Momentum Piala Dunia Qatar 2022, Marokko Menjelma Jadi Kekuatan Baru Sepak Bola Dunia

 1-0, Marokko a yag Lolos ke Nb

Bungkam Portugal, 1-0, Marokko Negara Aftika Pertama yang Tembus Semifinal


Selebrasi Skuad Timnas Marokko ketika menang lawan Spanyol 



Kejutan demi kejutan ditorehkan Marokko dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022. Mulai di babak fase grup, 16 besar hingga perempatfinal. Tim negara Benua Afrika itu akhirnya lolos ke semifinal setelah membungkan Portugal 1-0, tanpa balas. 


NUANSABARU.ID, QATAR - Laga ketiga Perempatfinal FIFA World Cup 2022, mempertemukan Marokko kontra Portugal. Duel timnas dari Afrika lawan Eropa itu cukup menyandra andrenalin penikmat bola sejagad.

Laga berlangsung di Thumama Stadium, Sabtu, (10/12-2022), pukul 22.00 WIB. Publik sepak bola tahu, bahwa pertemuan kedua tim ini, Portugal di atas angin dan Marokko dianggap underdog di babak perempatfinal. *

Namun, kenyataan bicara lain. Marokko tampil survive dan Portugal tak mampu menjinakkan. Sejak kick of babak pertama, skuad Marokko menunjukkann
aura percaya diri. Portugal yang dari awal me
langsung menyerang mampu diredam oleh tim yang diracik pelatih, Walid Regragui, juru taktik Marokko.


Praktis, dari awal laga langsung seru. Meski Portugal lebih banyak menguasai bola, namun justru secara mengejutkan melalui penyerang sayap Marokko, Attiyat-Allah di rusuk kiri bisa membangun serangan balik menusuk jantung pertahanan Portugal. Sisa berhadapan penjaga gawang, tapi tendangannya menyamping.

Andalan Potugal di depan Jao Felix dan Gonsalo Ramos tak bisa menembus kokohnya pertahanan Marokko. Sedikitnya 2-3 kesempatan Jao Felix tak bisa dimaksimalkan menjadi gol. Demikian juga Goncalo Ramos yang dianggap bersaing dalam top scorer karena hattrick saat melawan Swiss, ternyata tak mampu mengemas gol.

Petaka justru dialami Portugal menjelang jedah babak pertama. Lagi-lagi aksi Ayattihat-Allah pemain bernomor punggung 25 itu mencoba memberikan passing melambung, menyilang dari rusuk kiri ke depan gawang Portugal.

Youssef En-Nesyri yang berada di area itu dapat memanfaatkan umpan tersebut dengan cara menepis lewat sundulan kepalanya. Bola bersarang di rusuk kiri gawang Portugal. Penjaga gawang Portugal Diego Costa dalam posisi yang kurang tepat, tak dapat menjangkau bola sundulan itu.

Penyerang Marokko bernomor punggung 18, Youssef En--Nesyri membukukan gol menit 42 (42'). Skor, 1-0 untuk keunggulan Marokko bertahan hingga turun minum. Christiano Ronaldo di bangku cadangan yang sempat disorot kamera terlihat berwajah kecut melongo menyaksikan gawang timnya dibobol Marokko. 



Timnas Marokko


Pelatih Portugal Disesalkan Tak 

Turunkan Ronaldo sejak Awal 


Juru taktik Portugal Fernando Santos di babak pertama rupanya, menyimpan sebagian amunisinya. Termasuk, ikon Portugal mega bintang Christiano Ronaldo. Akibatnya, pelatih senior itu sedikit disesalkan tidak memaksimalkan Ronaldo seperti Lionel Messi di Argentina yang selalu diturunkan full time. Padahal Ronaldo, pemain terbsik dunia 5 kali itu dengan usia 37 tahun relatif masih bagus

Di babak kedua, Fernando Santos baru menurunkan amunisi baru, Rafael Lea dan Vitinha, termasuk Christiano Ronaldo. Skuad Portugal tidak bisa menyepelekan Marokko. Dan betul saja, penampilan Portugal di babak kedua lebih bergreget dan kian banyak menguasai bola.

Hanya saja, berkali-kali Portugal mencoba mengurung pertahanan Marokko, namun selalu kandas. Ronaldo yang sempat menerima bola pada menit ke 80-an di depan gawang Marokko justru mengontrol kemudian menyodorkan ke Jao Felix, tapi tak bisa diselesaikan dengan baik. Demikian j9uga pada menit ke-90-an Ronado mencoba dengan tendangan jarak jauhnya, namun mampu diamankan kiper Marokko.

Ironisnya, justru skuad Marokko sesekali melakukan serangan balik yang mengancam pertahanan Portugal. Namun, pergahanannPortugak yang dikawal Pepe Cs. mampu mengantisispasi sehingga skor bertahan, 1- O untuk keunggulan Marokko hingga akhir laga.

Kemangan Marokko ini menghantarnya lolos ke semifinal untuk bethadapan dengan pemenang laga Inggris vs Prancis. Kemenangan ini juga mencatat sejarah sebagai tim pertama dari Benua Afrika yang menembus babak semifinal di ajang piala dunia.

Sebelumnya, tim negara Affika pencapaiannya maksimal hanya sampai ke perempatfinal. Misalnya, Kamerun (tahun 1990), Sinegal (tahun 2002) dan Ghana (tahun 2010).

Oleh karena itu, jikalau melihat kiprah dan perjalanan Singa Atlas - mulai dari fase grup hingga ke semifinal, secara faktual dapat dimaknai sebagai bagian dari perkembangan persepakbolaan di negeri itu. Bahwa pada momentum PIala DunIa Qatar tahun 2022 ini Marokko menjelma menjadi kekuatan baru sepak bola dunia. 



Timnas Portugal


Pelatih Marokko: Bukan Keajaiban, 

Ini Buah Kerja Keras Pemain


Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui menegaskan bahwa dirinya tidak mau menganggap kemenangan 1-0 melawan Portugal dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 sebagai sebuah keajaiban.

Menurut pelatih itu, kemenangan di Stadion Al Thumama Qatar itu merupakan buah dari kerja keras para pemain Maroko yang tak gentar menghadapi Portugal, yang di atas kertas lebih diunggulkan.

"Ini bukan keajaiban. media, mungkin terutama media-media Barat, akan menyebut ini sebagai keajaiban, tapi bagi saya ini bukan keajaiban. Ini buah kerja keras kami," kata Regragui dalam jumpa pers usai pertandingan. (*).

Skuad Timnas Marokko :

Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Romain Saiss (Achraf Dari 57'), Yahia Attiyat-Allah; Selim Amallah (Walid Cheddira 65'), Sofyan Amrabat, Azz-Eddine Ounahi; Hakim Ziyech (Zakaria Aboukhlal 82'), Youssef En-Nesyri (Badr Benoun 65'), Sofiane Boufal (Yahya Jabrane 82') 


Skuad Timnas Portugal : 

Diogo Costa; Diogo Dalot (Ricardo Horta 79'), Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro (Joao Cancelo 51'); Otavio (Vitinha 69'), Ruben Neves (Cristiano Ronaldo 51'), Bernardo Silva; Bruno Fernandes, Goncalo Ramos (Rafael Leao 69'), Joao Felix.


Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :