Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Apresiasi Ranperda Inovasi Daerah Inisiatif DPRD, Bupati Sidrap Minta Perlu Kajian Mendalam

Kamis, 22 September 2022 | 16:58 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-22T16:41:23Z

 

4
Dari kiri Bupati Sidrap, H Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan dan kedua Wakilnya dalam Rapat Paripurna Ranperda APBD-P dan Ranperda Inovasi DPRD (Foto: Diskomi2nfo Sidrap)
 
NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDENRENG -- Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menyampaikan pendapat terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inovasi Daerah inisiatif DPRD Sidrap.

Pendapat tersebut disampaikan Dollah Mando dalam Rapat Paripurna DPRD Sidrap. Rapat berlangsung di Gedung DPRD, Jl. Jenderal Sudirman, Pangkajene Sidenreng, Sidrap, Kamis, (22/9-2022).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan didampingi Wakil Ketua, Andi Sugiarno dan Kasman. Dihadiri Pasi Pers Kodim 1420 Sidrap, Lettu Inf Ridwan, Kasi Pidsus Kejari Sidrap, Abdurrahim dan para Asisten Setda Sidrap.

Selain itu, hadir pula para Staf Ahli Bupati Sidrap, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kapolsek Maritengngae, AKP Andi Mappahairul, para Camat se-Kabupaten Sidrap dan unsur lainnya.

Dalam paparannya, Dollah Mando menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada DPRD Sidrap yang berinisiatif melahirkan Ranperda Inovasi Daerah. Yang bertujuan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan DPRD dalam menginisiasi Ranperda tersebut sebagai dasar regulasi peningkatan inovasi di Kabupaten Sidrap, "sebutnya.

Dollah Mando berharap, untuk mencapai hasil yang maksimal, berbagai hal perlu mendapat pengkajian mendalam.

"Untuk itu, saya sangat berharap kiranya dalam pembahasan selanjutnya, pihak pansus DPRD dan pemerintah daerah dapat bersinergi penuh untuk melakukan sinkronisasi pengaturan dan harmonisasi materi muatan terhadap ranperda tersebut," pintanya.

Pada prinsipnya Bupati Sitap berpendapat bahwa Ranperda Inisiatif DPRD tersebut telah layak untuk dilanjutkan pembahasannya, dalam rapat pembahasan bersama antara Pansus DPRD dan pemerintah daerah.


Bupati Sidrap paparkan pendapatnya tentang Ranperda Inovasj DPRD Sidrap (Foto: Diskominfo Sidrap)  

Pemandangan Umum Gambarkan
Sikap, Tanggapan dan Saran Fraksi


Agenda lain yang mengemuka dalam Rapat Paripurna tersebut, sebagaimana lazimnya, yakni pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Ranperda yang akan di-plot dalam proses pembahasan.

Dalam hal ini, Ranperda Prakarsa Pemerintah Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2022 (RAPBD-P) dan Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Hari itu, semua fraksi menyampaikan pemandangan umumnya melalui juru bicaranya masing-masing. Mulai dari Fraksi Nasdem disampaikan (jubirnya, H. Bahrul Appas), Fraksi Golkar (Hj. Sitti Rahma) dan Fraksi Gerindra (Rasyid Ridha Bakri).

Seterusnya, pemandangan umum dari Fraksi Partai Amanat Demokrat (jubirnya Sudarmin), Fraksi PKS (Arifin Damis), Fraksi PPP (H. Rusdi Gani), dan Fraksi Sidrap Bersatu (H. Haeruddin).

"Pemandangan fraksi-fraksi secara umum menggambarkan sikap terhadap ranperda baik berupa tanggapan, pertanyaan maupun saran yang sifatnya konstruktif," sebut Ketua DPRD Sidrap, Ruslan. (*)

Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Pemandangan umum salah satu fraksi DPRD Sidrap (Foto: Diskominfo Sidrap)

Hukum

×
Berita Terbaru Update