Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Timnas Indonesia U-20 Lumat Timor Leste 4-0 Kualifikasi AFC Cup U-20 2023. Hokky Caraka Torehkan Hattrick

Rabu, 14 September 2022 | 12:44 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-15T08:16:43Z

 

Cahya Supriadi dalam satu penampilan lain, Tampil cemerlang cleansheet dan penentu kemenangan 4-0 Timnas U-20 vs Timor Leste Kualifikasi AFC Cup U-20 2023(Foto: Dok. PSSI)

NUANSABARU.ID, SURABAYA -- Debut awal Timnas Indonesia U-20 di ajang Kualifkasi Piala Asia U20 2023 cukup pantastik. Timnas U-20 melumat Timnas U-20 Timor Leste dengan skor 4-0 tanpa balas.

Sensansi 3 gol Garuda Muda diciptakan hattrick oleh Hokky Caraka menit ke-12 (12'), 30' dan 48.' Sedangkan 1 gol lagi dicetak oleh Rabbani Tasnim menit ke-90. Uniknya, dari 4 gol yang tercipta, 3 gol diantaranya dari sundulan kepala dan 1 gol dari tendangan kaki striker Hokky Caraka.

Seperti diketahui, laga perdana AFC Cup Qualifier (Kualifikasi Piala Asia) U-20 2023 antara Timnas Indonesia U-20 lawan Timnas U-20 Timor Leste berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT), Surabaya, Rabu, (14/9-2022), pukul 09.00 WIB.

Jalannya pertandingan di babak pertama, Timnas Indonesia muda langsung opensif dan mengurung pertahanan Timor Leste. Timnas Timor Leste dibuat seolah terkaget dengan daya serang Garuda Muda yang kompak dengan operan-operan terarah yang mengancam gawang Timor Leste hingga menit ke-10-an 

Benar saja, satu momen ketika seorang pemain Timnas menguasai bola di rusuk kiri pertahanan Timor Leste mampu memberikan umpan mendatar ke tengah. Hokky Caraka yang menerima umpan di depan gawang mengontrol dengan 2 kali sentuhan kemudian melakukan tendangan terarah.

Meski barisan pertahanan Timor Leste memagari gawangnya, namun striker harapan Timnas U-19 bernomor punggung 9 itu, tendangannyà mampu menembus sudut kiri gawang Timor Leste yang tidak dapat dijangkau penjaga gawang Timor Leste. Hokky Caraka menciptakan gol pembuka Timnas menit ke-12.

Ketinggalan 1 gol, anak asuhan pelatih Gapalkrishnan Ramasamy berusaha bangkit dan membangun serangan balik. Sementara timnas Indonesia yang unggul 1 gol terlihat sedikit kendor hingga menit ke- 20-an. Bahkan sedikit mengejutkan pertahanan timnas yang dikawal Robi Darwis dan Frenky Missa dkk nyaris kebobolan.

Timnas Indonesia U-20 Kualifikasi AFC Cup U-20 2023 (Foto: PSSI)

Timor Leste Sempat Ancam
Ciptakan Sejumlah Peluang


Peluang Timor Leate diantaranya, seorang pemain Timor Leste memberikan tendangan jarak jauh yang on target menit ke-23, namun dapat diantisipasi penjaga gawang timnas, Cahya Supriadi. Lebih mengagetkan lagi, tak lama berselang barisan penyerang Timor Leste berhasil menusuk ke rusuk kiri pertahanan timnas Indonesia dan memberikan umpan ke depan gawang.

Penyerang Timor Leste Luis Ribeiro tidak terkawal dan langsung melesatkan tendangan terarah ke gawang Timnas pada jarak dekat. Beruntung, hari itu penjaga gawang Timnas U-20, Cahya Supriadi tampil cemerlang melakukan save (penyelamatan).

Namun, Cahya Supriadi sempat menghentakkan tangan. Bisa dimaknai itu sebagai pelecut semangatnya ataukah kesal dengan pertahanan yang tak mengawal penyerang berbahaya Timor Leste itu.

Pasca situasi rawan itu, anak asuhan Pelatih Shin Tae-yong agresif lagi untuk berupaya menambah gol. Upayanya berhasil ketika pemain bernomor punggung 5 Kakang Rudianto yang menggulir bola ke rusuk kiri area pertahanan Timor Leste, dapat memberikan umpan lambung ke tengah.

Lagi-lagi Hokky Caraka, pesepakbola asal Gunung Kidul itu sukses mencetak gol keduanya. Kali ini Hokky menyundul dengan kepala membobol gawang Timor Leste menit ke-30. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Sebaliknya, sekira 5 menitan kemudian dari skema serangan baliknya, Timor Leste memberikan ancaman lagi melalui kaki Luis Riberio yang kembali menyarangkan tendangan keras yang tepat sasaran.

Kali ini, penjaga bawang Indonesia, Cahya Supriadi betul-abetul menunjukkan kepiawaiannya melakukan save dengan menepis bola lambung tersebut sehingga tak tercipta gol.

Meski timnas memang menguasai bola dengan statistik 60:40, namun penampilan Timor Leste di babak pertama itu lumayan baik dan mampu menciptakan sejumlah peluang.

Dengan skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia, Timor Leste terus mencari celah. Sedikitnya 2 lagi tendangan on target Timor Leste lagi-lagi dari kaki Luis Riberio menit ke-37 dan 1 dari pemain lain Timor Leste menit ke 37. Dengan demikian, tercatat 1 2,3 hingga 4 tendangan on target yang kesemuanya bisa diantisipasi Cahya Supriadi.

Sementara Timnas Indonesia mencatat 2 peluang lagi sebelum turun minum. Jelasnya, tendangan Ginanjar Wahyu menit ke-32 dan Marselino Ferdinan menit ke-41. Namun, peluang-peluang itu dapat diamankan penjaga gawang Timor Leste. Skor 2-0 tetap bertahan hingga turun minum.


Ini gaya Hokky Caraka Ujicoba di Eropa. Timnas U-20 vs Timor Leste Kualifikasi AFC Cup U 20 2023, Hokky Caraka hattrick (Foto: Dok. PSSI). 

Timnas Ciptakan 2 Gol
Babak I dan 2 Gol Babak II


Di babak kedua, rupanya Timnas Indonesia belum puas dengan hanya 2 gol. Stopper Robi Darwis yang over lapping ke rusuk kiri pertahanan Timor Leste bisa memberikan umpan lambung ke depan gawang.

Lagi-lagi, Hokky yang bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Briliant betul-betul menunjukkan ketajamannya hari itu. Dengan sundulan kepalanya ia menciptakan hattrick (gol ketiga) menit ke-49. Gol cepat tersebut merubah skor menjadi 3-0 untuk Indonesia. 

Performa apik Hokky Caraka yang hari itu berkali-kali melakukan save dan akhirnya cleansheet disebut ikut sebagai penentu kemenangan 4-0 Timnas atas Timor Leste. 

Pasca gol ketiga bagi timnas, tempo permainan sedikit menurun. Kedua pelatih melakukan rotasi. Bahkan juru jelajah lapangan tengah, Marselino Ferdinan yang berkali-kali ditakle lawan, ditarik keluar oleh STy.

Diduga STy sengaja menyimpan untuk laga Timnas berikutnya melawan Hongkong. Robi Darwis dkk di babak kedua tak mau lengah lagi memberikan peluang berbahaya pemain-pemain Timor Leste.

Bahkan, skuad merah putih sempat mengancam lagi dengan sejumlah peluang. Diantaranya, melalui Ginanjar Wahyu menit ke-60, Hokky Caraka dengan sundulan kepaanya pula menit ke-71, nyaris lagi menciptakan gol.

Belum selesai sampai di situ, menjelang akhir laga, Robi Darwis yang beperan sentral dalam perkara suplai bola kembali merangsek lagi ke depan. Dari rusuk kanan pertahanan Timor Leste, Robi Darwis memberikan passing ke tengah dan diselesaikan dengan sundulan kepala pemain pengganti, Rabbani Tasnim menit ke-90.

Gol detik-detik terakhir tersebut memantapkan skor kemenangan Timnas U-20, 4-0 atas Timnas U-20 Timor Leste. Waktu additional time 3 menit dari laga ini tidak terjadi lagi perubahan skor hingga pluit panjang. (*)

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-20: Cahya Supriadi; M Ferrari, Dimas Pamungkas, Kakang Rudianto, Frengky Missa, Robi Darwis, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu, Hokky Caraka, Beri Santoso.

Timnas Timor Leste U-20: Filonito Nogueira, Juvito Moniz, Jaimito Soares, Sandro Lima Quintao, Joao Halle; Cristevao Moniz, Freteliano Dos Santos,Zenibio Mota; Luis Riberio, Anizo Correia, Mario Quintao.

Penulis: OCHA

Editor: ABDUL


Timnas Timor Leste U-20 Kualifikasi AFC Cup U-20 2023 (Foto: Dok. Tim Timor Leste).

Hukum

×
Berita Terbaru Update