Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Laga Kandang Perdana PSM Sukses dan Aman. Apresiasi untuk Pak Kapolda Sulsel dan Jajarannya

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:20 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T10:53:49Z

                                 

                              Catatan: Abdul Muin L.O                    

)
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana dan PJU Polda Sulsel dipandu Walikota Parepare, HM Taufan Pawe ketika meninjau langsung Stadion GBH (Foto: Istimewa). 

NUANSABARU.ID, PAREPARE - Laga kandang perdana PSM Makassar di Stadion BJ Habibie Kota Parepare berjalan sukses, aman dan tertib. Tak ada tawuran supporter lagi dan justru melegakan berbagai pihak.

Laga pekan kedua BRI Liga 1 periode 2022/2023 yang mempertemukan PSM kontra Bali United, juara Liga 1 musim lalu, boleh dikatakan memberikan tontonan berkualitas yang berjalan sukses dan lancar.

Meski sebelum laga ada kekhawatiran dan spekulasi yang membayangkan kemungkinan munculnya insiden, ternyata tak terbukti. Pertandingan yang dipantau langsung kru Nuansabaru.id melaporkan, laga seru itu berlangsung sukses, aman dan tertib.

Kekhawatiran itu cukup beralasan, sebab pada laga ujicoba PSM dengan Tim Liga 2 Sulut United di Stadion BJ Habibie, beberapa waktu lalu, terjadi insiden.

Pasca pertandingan sesama supporter PSM terjadi tawuran. Meski kasus tersebut telah diproses dan dituntaskan kepolisian, namun ini menjadi catatan yang patut diantisipasi agar tak terulang.

Sukses, aman dan tertibnya pertandingann itu menjadi awal yang baik dan melegakan semua pihak. PSM ke depan akan menghadapi deretan tim liga 1 di stadion tersebut. Stelah menang 2-0, awan Bali United, paling dekat, PSM akan menjamu Tim Kemayoran Persija Jakarta, Jum'at 5 Agustus 2022.

Bila ditelisik, aman dan tertibnya pertandingan sepak bola kasta teratas Liga Indonesia itu tak terlepas dari peran aktif pihak kepolisian di daerah ini.

Seperti diketahui, 2 hari menuju laga akbar 2 tim selevel itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Nana Sudjana, AS, MM, meninjau langsung Stadion BJ Habibie di Kota Parepare. 


Abdul Muin L.O, kru NUANSABARU (penulis) (Foto: Dok. NB  

Kalau di Jakarta Stadion GBK, di Parepare Stadion GBH 

Dikutip dari Globalinvestigasinews.com, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana didampingi sejumlah PJU (Pejabat Utama) Polda Sulsel memantau langsung Stadion BJ Habibie di Parepare, Jum'at, (27/7/2022).

Kapolda Sulsel dan rombongan diterima dan dipandu Walikota Parepare, HM Taufan Pawe. Kapolda Sulsel mengecek fasiltas stadion seperti ruang medis, tempat pemain, kondisi lapangan dan sebagainya.

Tujuan kunjungan orang nomor satunya kepolisian di Sulsel ini sebagai upaya preventif atau pencegahan kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas terkait dengan laga PSM vs Bali United.

Kehadiran Kapolda Sulsel itu bisa dimaknai sebagai isyarat bahwa Polda Sulsel dan jajarannya siap mengantisipasi segala kemungkinan yang berpotensi mengganggu kamtibmas.

Praktis, bila ada pihak yang mungkin mau mencoba membuat masalah, tentu akan berhitung sekian kali. Intinya, apresiasi yang tinggi atas kepedulian Pak Kapolda Sulsel dan jajarannya.

Sekilas tentang nama stadion. Markas baru PSM Makassar tersebut namanya, Stadion Gelora Baharuddin Jusuf Habibie atau Stadion Gelora BJ Habibie, bisa disingkat Stadion GBH. Maknanya, kalau di Jakarta ada Stadion GBK (Gelora Bung Karno), maka di Kota Parepare Sulsel ada Stadion GBH (Gelora BJ Habibie).

Konotasinya, beda tipis. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) merupakan pengabadian nama proklmator dan Presiden pertama R.I, Soekarno yang digelar Bung Karno.

Sedangkan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), kalau bisa disebut begitu, titisan sejarah yang mengabadikan nama BJ Habibie (kelahiran Parepare) sebagai bapak Teknokrat dan Presiden ketiga R.I. (ABDUL/NB).




Hukum

×
Berita Terbaru Update