Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Makna Makan Bersama Prajurit Kosrad dengan Masyarakat Pedalaman Distrik Yigi Papua

Kamis, 17 November 2022 | 10:37 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-17T03:41:04Z

 


Prajurit Rider Kostrad tak sungkam-sungkam menyuapi warga masyarakat Distrik Yigi Papua dalam rangkaian makan bersama ( Foto: Papen Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad).


Tak ada kesan arogan ataupun menakutkan, meskipun Kostrad dikenal sebagai Komando Utama Tempur TNI Angkatan Darat. Yang ada, justru prajurit Kostrad berbaur dan makan bersama dengan masyarakat menjalin interaksi untuk mempererat hubungan yang bernuansa persaudaraan. (Redaksi)


NUANSABARU.ID, DISTRIK YIGI PAPUA - Mempererat hubungan dan tali persaudaraan bersama masyarakat Pedalaman Papua, Satuan tugas (Satgas) Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Kampung Yigi, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad, Letkol Inf. Ricky J. Wuwung, S. Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu, (16/11-2022).

"Kegiatan ini bertujuan agar kedekatan personel Satgas dengan masyarakat di Papua semakin terjalin, ini merupakan bagian dari implementasi 8 (delapan) Wajib TNI yakni TNI harus bersikap ramah-tamah terhadap rakyat, salah satunya dengan kegiatan makan bersama ini, " ungkap Dansatgas Yonif Raider, Ricky J. Wuwung.

Sementara, Komanda Pos (Danpos) Yigi Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad, Lettu Inf. Lukman Nurhuda, S.T. Han mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali kasih persaudaraan dengan masyarakat di daerah penugasan.

"Keharmonisan dan kedekatan antara personel Pos Yigi dengan masyarakat desa binaan sampai sekarang sudah terjalin dengan baik. Hal itu semua tidak lepas dari kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan selama ini. Maka dari itu kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat semakin dekat dan berpikir bahwa kehadiran TNI di Yigi ini benar-benar membantu masyarakat sekitar," ujar Danpos Yigi, Lukman Nurhada.





Suasana kebersamaan prajurit Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad. (Foto-foto Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad). 


Semoga Tuhan Membalas Kebaikan TNI

  
Sebagai informasi pelengkap, seperti diketahui TNI Angakatan Darat memiliki 2 (dua) pasukan elite. Jelasnya, Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) dan Kopasus (Komando Pasukan Khusus).

Kostrad merupakan bagian Utama Tempur TNI AD. Dikutip dari situs resmi kostrad.mil.id menyebutkan, Kostrad fungsi utamanya, Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Sedangkan fungsi organiknya, berupa intelgen, operasi, SDM (Sumber Daya Manusisa), logistik dan teritorial.

Kehadiran Satgas Yonif Raider di Distrik Yigi Papua merupakan bagian dari fungsi organik Kostrad yang tak kurang pentingnya dari fungsi -fungsi lain pasukan andalan TNI AD tersebut. Dalam hal ini, tugas pembinaan teritorial. Dan yang pasti, respon masy arakat dengan kehadiran prajurit TNI itu cukup positif.

Terbukti, setelah kegiatan makan bersama, masyarakat Yigi mengucapkan terimakasih kepada personel Pos Yigi Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad karena sudah mengadakan acara makan bersama. Salah satunya disampaikan oleh, Pendeta Wilemus Pokneangge, (54 tahun), pemuka agama di wilayah itu.

"Puji Tuhan hari ini, kami telah dapat berkat dari Tuhan, sehingga kami bisa makan bersama-sama TNI, kemudian saya mewakili masyarakat Distrik Yigi mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI untuk acara makan bersamanya. Semoga Tuhan membalas kebaikan Bapak TNI semua,” tutur pendeta itu rada senang seraya mendoakan berkat untuk prajurut TNI. (*).

 Sumber: - Papen Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad
                 - kostrad.mil.id dan sumber lain

Penulis: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL 


Hukum

×
Berita Terbaru Update