Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Keseruan Open House Imlek di Hotel The Rinra Tanjung Bunga Makassar

Senin, 23 Januari 2023 | 10:55 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-28T04:54:20Z

Dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin, RCeo RO BRI 

Makassar dan Dua Bacagub Sulsel



Pinca BRI Makassar Ahmad Yani, Didik Triharyanto bersama Pinca BRI Pangkep, Alfred berikan angpao ke Barongsai (Foto: SUCI SRI WAHYUNI)

NUANSABARU.ID, MAKASSAR - Serangkaian Tahun Baru Imlek 2023, marga Tionghoa menggelar Open House. Giat (baca: kegiatan) ini digelar di Nusantara Hall Lt. 3 Mall Phinisi Point Hotel The Rinra, Jl Metro Tanjung Bunga Makassar. Tepat di Hari Imlek, Minggu, (22/1-2023), pukul 18.00 - 22.00 Wita. 


Sesuai pantauan Nuansabaru.id, giat ini mengusung tema, "Bersyukur, Bangkit dan Maju Bersama". Giat Open House dilaksanakan atas kerjasama dengan Regional Office BRI Makassar atau lazim dikenal Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Makassar yang membawahi 4 provinsi yakni, Priovinsi Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku.

Open House yang bertajuk Temu Hati Imlek 2574/2023¹1 didukung sepenuhnya oleh lebih dari 10-an organisasi masyarakat Tionghoa. Sebagaimana yang terlihat di latarbelakang panggung tertera nama organisasi seperti, Peguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Permabudhi, Perhimpunan INTI dan MATAKIN.

Selain itu juga ada Yayasan Sosial Budi Luhur, Perkumpulan Marga THO, FUXING, PERWANTI, PITI, IWATI, Hasana Mitra Bank Perkreditan Rakyat, Yayasan DHARMALOKA dan RSIA SENTOSA. Kalangan yayasan dan organisasi masyarakat Tionghoa ini berperan sebagai tuan rumah untuk menyambut tetamu yang berkunjung di Nusantara Hall Hotel The Rinra.

Keseruan silaturahmi ala masyarakat Tionghoa ini parah tamu umumnya menggunakan kemeja kemerah-merahan sebagai ciri khas warna etnis itu. Dihadiri sejumlah pejabat penting di kota ini. Diantaranya, hadir Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Regional Ceo (RCeo) Regional Office (R0) BRI Makassar, Rahman Arif dan Ny. atau istilah awamnya, Pimpinan Wilayah Kanwil BRI Makassar. 

Orang penting lainnya, terlihat ada Walikota Makassar, Mohamad Ramadhan Pomanto (Danny Pomanto) dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Danny Pomsnto dan Adnan Purichta mendapat perhatian tersendiri dari publik lantaran keduanya ramai diuber media dan diprediksi akan maju sebagai pesaing bakal calon gubernur (bacagub) Sulsel 2024.

Selain itu, dari pihak BRI sebagai sponsor utama giat ini, hadir pula Wapinwil BRI Makassar, Dian Islami dan sejumlah Pimpinan Cabang (Pinca) BRI se- Makassar Raya dan sekitarnya. Antaralain, Pinca BRI Makassar Ahmad Yani, Didik Triharyanto, Pinca BRI Somba Opu, Pinca BRI Pangkep, Alfred dan yang lainnya. 



Ketum PSMTI, WilIianto Tanta (kelima dari kiri) dan RCeo RO BRI Makassar, Rahman Arif (keenam dari kiri) dalam sesi foto bersama dengan hadirin (Foto: SUCI SRI WAHYUNI).


Willianto Harap Open House

Jadi Agenda Rutin


Kemeriahan acara juga didukung oleh atraksi khas Tinghoa "Barongsai". Di hadapan tamu dan hadirin, ditampilkan sebanyak 3 barongsai. Ketiga barongsai tersebut, 1 berwarna putih kombinasi, 1 hitam kombinasi dan 1 kuning kombinasi.

Ketiga barongsai yang dikendalikan masing-masing 3 joki, terlihat meliuk-liuk dan melakukan konfigurasi gerakan yang membuat hadirin terpukau dan berdecak kagum. Lebih serunya, ketiga barongsai tersebut hadirin silih berganti mmdiberikan angpao untuik barongsai via jokinya.

Bentuk hiburan lainnya ditampilkan nyanyian atau lagu-lagu senďu dengan iringan musik spesial yang membuat suasana jadi segar. Akhirnya, si,aturahmi pejabat, tokoh dan elemen masyarakat lainnya dengan warga Tionghoa mengesankan nuansa damai dan kebersamaan.

Xin Nien Kuai Le, Selamat Tahun Baru Imlek 2023 dan
Gong Xi Fa Chai, Selamat Sejahtera & Kekayaan Berlimpah. Itulah ungkapan dalam bahasa Tionghoa yang patut berkumandang mengiringi rangkaian perayaan Imlek itu.

Ketua Umum PSMTI Pusat Willianto Tanta dalam suasana open house itu menyambut baik kedatangan para pejabat dan tokoh di daerah inin.

Yang menarik seperti yang telah yang disampaikan sebelumnya, Willianto berharap kegiatan Bainian open house yang diadakan tepat di hari Imlek ini dapat dibudayakan dan menjadi agenda rutin setiap tahun.

"Diharapkan kegiatan temu hati ini akan menjadi momen untuk mempererat jalinan persaudaraan lintas Etnis dsn Agama, 
untuk bangkit dan maju bersama, sesuai tema Imlek tahun ini, yaitu Bersyukur Bangkit dan Maju Bersama," cetusnya. 


Sementara RCeo RO BRI Makassar, Rahman Arif pada prinsipnya menggambarkan bahwa kerjasama dan sinergitas BRI dengan para tokoh dan masyarakaat Tionghoa selama ini telah terjalin dengan baik. Semoga ke depan, sinergitas ini lebih baik lagi.


Read also:

Informasi dalam Gambar: 

Open House Temu Hati Imleg 2574/2023 

di Hotel The Rindra Meriah


 


Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, foto bersama dengan sejumlah Priority Banking Officer BRI di sela-sela Open House Imlek di Hotel The Rinra (Foto: SUCI SRI WAHYUNI).

Open House, Pintu Terbuka

untuk Semua Kalangan


Dikutip komentar sejumlah tokoh penting masyarakat Tionghoa seperti dilansir iNewsGowa.id, sebelumnya, menunjukkan keterbukaan dengan publik untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan.

Sebut saja, Ketua Permabudi Sulsel Yonggris manyampaikan, karena acara ini adalah open house, sehingga panitia tidak membuat surat undangan, hanya pemberitahuan secara informal ke pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, wa.idàokoh masyarakat dan masyarakat umum untuk datang bersilaturahmi Imlek.

Demikian juga Ketua Perhimpunan INTI, Peter Gozal sempat memberikan statemen singkat senada.


"Biasanya kami masing-masing menerima tamu di rumah, namun agar lebih nyaman dan efektif, maka kami bersama-sama menyewa Nusantara Hall Hotel The Rinra sebagai rumah bersama masyarakat Tionghoa untuk menerima tamu," ujar Peter Gozal

Sementara Ketua Panita Penyelenggara Imlek sekaligus Ketua PSMTI Kota Makassar, Dr. Ferdy Sutono telah menitipkan harapan untuk perayaan Imlek ini.

"Kami berharap para sahabat, keluarga dan handai taulan, jangan sungkem untuk datang bertamu di acara Bainian Open House Imlek ini," kata Ferdy Sutono ketika itu.

Sedangkan Wakil Sekretaris Umum PSMTI Pusat Saiman Sutanto pun bersuara seirama.

"Acara ini seperti berkunjung, bersilaturahmi tahun baru ke rumah-rumah, sehingga tidak perlu diundang semua bisa hadir, karena pintu terbuka untuk semua kalangan baik pejabat, tokoh masyarakat, pengusaha maupun masyarakat umum," kilahnya open.
(*).


Penulis: SUCI SRI WAHYUNI

Editor: ABDUL





Hukum

×
Berita Terbaru Update