Laga Pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U17 2023, Indonesia vs Malaysia. Garuda Muda di Atas Angin, Harimau Muda Pasang Badan

 

Timnas Indonesia U17 (Foto: Dok.PSSI)

NUANSABARU.ID, PAKANSARI BOGOR - Laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U17 2023 antar Timnas Indonesia U17 melawan Malaysia dipastikan bakal ketat.

Betapa tidak, Indonesia yang memang jadi rival klasik dengan Malaysia di Asia Tenggara, melakoni laga penetuan kedua tim, lolos atau tidaknya ke Putaran Final Piala Asia U17 musim 2023.l

Timnas Indonesia U17 kali ini diunggulkan menang dengan berbagai alasan logis. Sementara Malaysia pasang badan untuk meredam Indonesia dan juga tentu berupaya menang dan lolos ke putaran final.

Seteru pamungkas antar Timnas Indonesia U17 vs Malaysia berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Ahad, (9/10-2023), pukul 20.00 WIB.

Dari penelusuran Kru Sepak Bola media ini menujukkan Timnas Indonesia berada di atas angin. Dengan sejumlah alasan masuk akal.

Pertama, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang atau seri sebagai pemuncak klasemen untuk lolos. Sedangkan Malaysia jika mau lolos harus memenangkan pertandingan.

Kedua, Indonesia sebagai tuan rumah tentunya memiliki motivasi psikogis yang lebih besar dan lebih baik ketimbang Malaysia sebagai tim tamu.

Ketiga, Skuad Timnas U17 racikan Pelatih Bima Sakti sedang dalam performa yang baik dengan menyapu bersih kemenangan dan produktif gol sehingga memuncaki klasemen grup B.

Sedangkan Tim Malaysia asuhan pelatih Osmera Omaro justru sempat seperti kehilangan nyali (inkonsisten) karena bisa ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah Guam. 

Selebrasi Timnas U17 Malaysia ketika melawan UEA (Foto:;Twitter/@FAM_Malaysia).  

Giliran Timas U17 Lolos Piala Asia
dan Buat Penawar Duka Kanjuruhan 

Hasil laga selengkapnya kedua tim pada 3 laga awal. Skuad Indonesia di laga perdana, menggasak Guam dengan skor telak 14-0, kemudian menekuk Uni Emirat Arab 3-2 dan membungkam Palestina 2-0.

Sedangkan Malaysia, di 3 laga masing-masing, laga perdana menang 4-0 lawan Palestina, tapi hanya seri 1-1 dengan tim papan bawah Guam, kemudian menang 3-2 lawaƱ Uni Emirat Arab.   

Keempat, ada kesan sepak bola Indonesia sudah pada jalur yang benar dan kualitasnya terus merangkak naik. Timnas senior lolos ke putaran Final Piala Asia 2023, disusul Timnas U20 juga lolos ke putaran Final Piala Asia U20 2023.

Sekarang giliran Garuda Muda Timnas U17 yang juga diprediksi kuat bakal lolos ke putaran Final Piala Asia U17 2023, menyusul kedua seniornya.

Kelima, motivasi besar untuk buat penawar duka Tragedi Kanjuruhan. Kerusuhan pasca laga Arema FC dan Persebaya dalam putaran BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, 1 Oktober 2022 lalu, membuat duka yang mendalam.

Tragedi Kanjuruhan telah menelan korban tewas 131 orang dan ratusan lainnya luka-luka dan dirawat. Semoga, Timnas Indonesia U17 mengukir prestasi dengan sukses membungkan Malaysia sehingga lolos ke putaran Final Piala Asia U17 musim 2023. Sekaligus semacam penawar duka Tragedi Kanjuruhan.

Jikalau Indonesia lolos ke putaran Final Piala Asia U17 2023, maka Indonesia menjadi negara ke-5 yang resmi lolos. Sebab hingga saat ini, dari 10 grup di babak kualifikasi, sudah 4 negara yang telah resmi lolos. Jelasnya, Jepang (Juara Grup A), Qatar (Juara Grup C), Iran (Juara Grup I) dan Usbekistan (juara Grup J). Selanjutnya, menunggu hasil laga Indonesia vs Malaysia.(*).

Penulis: RENALDI
Editor: ABDUL 


Informasi: Artikel ini juga tayang di Okesulsel.com (terverifikasi Dewan Pers), Media Grup NUANSABARU.ID.


Topik Terkait

Baca Juga :