Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tumbangkan Persib Bandung 5-1, Konsistensi Tak Terkalahkan PSM Terjaga dan Kokoh di Papan Atas

Selasa, 30 Agustus 2022 | 02:43 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-31T01:08:07Z

 

Inilah sosok striker muda PSM, Ramadhan Sananta (19 tahun), buat brace saat PSM menjamu Persib Bandung di Stadion GBH (Foto: Instagram/@psm_makassar)


Suasana euforia supporter PSM di Stadion GBH ketika PSM tumbangkan tim elit Persib Bandung (Foto: Screenshoot Video.com). 

NUANSABARU.ID, PAREPARE -- Setelah kandas dI pinal AFC Cup Zona ASEAN, dibungkam Kuala Lumpur City FC dengan skor 2-5, kini PSM Makassar bangkit lagi. Kali ini PSM menjungkalkan tim elit Persib Bandung dengan skor telak 5-1. 

Hal ini membukktikan bahwa PSM tahun 2022 ini merupakan tim yang memberikan indikasi layak diperhitungkan untuk bersaing jadi kampiun di kasta sepak bola teratas Liga 1 Indonesia.

Kelima gol yang dikemas PSM Makassar masing-masing dicetak oleh Yakob Sayuri menit ke-2 dan ke-50 (2' dan 50'), Ramadhan Sananta (20' dan 44'), Wiljan Pluim (65'). Sedangkan gol balasam Persib Bandung dibukukan Marc Klok (32').

Seperti diketahui, laga pekan ke 7 BRI Liga 1 2022/2023, PSM menjamu Persib Bandung di markasnya, Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), Kota Parepare, Senin, (29/8-2022).

Begitu laga dimulai, Pasukan Ramang -- julukan pengabadian nama legenda PSM Ramang -- langsung menyerang. Rupanya, Persib Bandung belum begitu siap dan kecolongan. Wing striker PSM, Yakob Sayuri dengan tendangan plesingnya mencetak gol cepat menit ke-2. Skor, 1-0 untuk PSM.

Stadion GBH langsung bergemuruh suara-suara supporter PSM. Skuad Maung Bandung, julukan Persib, terkaget dan mencoba balik menyerang. Namun, anak asuhan Bernardo Tavares tak mudah ditembus.

Bahkan sekira 15-an menit kemudian, meski tak diperkuat striker utamanya Everton Nascimento, PSM kembali menunjukkan tajinya. Ramadhan Sananta yang menerima umpan dari Yakob Sayuri menambah keunggulan PSM dan menjebol gawang Persib menit ke-20. Skor, 2-0 untuk PSM.

Persib Bandung yang merasa tertekan berupaya bangkit. Upayanya baru membuahkan hasil melalui midplayer-nya Marc Klok. Pemain naturalisasi yang pernah merumput di PSM itu akhirnya mampu mengemas gol dengan tendanban geledeknya untuk memperkecil ketinggalan Persib menit ke-32. Skor berubah 1-2 untuk Persib.

Wiljan Pluim dkk tak mau lengah dan terus mewaspadai kebangkitan tim yang kini ditangani pelatih Luis Milla. Namun, pelatih baru itu tak bisa mendampingi Persib dengan alasan karena gangguan kesehatan.

Menejelang akhir babak pertama, Ramadhan Sanannta yang hari itu sepertinya sedang on fire. Penyerang muda (usia 19 tahun) PSM tersebut, menciptakan brace (mèncetak 2 gol). Ramadhan Sananta mencetak gol kedua pada menit ke-44. PSM kembali unggul 2 gol dengan skor 3-1 yang bertahan hingga jedah babak pertama.

Usai cetak gol ke-5 PSM vs Persib, Wiljan Pluim dkk berselebrasi (Foto: Repro Video.com)


Menang 5-1, Pil Pahit PSM dari Piala AFC Terobati

Memasuki babak kedua, Laskar Juku Eja terus berupaya menyerang sambil membentengi pertahanan dari serangan Persib Bandung. Rupanya, Yakob Sayuri hari itu juga berkibar seperti Ramadhan Samanta. Hanya sekira 5 menit sejak kick off babak kedua, menerima assist dari Muhammad Arfan, Yakob Sayuri membukukan brace.

Yakob Sayuri menjebol gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan menit ke-50. Hàl ini berarati Yakob Sayuri mengemas 2 gol dan 1 assist. Satu prestise yang diukir sbagai pesepakbola professinal.

Yakob Sayuri selama ini memang telah banyak berkontribusi dalam membela PSM sehingga managemen tetap mempertahanan meski terjadi 'revolusi skuad' di kibu PSM menjelang digulirnya Liga 1 2022/2023.

Di skuad PSM Yakob Sayuri juga disertai saudaranya bernama Yance Sayuri, dengan gaya permainan yang nyaris serupa. Oleh karenanya, pelatih tak kesulitan ketika akan melakukan rotasi bila diperlukan.

Selanjutnya, unggul dengan skor 4-1 membuat supporter PSM yang memenuhi Stadion GBH betul-betul bergoyang ria hari itu. Dan, ternyata belum selesai. Pil pahit yang ditelan PSM saat tumbang di pinal Zona ASEAN AFC Cup, pekan sebelumnya, serasa terobati hari itu.

Rasyid Bakri yang baru diplot turun di babak kedua, mampu melalui tendanan benas dari rusuk kanan gawang Persib, dimanfaatkan Sang kapten PSM Wiljan Pluim. Dengan sundulan kepalanya, Pluim menaklukkan penjaga gawang Persib I Made Wirawan menit ke-65. PSM betul-betul membungkam Persib Bandung dengan skor telak, 5-1 hingga pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Praktis, konsistensi tak terkalahkan PSM hingga pekan ke-7 BRI Liga 1 tetap terjaga. Dari 6 kali tampil (tersisa 1 laga tunda), PSM 5 kali menang dan 1 kali seri, dengan akumulasi poin 16. Kokoh di papan atas dan kini peringkat ke-3 klasemen sementara, di bawah Borneo FC di puncak klasemen dengan raihan poin 17. Kemudian Madura United di posisi ke-2 dengan perolehan poin 16, sama dengan PSM, namun unggul selisih gol. (*)

Pelatih baru Persib Bandung, Luis Milla tidak dampingi timnya saat tandang ke Stadion GBH Parapare karena sakit demam (Foto: Istimewa)

Peliput/Penulis: MUSAFIR/OCHA
Editor: ABDUL 

Informasi: Berita ini juga tayang di Okesulsel.com, 
media grup NUANSABARU.ID.

Hukum

×
Berita Terbaru Update