnya, di sektor tunggal putra Denmark (Victor Axelson), sektor tunggal putri Jepang (Akane Yamaguchi) dan sektor ganda putra Indonesia (Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto).

Sementara untuk peringkat 2 dunia, sektor tunggal putra ditempati Lee Zii Jia (Malaysia), tunggal putri Tai Tzu Ying (China Taipe), ganda putra Muh. Ahsan/Hendra Setyawan (Indonesia), ganda putri Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) dan ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China).

Sedangkan di posisi peringkat 3 dunia, sektor tunggal putra Antony Sinisuka Ginting (Indonersia), tunggal putri Chen Yu Fei (China), ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), ganda putri Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) dan ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Selebihnya, peringkat 4 dan seterusnya. Tentu saja ranking atau peringkat ini terus berubah berdasarkan hasil pengumpulan poin pemain. Seperti kita tahu, pihak BWF (Badminton World Federation) terus menggulir turnamen sebagai ajang persaingan pengumpulan poin para pebulutangkis. 

Dari top 10 besar dunia ini ada 2 wakil negara yang sebelumnya yang pernah merajai turnamen, tak muncul namanya. Jelasnya, tuggal putra Kento Momota dari Jepang dan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamulyo/ Marcus Fernaldi Gedeon dari Indonesia.

Kedua wakil negara itu rankingnya anjlok dan kini bertengger di posisi 20 besar dunia. Jelasnya, eks pemain nomor 1 dunia Kento Momota kini menempati ranking
18 hingga awal tahun 2023 ini. Sedangkan Kevin Sanjaya Sukamulyo/Marcus Fernaldi Gedeon rangking 19 dunia.

Kento Momota memang belum menemukan kembali performa terbaiknya usai cedera karena kecelakaan di Malaysia. Kendati demikian, ia belum berniat mundur dari dunia bulutangkis. Apesnya, Kento Momota sempai bingung ketika kalah beruntun di berbagai turnamen.

"Badminton tidak lagi menyensngkan bagi saya. Saya tidak tahu, apa yang kurang dari saya," ujarnya satu ketika karena selalu tumbang. Namun, sejatinya ia tetap berharap pada saatnya dirinya bakal kembali bermain baik seperti dulu selalu memenangkan pertandingan.

Akan halnya The Minions, julukan Kevin/Marcus, tahun 2022 ini bisa dikatakan melampaui perjalanan kelam. Ganda putra yang jadi raja turnamen lebih kurang 5 tahun --- peringkat 1 dunia sejak tahun 2017 hingga awal 2022 - justru jadi labil dan menuai serentetan catatan buruk.


Bahasa tubuh Kento Momota usai kalah di babak pertama di India Open 2023 (Foto: Dok. Humas PP PBSI).



Kenangan manis Kevin Sanjaya Sukamulyo/Marcus Fernaldi Gedeon ketika meraih Juara All England 2018 dan masih menyandang predikat peringkat 1 dunia BWF. (Foto : Dok. AP/Rui Vieira).


Kento Momota Terpuruk

Kevin-Marcus Anjlok


Mirisnya, Kevin-Marcus pernah terjun bebas dari rangking 8 ke ranking 23 atau turun 15 peringkat. Terakhir, The Minions naik lagi 4 peringkat ke posisi ranking 19. Biang keladinya juga, normatif, mirip dengan Kento Momota. 


Marcus pasangan Kevin, pernah cedera betis yang memaksanya harus menepi beberapa saat untuk operasi dan pemulihan. Yang kedua, Kevin/Marcus sering absen di berbagai turnamen.

Kevin Sanjaya Sukamulyo sendiri pernah berkomemtar sinis menyoroti BWF membuat jadwal yang menyebabkan pemain seperti robot. Maksud Kevin, jadwal BWF kelewat padat dan kurang waktu istirahat pemain. Terakhir Kevin malah ngomong 'nyeleneh' yang menyatakan tidak msu ambil pusing peringkat BWF itu. 


Tentu saja ini kurang elok sebagai seorang bintang bulutangkis yang pernah digandrungi sejagad. Bahkan patut disebut sebagai legenda dunia, bukan hanya legenda Indonesia. Karena gaya permsinannya yang khas dan mematikan di era kejayaannya.   


Benarkah hanya karena pernah cedera saja sehingga kedua sosok bintang bulutangkis yang pernah bersinar terang itu jadi redup sekarang? Jawabannya, tentu memerlukan observasi dan atau evaluasi komprehenship dari tim official kedua legenda bukutangkis yang sejatinya masih bisa bangkit kembali.

Seperti diketahui Kento Momota sebagai representasi Jepang, dikudeta oleh Viktor Axelson dari Denmark sebagai perinbkat 1 dunia. Beruntung bagi Indonesia, posisi Kevin/Marcus kini diteruskan teman senegaranya Fajar Alfian/Rian Ardianto sebagai ganda putra peringkat 1 dunia.

Adapun daftar up date ranking BWF 10 besar dunia setelah Malaysia Open 2023 atau tepatnya per pekan ketiga bulan Januari 2023, selengkapnya berikut ini.


Pebulutangkis Denmark Viktor Axelsen merendah, enggan disebut raja bukutangkis dunia padahal kini jadi tunggal putra peringkat 1 dunia WBF mengkudeta Kento Momota dari Jepang. Pose di atas Viktor bersama putrinya Vega ketika menjuarai Indonesia Open di Istora Srnayan, Jakarta, (19/6-2022). (Foto: Dok. Kompas.com/KRISTIANTO PURNOMO).


DAFTAR RANKING UP DATE WBF 

PEKAN KETIGA JANUARI 2023


I Sektor Tunggal Putra (Mans Single)

1. Viktor Axelsen (Denmark)
2, Lee Zii Jia (Malaysia)3. Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

4. Jonatan Christie (Indonesia)
5. Chou Tien Chen (China Taipe)
6. Kodai Naraoka (Jepang)
7. Loh Kean Yew (Singapura).

8. Kunlavut Vitidsarn (Thailand)

9. Prannoy HS (India)

10. Lu Guang Zu (China)

II. Sektor Tunggal Putri (Womans Single)

1. Akane Yamaguchi (Jepang)
2. Tai Tzu Ying (China Taipe)
3, Chen Yu Fei (China)
4. An Se Young (Korea Selatan)
5. He Bing Jiao (China)
6. Ratchanok Intanon (Thaiand)
7. Pusarla V. Sindhu (India)
8. Wang Zhi Yi (China)
9. Carolina Marin (Spanyol)
10. Han Yue (China)

III. Sektor ganda putra (Mans Double)

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)
2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia)
3. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Mlaysia)9
4. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
5. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)
6. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)
7. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)
8. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)
9. Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selaatan)
1O. Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia)

IV. Sektor ganda putri (Womans Double)

1 . Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)
2. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang)
3. Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)
4. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Kotd Selatan)
5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia)
6. Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)
7. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)
8. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia)
9. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)
10. Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea Selatan)

V. Sektor ganda campuran (Mixed Double)

1. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)
2. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China)
3. Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)
4. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)
5. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Francis)
6. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)
7. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia)
8. Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman)
9. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia)
10. Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (Thailand)

Sumber: bwfbadminton.com, suaramerdeka.com dan sumber lainnya.

Penulis/Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update